Wednesday, May 23, 2018

Air Pati Bawang: Resep Tradisional Obat Batuk Dari Amerika Selatan... Begini Cara Membuatnya

Batuk merupakan salah satu keluhan yang dilami banyak orang. Menurut wikipedia, batuk bukanlah suatu penyakit, melainkan merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat saraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Srangan batuk sangat menggangu aktifitas sehari-hari. Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis, keduanya dikelompokkan berdasarkan waktu.

Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.

Batuk kronis berulang yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis.

Ada berbagai cara untuk menyembuhkan gejala batuk, baik secara tradisional maupun modern. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bawang yang ada di rumah kita.

Pengobatan batuk dengan ramuan tradisiional ini sudah jamak dilakukan oleh masyarakat di Amerika Selatan, seperti di Parguay dan Republik Dominika.

Tak hanya batuk, ramuan ini juga ampuh untuk membasmi dahak dan membersihkan saluran pernafasan.

Bagaimana caranya?

1. Iris bawang kecil-kecil.
2. Masukkan ke dalam toples.
3. Tambahkan taburan gula ke dalam irisan bawang, lalu aduk. Kalau tidak ada gula, boleh juga diganti dengan madu.
4. Tutup toples rapat-rapat.
5. Simpan toples di dalam kulkas semalaman (kira-kira 12 jam).
6. Pada pagi hari, keluarkan toples. Buka, maka akan terlihat air saripati bawang di bagian bawah.
7. Ambil satu sendok air pati bawang tersebut, lalu diminum.

Untuk selengkapnya, simak cara pembuatannya seperti dalam video di bawah ini:


Credit video: DW Arabic
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih