Tuesday, February 14, 2017

Jangan Kaget, Begini Penghasilan Dokter di Dunia Islam Abad ke-VII

loading...
Tahukah anda berapa penghasilan dokter atau tabib di masa dulu?

Kalau ingin tahu, lihatlah seorang dokter bernama As-Sadid, ia dibayar dengan penghasilan hingga mencapai kurang lebih 30.000 dinar sehari! Bayangkan jika dikurskan dengan nilai rupiah hari ini?!!

Imam Al-Hafizh adz-Dzahabi menyebutnya dalam kitabnya Siyar A'lam al-Nubala' bahwa al-Sadid adalah seorang Imam dalam ilmu pengobatan. Beliau bernama Abu Manshur 'Abdullah bin 'Ali bin Daud bin Mubarak.

Al-Sadid berguru kepada Ibn 'Auf hingga ia menjadi pemimpin para dokter di Mesir. Dan dunia benar-benar datang kepadanya.

Ibn Abi Ashiba'ah menghikayatkan bahwa as-Sadid dalam satu hari dalam beberapa pengobatannya bisa mendapatkan 30 ribu Dinar. Belum lagi sebagaimana diberitakan Ibn az-Zubair bahwa ia pernah mengkhitan putra al-Hafizh Lidinillah dan mendapatkan kurang lebih 50 ribu dinar. Sultan Shalahuddin amat memuliakannya dan bergantung pada pengobatannya.

Jika harga Dinar hari ini di geraidinar satu dinar sama dengan 2 juta. Bayangkan, sehari 2 juta x 30 ribu dinar, maka dengan kurs hari ini bisa 60 Milyar.!

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih