Tuesday, July 16, 2013

Subhanallah... 10 Fakta Tentang Keunikan Tubuh Manusia

Dalam al-Qur'an, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: "Dan pada diri kalian, apakah kalian tidak memperhatikannya?".

Ayat ini mengandung perintah agar setiap manusia memperhatikan kekuasaan Allah yang ada pada diri manusia itu sendiri. Dan ternyata, memang sangat banyak keunikan yang dimiliki oleh jasad manusia. Berikut beberapa fakta unik tentang tubuh manusia seperti dikutip dari Health 24:

1. Tidak dapat bertahan hidup tanpa tidur
Tidur sama halnya seperti Anda membutuhkan makanan. Banyak orang mengabaikan pentingnya tidur tanpa mengetahui bahwa sebenarnya manusia bisa bertahan hidup lebih lama tanpa makanan, daripada tanpa tidur. Rata-rata orang bisa bertahan hidup selama satu sampai dua bulan hanya dengan minum saja.

Tapi, dengan tidak tidur selama beberapa malam akan menyebabkan orang mengalami perubahan psikologis dan kepribadian. Ada orang yang mencapai rekor tidak tidur selama 264 jam, yaitu Randy Gardner. Ia mengaku tidak berhalusinasi atau pusing. tetapi, para ahli mengingatkan bahwa tidak tidur dalam jangka waktu panjang akan berbahaya bagi tubuh.

2. Jumlah tulang bayi lebih banyak
Ketika bayi lahir, ia memiliki 300 tulang dalam tubuhnya. Namun, saat bayi memasuki usia dewasa, jumlah tulangnya berkurang menjadi 206. Hal ini terjadi karena tulang-tulang yang lebih kecil telah bergabung untuk membentuk satu tulang yang kuat.

3. Ereksi anumerta
Ereksi anumerta disebut juga ereksi kematian. Ereksi ini terjadi saat laki-laki meninggal dunia. Dengan posisi tubuhnya yang berbaring, maka akan terjadi efek penurunan darah. Bagaimana ereksi ini bisa terjadi?

Ketika seorang pria masih hidup, jantung memompa darah secara merata ke seluruh tubuh. Namun, saat ia meninggal dunia, darah akan terkena gravitasi dan menetap di titik terendah pada tubuh lalu menyebabkan pembengkakan. Darah akan berkumpul di bagian tubuh bawah termasuk kaki dan penis. Sehingga, penis yang terisi dengan darah tampak seperti tengah mengalami ereksi.

4. Makan bisa pengaruhi pendengaran
Kemampuan pendengaran manusia akan menurun ketika ia makan berlebihan. Bila Anda makan terlalu banyak, maka kemampuan mendengar Anda pun akan menurun. Jadi, sebaiknya pertimbangkan porsi makan dan berhentilah jika sudah kenyang, meskipun terkadang mulut terasa masih ingin mengunyah makanan.

5. Air mata emosional
Hanya manusia yang bisa mengeluarkan air mata karena pengaruh perasaannya. Hewan yang mengeluarkan air mata, itu karena alasan fisiologis misalnya iritasi mata.

6. Perjalanan darah
Setiap hari, darah manusia melakukan perjalanan sejauh 96.540 km di dalam tubuh manusia.

7. Otot terkuat
Meskipun ukurannya relatif, tapi pada tubuh manusia yang menjadi otot terkuat adalah lidah, bukan otot-otot besar seperti yang terlihat di tubuh para atlet.

8. Berbicara itu prestasi
Bentuk pencapaian prestasi sederhana yang dilakukan oleh tubuh yaitu berbicara. Mengapa? karena untuk menghasilkan suara manusia saja, dibutuhkan interaksi 72 otot.

9. Perbedaan tinggi badan
Pada pagi hari, tinggi badan manusia satu cm lebih tinggi dibandingkan saat malam hari. Ketika siang hari tiba, lapisan tulang rawan pada sendi menjadi lebih padat sehingga tinggi badan berkurang.

10. Kecepatan bersin
Saat dikeluarkan dari tubuh, bersin memiliki kecepatan 160 km/jam. Dengan kecepatannya yang tinggi, sebaiknya saat bersin jangan menekan tubuh Anda karena itu akan mengakibatkan kerusakan pada tubuh.

Dan sebenarnya masih banyak lagi keajaiban lainnya yang terdapat pada tubuh anak keturunan Adam ini.
Subhanallah...
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih