Thursday, November 17, 2016

[Bukti Sejarah]: Sepotong Berita di Media Eropa Tentang Pertempuran 10 November 1945 [Hari Pahlawan]

loading...
Seperti diketahui, setiap tanggal 10 November diperingat sebagai Hari Pahlawan di Negara Republik Indonesia. Peristiwa ini mengenang peristiwa Pertempuran Surabaya yang merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Britania Raya tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Satu hal yang menarik, peran umat Islam (khususnya santri) dalam pertempuran perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini amatlah signifikan. Hebatnya, pertempuran ini dianggap sebagai yang terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Setidaknya 6,000 - 16,000 pejuang dari pihak Indonesia tewas dan 200,000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Korban dari pasukan Inggris dan India kira-kira sejumlah 600 - 2000 tentara.Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk melakukan perlawanan.

Salah satu catatan sejarah yang merekam kejadian hebat dan sekaligus menggambarkan peran santri ini adalah seperti diberitakan oleh United Press tanggal 19 November 1945.

Berikut potongannya:

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih