Tuesday, March 18, 2014

Kisah Ulama Di Kandang Singa

Abul Hasan Muhammad bin Hamdan Az-Zahid rahimahullah, seorang ulama yang memiliki karamah yang sangat banyak. Salah satu karamah beliau yang paling terkenal adalah ketika ia berada di kandang singa.

Cerita ini bermula ketika ulama ini dihukum oleh Ibnu Thaulun. Ia dimasukkan ke dalam kandang singa, dengan harapan agar segera mati dimangsa binatang buas itu. Hukuman itu ia dapatkan gara-gara sang ulama telah berani menasihati sang penguasa.

Dalam suasana penuh ketegangan, orang-orang menyaksikan detik demi detik saat Muhammad bin Hamdan dimasukkan ke kandang singa tersebut. Mereka berpikir, tak lama lagi tubuh Muhammad bin Hamdan akan segera tercabik-cabik oleh kuku tajam dan taring singa di dalamnya.

Seperti dugaan mereka, singa mendatangi Muhammad bin Hamdan. Anehnya, singa itu hanya menciumnya, lalu sang singa berpaling meninggalkannya.

Melihat kejadian itu, Muhammad bin Hamdan dikeluarkan dari kandang singa. Hukuman gagal total. Sebaliknya, orang-orang semakin mengagumi Muhammad bin Hamdan.

Dengan terheran-heran, sebagian orang bertanya apa yang sebenarnya terjadi di kandang tersebut sehingga singa tidak menyerangnya, justru menciumnya.

“Aku tidak merasakan apapun ketika berada di depan Singa tersebut,” jawab Muhammad bin Hamdan, “saat itu aku sibuk berpikir bagaimana hukumnya bekas jilatan binatang buas, karena para ulama berbeda pendapat tentang hal ini, apakah ia suci atau najis.”

Kisah nyata ini ditulis oleh Ibnu Katsir di dalam kitabnya, Al Bidayah wan Nihayah.
loading...

1 comment:

  1. oww.. gitu ya. makasih infonya.

    silahkan mampir di tempat kami juga.
    Batu Giok | www.batu-giok.com | Mei Lian

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih