Thursday, February 16, 2017

Petuah Seorang Ibu Kepada Putrinya Yang Menjadi Pengantin

loading...
Anakku!

Ketahuilah, sekarang engkau telah berpisah dengan kehidupan yang telah menyatu dengan darah dan dagingmu. Rumah yang akan engkau huni benar-benar asing bagimu.

Di sana engkau bersanding dengan seorang teman yang belum engkau kenal baik. Dengarlah sepuluh pesan dari ibu dan amalkanlah agar engkau berbahagia di rumah barumu.

  1. Jadikanlah sifat qana'ah (merasa cukup) sebagai landasan hidup rumahtanggamu bersama suamimu.
  2. Berusahalah selalu mendengar dan mematuhi ucapan suamimu.
  3. Pandanglah suamimu dengan lembut dan rendah hati.
  4. Jagalah kebersihan dan keharumanmu.
  5. Jagalah harta suamimu dan ketahuilah bahwa menjaga harta suami adalah dengan perkiraan (dalam pengeluaran) dan tidak berlebih-lebihan.
  6. Hormatilah sanak kerabat suamimu, dan ketahuilah bahwa sikap ini hanya dapat engkau lakukan dengan kesadaran dan kebijaksanaan.
  7. Persiapkanlah makanan suamimu dengan baik dan tepat waktu, karena rasa lapar dapat memicu munculnya berbagai perkara yang tidak menyenangkan.
  8. Jagalah ketenangan saat suami sedang beristirahat, karena adanya gangguan dalam tidur akan membangkitkan amarah.
  9. Janganlah engkau membongkar rahasianya, karena jika rahasianya terbongkar, engkau tak akan pernah selamat dari tipu daya (makar) nya.
  10. Taatilah dirinya, karena melanggar perintahnya--yang masih berada dalam batasan syariat--menyebabkan hatinya dipenuhi rasa benci kepadamu.

Anakku! Jika pesanku ini engkau laksanakan dengan baik, tabah, dan penuh semangat, yakinlah bahwa engkau akan menarik hati dan kasihsayang suamimu yang dengannya engkau akan memiliki kehidupan yang indah bersama suamimu.

Semoga bermanfaat..
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih