Wednesday, April 12, 2017

[Free Download] Software Terbaik Untuk Desain Khat Kaligrafi Arab Layaknya Profesional

loading...
Bagi pecinta seni kaligrafi arab, menyelami keindahan lekuk liuk tulisan indah tentu merupakan kesenangan tersendiri.  Seni kaligrafi Arab merupakan suatu seni artistik tulisan tangan, atau kaligrafi, serta meliputi hal penjilidan, yang berkembang di negera-negera yang umumnya memiliki warisan budaya Islam.

Kaligrafi adalah seni yang dihormati di antara berbagai seni rupa Islam, karena merupakan alat utama untuk melestarikan Al-Qur'an. Seni kaligrafi merupakan seni alternatif. Penolakan penggambaran figuratif karena dapat mengarah pada penyembahan berhala, menyebabkan kaligrafi dan penggambaran abstrak menjadi bentuk utama ekspresi seni dalam berbagai budaya Islam, khususnya dalam konteks keagamaan.

Sebagai contoh, kaligrafi nama Tuhan diperkenankan sementara penggambaran figuratif Tuhan tidak diizinkan. Karya kaligrafi banyak dijadikan koleksi dan adalah hasil seni yang dihargai.

Dikenal beberapa jenis kaligrafsi, di antaranya: Khat Naskhi (biasa digunakan untuk teks), Khat Tsuluts (diyakini sebagai khat tersulit), khat Ruq'ah (untuk tulisan cepat), khat Farisi (biasa digunakan di Persia dan Urdu), Khat Kufi (tulisan klasik yang banyak digunakan dalam manuskrip kuno), Khat Diwani (tulisan indah) dan lain sebagainya.

Dahulu, seni kaligrafi hanya hanya dilakukan secara manual melalui latihan yang intens dan lama. Tidak semua orang diberi bakat untuk bisa mendesain sebuah kaligrafi. Diperluka cita rasa seni yang tinggai. Bahkan untuk belajar menulis sebuah huruf alif dalam khat tsuluts saja diperlakukan waktu berminggu minggu untuk latihan.

Namuns sekarang, di zaman modern ini, pendesain khat semakin mendapat kemudahan, di antaranya karena hadirnya berbagai software yang membantu untuk merancang khat dengan mudah.

Salah satu software yang sangat membantu membuat Khat Indah adalah Ana Muhtarif al-Khatt (أنا محترف الخط) . Software ini merupakan buatan Diwan Software yang memang dikenal sebagai pakar perangkat lunak khusus dalam masalah desain kaligrafi Islam.

Dengan software ini, seorang pemula pun bisa merancang tulisan khat dengan Indah. Sayangnya, software ini hanya hadis dalam basis Android (APK) dan IOs, sementara untuk windows aplikasi gratis ini belum tersedia. Namun begitu, kehadiran software ini patut disyukuri karena penggunaan android saat ini sudah massif.

Nah, bagi yang ingin segera merasakan kehebatan software ini, silahkan langsung menuju App Store atau Google Play dengan mengetik kata kuncil  (أنا محترف الخط).

Atau bisa langsung ke link ini:

download software design kaligrafi Arab
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih