Monday, November 7, 2016

Tanpa Software! Cara Mudah Men-setting Auto Shutdown (Mati Otomatis) Dengan Timer di Windows PC

loading...
Apa itu auto-shutdown? Auto shutdown adalah sistem yang berfungsi mematikan (shutdown) komputer secara otomatis. Biasanya, untuk mematikan komputer perlu mengklik ikon shutdown yang tersedia.

Tapi ada kalanya kita ingin komputer komputer kita mati secara otomatis dengan disetting dengan timer tertentu. Biasanya, hal ini sering dilakukan pengguna PC yang sedang mendownload file atau program berukuran besar yang memakan waktu lama. Kan nggak mungkin menunggu berjam-jam hanya untuk menyelesaikan download.

Nah, karena itu penting auto-shutdown untuk mempermuda. Sekarang ini banyak tersedia program auto-shutdown yang bisa dowonload. Tapi tentu saja program-program ini cukup membebani memori komputer.

Tapi jangan khawatir, ternyata ada cara untuk men-setting auto shutdown pada PC dengan timer tanpa perlu aplikasi pihak ketiga. Bagaimana caranya?

Caranya:


  • Klik start – run (untuk windows XP), untuk windows 7 gunakan tombol windows pada keyboard bersamaan dengan huruf R
  • Kemudian ketikkan cmd lalu klik ok
  • Akan terbuka kotak dialog command prompt
  • Ketikkan: shutdown.exe -s -f -t 3600 atau shutdown.exe /s /t 3600 (win 7)
  • Lalu tekan OK
Keterangan: Angka 3600 itu didalam detik, anda dapat menggantinya dengan angka berapapun juga. Semisal anda butuh waktu 2 jam untuk menyelesaikan tugas anda kemudian shutdown komputer. Cukup ganti angka 3600 dengan 7200, maka komputer akan otomatis mati setelah 2 jam.

Untuk membatalkan auto shutdown ini anda cukup mengulangi langkah 1-3 diatas, jika sudah masuk di command prompt ketikkan shutdown -a maka otomatis shutdown akan dibatalkan.

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba!
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih