Tuesday, December 19, 2017

Ucapan Tabu Yang Tidak Boleh Anda Katakan Kepada Atasan Anda...

Dalam dunia kerja, kesuksesan diukur salah satunya dari karir yang anda titi. Penting anda ketahui, moncer atau tidaknya karir anda lebih banyak ditentukan oleh faktir 'sikap' atau attitude, terutama sikap anda kepada pimpinan atau atasan anda,

Bersikap kepada atasan, baik lewat tingkah laku atau perkataan memiliki beberapa etika. Berikut beberapa ucapan yang sangat tabu anda ucapkan kepada atasan anda dan bahkan dapat menghancurkan karir anda di masa depan. Aturan etika ini berlaku di mana pun dan kapan pun, baik bagi anda karyawan swasta, pegawai negeri dan lain sebagainya.

"Itu bukan tugas saya."

Jangan pernah mengatakan hal tersebut saat pimpinan memberi tugas kepada Anda, walau sebenarnya itu memang bukan tanggung jawab Anda. Sebaliknya, cobalah mencari tahu mengapa dia memberi tugas tersebut.

Bisa jadi pimpinan menilai Anda memang mampu melakukannya. Namun bila pelimpahan tugas tersebut dinilai justru akan berdampak negatif bagi perusahaan, cobalah bicarakan kepada atasan mengapa tugas tersebut dilimpahkan dan Jelaskan tentang kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemudian, sarankan atasan untuk melimpahkan tugas tersebut kepada orang yang tepat agar hasilnya sesuai harapan atau target.

"lni bukan urusan saya.” 

Berusahalah membantu atasan dan rekan kerja saat mereka menghadapi masalah dalam melakukan tugasnya, meski itu tak bersinggungan langsung dengan wilayah kerja Anda. ingat, dalam sebuah perusahaan semua pekerjaan saling berkaitan. Bila ada hambatan di suatu divisi akan berdampak pula pada divisi lain. Karenanya kekompakan team work sangat diperlukan untuk meraih hasil yang optimal.

"lni bukan salah saya kok." 

Bila menghadapi sebuah masalah dalam pekerjaanjaa ngan sibuk mencari siapa yang salah atau Anda buru-buru mengatakan, bahwa Itu bukan kesalahan Anda. Namun yang terpenting adalah bagaimana masalah tersebut segera terselesaikan dengan baik. Dengan cara memperbaiki kelemahan dan mencari jalan keluarnya agar tak terulang Iagi..

"Banyak sekali tugas yang harus saya lakukan" 

Jangan mengeluh bila Anda merasa punya banyak tugas. Atasan mungkin akan berpikir, Anda membenci pekerjaan tersebut, dan atau Anda sebenarnya tidak mampu melakukannya. Jadi, berusahalah menikmati setiap tugas dengan segala konsekuensi dan tantangannya.

"Tugas hal remeh temeh untuk saya" 

Jika komentar itu Anda kemukakan dengan tujuan ingin menunjukkan kepada atasan, bahwa Anda seorang karyawar berkualitas yang patut dipromosikan, maka Anda akan menyesal. Dla justru akan menilai, Anda arogan dan tak layak diperhitungkan.

"Tugas Ini mudah sekali, siapa pun bisa melakukannya!“ 

Bila Anda mengatakan hal tersebut saat atasan menyodorkan tugas, bukan tak mungkin ia akan berpikir Anda telah menganggap enteng tugas tersebut. Dan dia akan merasa dilecehkan. Jadi, bila Anda mendapatkan tugas yang dianggap sederhana terimalah dengan senang hati dan selesaikan sece patnya.

Saya tak bisa melakukan tugas itu.' Jangan pernah mengatakan, bahwa tugas baru yang diberikan atasan tidak dapat Anda lakukan. meski memang sulit. Sebaiknya Anda bertanya dulu kepadanya, mengapa diminta melakukan tugas tersebut. apa tujuannya? Dan apa pula target yang diharapkan dari tugas tersebut

(dari berbagal sumber) 
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih