Thursday, July 19, 2018

Cara Alami Meningkatkan Sel Darah Putih [Leukosit] Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Dalam dunia kesehatan, sel darah putih atau dikenal dengan leukosit sangat berperan penting dalam tubuh. Leukosit berfungsi untuk mempertahankan tubuh dari bakteri atau serangan penyakit. Artinya, keberadaan sel darah putih sangat krusial karena berhubungan dengan kekebalan tubuh manusia.

Agar tetap sehat, penting bagi kita untuk menjaga kestabilan produksi sel darah putih agar tetap seimbang dengan sel darah merah, dan keping darah. Oleh karena itu, menjaga leukosit tetap stabil dibutuhkan untuk metabolisme tubuh

Kondisi yang kemungkinan menimbulkan penurunan jumlah leukosit dalam tubuh antara lain adalah:

  • Alergi akut yang disebabkan oleh benda asing yang masuk dalam tubuh
  • Kadar tiroid yang tinggi
  • Gangguan sistem imun
  • Infeksi HIV/AIDS
  • Kekurangan vitamin dan mineral tubuh
  • Penyakit tertentu seperti kanker

Secara ilmu kesehatan, jumlah sel darah putih yang terdapat dalam tubuh manusia yang sedang dalam keadaan normal adalah sekitar 4000-11.000 sel. Jika ternyata dalam tubuh anda justru kurang dari nilai tersebut, anda wajib untuk berhati-hati.
Kekurangan sel darah putih akan berakibat buruk pada kondisi kesehatan seseorang. Selain mudah terserang penyakit, secara umum mereka yang kekurangan sel darah putih akan selalu lemas dalam kesehariannya. Jadi, sangatlah penting untuk menjaga leukosit dalam tubuh agar tetap stabil.
Satu diantara cara yang dianjurkan dalam menjaga kestabilan sel darah dalam tubuh adalah dengan mencukupi asupan nutrisi guna pembentukan sel darah oleh sumsum tulang. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penambah sel darah putih yang bisa dikonsumsi untuk anda yang ingin menambah jumlah leukosit dalam tubuh dengan cepat. Disimak ya!

1. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan bisa anda konsumsi sebagai pengganti protein serta Zinc yang dibutuhkan oleh tubuh. Dua bahan aktif tersebut terkandung sangat tinggi pada jenis kacang-kacangan seperti almond dan kenari. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan maka asupan protein akan terjaga dan menghindarkan anda dari risiko turunnya kadar leukosit dalam tubuh.

2. Jamur
Kandungan bahan aktif dalam jamur yang berupa selenium bermanfaat bagi tubuh yang kekurangan sel darah putih. Selenium berfungsi membantu tugas sel darah putih untuk menangkal berbagai infeksi yang menyerang saat tubuh dalam kondisi lemah.

3. Kerang
Kerang mengandung zat besi yang berguna untuk proses pembentukan sel darah. Oleh sebab itu, sebagian besar mereka yang mengalami kekurangan sel darah putih dianjurkan untuk mengonsumsi kerang dengan cara yang tepat agar kondisi tubuh bisa kembali pulih.

4. Daging Sapi
Daging sapi segar adalah sumber vitamin serta zat besi yang tinggi. Usahakan mengonsumsi daging sapi terutama bagian dalam yang bisa membantu produksi sel darah putih agar tetap stabil dalam tubuh anda.  Setidaknya, manfaat daging sapi selain berfungsi sebagai penambah stamina juga bisa menjadi penangkal penyakit bukan?

5. Dark Chocolate
Coklat hitam sangat dianjurkan bagi anda yang mengalami penurunan sel darah putih. Kandungan Zinc dalam coklat hitam sangat tinggi sehingga tubuh dengan cepat merespon untuk produksi sel darah putih lebih banyak.

6. Hati Ayam
Hati ayam kaya akan Zinc yang berguna untuk meningkatkan jumlah sel darah putih. Dengan mengonsumsi daging ayam sel darah putih diperkirakan bisa naik sekitar 15% produksinya. Selain kandungan Zinc nya, hati ayam juga kaya akan protein yang membuat tubuh memiliki tambahan energi untuk beraktifitas.

7. Yoghurt
Yoghurt adalah jenis makanan fermentasi yang mengandung probiotik tinggi. Probiotik adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk membantu kinerja sistem imun dalam mengatasi berbagai serangan penyakit. (baca juga: Penyebab Penyakit Ayan, Pertolongan Pertama Disengat Lebah)

8. Sayuran Hijau
Jenis sayuran hijau ternyata sangat bermanfaat untuk membantu produksi sel darah putih serta meningkatkan daya tahan tubuuh terhadap infeksi. Sayuran hijau selain mengandung vitamin dan mineral, juga kaya akan senyawa antioksidan untuk meningkatkan sistem imun agar tubuh lebih kebal terhadap penyakit atau alergi. Sayuran hijau bisa berupa bayam, brokoli, asparagus, dan sebagainya.

9. Bawang Putih
Siapa yang menyangka bahwa bawang putih ternyata tidak hanya berfungsi sebagai penekan hipertensi? Ya, kandungan aktif bawang putih diyakini mampu menjaga daya tahan tubuh terhadap berbagai virus atau infeksi yang mungkin menyerang saat leukosit menurun. Namun untuk konsumsi berlebihan tak dianjurkan karena terdapat efek samping bawang putih untuk tetap diwaspadai.

10. Wortel
Wortel adalah sayuran kaya vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa vitamin C sangat diperlukan dalam berbagai proses metabolisme tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi sayuran berwarna oranye segar ini akan membantu kerja sebagian organ tubuh termasuk sumsum tulang dalam pembentukan leukosit.

11. Salmon
Salmon adalah ikan yang mengandung asam folat. Asam folat sangat berfungsi bagi tubuh untuk menambah jumlah sel darah putih. Mengonsumsi ikan salmon dengan cara yang tepat akan sangat membantu meningkatkan leukosit dalam tubuh anda. (baca juga: Makanan Penurun Androgen, Pusing Setelah Minum Kopi)

12. Pepaya

Buah pepaya kaya akan vitamin A dan E yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Bagi anda yang tengah mengalami kondisi lemas akibat berkurangnya kadar leukosit, mengonsumsi pepaya dengan takaran yang pas bisa membantu meningkatkan kestabilan metabolisme tubuh.

13. Berry
Jenis buah berry-berryan mulai dari strawberry, blueberry, mulberry, dan sebagainya sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kadar leukosit anda. Buah berry mengandung antioksidan tinggi serta kandungan vitamin C yang mengefektifkan produksi sel darah putih dalam sumsum tulang.

14. Telur
Telur ayam terutama jenis ayam kampong mengandung protein tinggi yang wajib anda konsumsi saat tubuh mulai merasakan gejala kekurangan sel darah putih. Telur ayam mengandung berbagai jenis vitamin yang juga berfungsi memperbaiki kerusakan sel tubuh dan membantu kestabilan daya tahan tubuh secara alami.

Perlu diperhatikan, orang yang memang sedang mengalami kadar leukosit yang rendah, karena kondisi tersebut akan mengganggu kesehatan secara signifikan. Gejala yang bisa saja ditimbulkan saat tubuh kekurangan leukosit antara lain adalah:

  • Badan selalu merasa lemas, kurang bertenaga dan anemia.
  • Enggan bergerak atau berolah raga.
  • Demam dan pusing disertai muntah.
  • Menstruasi dalam waktu sangat lama.
  • Rentan terserang penyakit seperti flu dan sejenisnya.
  • Perubahan emosi.
  • Muncul ruam pada kulit.

Demikian artikel informatif tentang makanan penambah sel darah putih yang kiranya mampu membantu supaya sel darah putih dalam tubuh yang berkadar rendah dapat kembali naik dan normal.

Dikutip dari: Halosehat.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih