Saturday, September 7, 2013

Wow... Mengetahui Fungsi Lain dari Mesin Pencari Google [Search Engine]

Siapa yang tak kenal 'Mbah' Google? Ketenaran Mbah yang satu ini melebihi dukun di seluruh permukaan bumi. Si Google serba tahu apa pun yang ditanyakan netter kepadanya.

Sebagai pengguna Internet, mesin pencari Google sangat membantu mencari informasi dan menuntun kita ke laman-laman URL / internet. Tapi, tahukah anda bahwa Google juga merupakan alat yang ampuh untuk hal-hal lain?

Ternyata, beberapa trik sederhana namun hebat hasilnya dapat digunakan ketika mencari dengan menggunakan fitur-fitur Google. Apa saja itu?

1. Google sebagai kalkulator.
Google telah memiliki built-in calculator, dengan memasukkan kunci perhitungan seperti ini misalnya:
270 * (55 / 5 + 3),
hasilnya:
270 * ((55 / 5) + 3) = 3 780

Memang, semua komputer juga telah dilengkapi Calculator, tetapi jika hanya dengan mengetik perhitungan saja ke dalam kotak pencarian google, maka tentu saja hal ini jauh lebih cepat daripada membuka aplikasi Calculator.

2. Google sebagai alat pemeriksa ejaan.
Jika tidak yakin mengenai ejaan suatu kata, cukup masukkan suatu ejaan kata yg diketahui ke Google, ini adalah cara yg cepat untuk melihat apakah ejaan benar. Jika tidak, Google akan menyarankan ejaan kata yg benar. Selain itu, jika ingin mendapatkan definisi dari suatu kata, gunakan “define:” Hal ini untuk mengfungsikan Google sebagai kamus. Contoh penulisannya:
define: Parasympathetic

3. Gunakan kata “site:” untuk membatasi pencarian ke situs tertentu.
Banyak situs dengan built-in tools yg berfungsi sebagai alat pencarian tapi sebagian besar tidak dapat merespon dengan hasil yang sesuai dengan dicari. Misalnya, kita mencari David Beckham di situs fubkydowntown.com, coba lakukan pencarian dengan cara ini:
david beckham site:funkydowntown.com

Semua posting dengan kata kunci david beckham akan muncul dalam hasil pencarian.

4. Mengecek waktu pada saat yang bersamaan di wilayah/negara lain.
Fitur ini memungkinkan kita mengecek waktu saat ini (real time) suatu negara atau kota lain dimanapun juga, sehingga kita tidak tidak salah waktu ketika menelepon seseorang, atau untuk urusan penting lainnya. Untuk mengecek waktu, cukup masukkan “time” diikuti dengan nama kota/wilayah. Sebagai contoh:
time California

5. Sebagai alat konversi kurs mata uang yang cepat.
Google juga dapat melakukan konversi mata uang, misalnya:
100 pounds in dollars

6. Menganalisa kata kunci pada situs tertentu
Hal ini dapat berguna jika Anda sedang melakukan suatu pencarian, tapi tidak yakin kata kunci apa yg tepat untuk dimasukkan ke mesin Google. Gunakan kata kunci “site:” Misalnya, coba pencarian ini:
“creative ideas” site:funkydowntown.com

7. Memberi pengecualian khusus pada kata yang diberi tanda ‘ – ‘
Persempit pencarian dengan menggunakan tanda tersebut. Misalnya, jika mencari informasi tentang David Beckham tetapi tidak ingin tahu apa-apa tentang Victoria hanya karena anda tidak cantik seperti Victoria (misalnya, hahahaha!), maka cukup anda ketika:
“david beckham” –victoria

8. Mencari dokumen yang spesifik
Google dapat mencari di web untuk jenis file-file tertentu dengan menambahkan tanda “:” Jika sedang mencari file PowerPoint tentang Hukum Jual Beli, misalnya, coba:
Jual Beli Online filetype:PPT

9. Mencari dalam rentang numerik tertentu dengan menggunakan tanda “..”
Jika ingin mencari informasi tentang Piala Dunia Sepak Bola peristiwa yang terjadi di tahun 1980-an, gunakan pencarian ini:
World cup soccer 1980..1990

10. Mencari kode area telepon
Pengen tahu kode area telepon tertentu? Google bisa memberitahu bahkan juga bisa menunjukkan peta wilayah tersebut.
Sebagai contoh, ketikkan: 415
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih