Tuesday, April 4, 2017

Imam Mahdi Yang DItunggu-Tunggu

Imam Mahdi akan muncul, ketika tanda-tanda kiamat-kiamat kecil terjadi di muka bumi ini. Di situlah Imam Mahdi akan muncul untuk menegakkan keadilan dan menumpas kezhaliman.

Kehadirannya membuat Islam sangat kuat. Kehadirannya menjadi pertanda kiamat besar akan terjadi.

Di saat Imam Mahdi muncul, tak lama kemudian Dajjal datang untuk menghancurkan kejayaan Islam yang telah di tegakkan oleh Imam Mahdi. Imam Mahdi pun berusaha melawan kekuatan dahsyat Dajjal.
Namun beliau butuh bantuan orang lain. Sebab, kekuatan Dajjal amat dahsyat.

Saat itulah datang Nabi Isa a.s. Yang telah di angkat ke langit oleh Allah SWT. untuk membantu Imam Mahdi. Dajjal pun akhirnya dapat di kalahkan.

Namun siapakah Imam Mahdi itu sebenarnya, yang di tunggu-tunggu dan sangat di harapkan kemunculannya oleh kita umat Islam?

Imam Mahdi, adalah seorang pemuda Muslim, yang berusia muda yang di pilih oleh Allah untuk menghancurkan semua kezhaliman dan menegakkan keadilan di muka bumi sebelum datangnya hari kiamat.
Dikatakan bahwa ia menjadi pemimpin yang jujur dan adil serta menggunakan harta kekayannya yang berlimpah untuk kemajuan umat.

Telah bersabda Rasulullah Muhammad Shallalahu 'alahi wassalam pada akhir zaman akan muncul seorang khalifah yang berasal dari umatku, yang akan melimpahkan harta kekayaannya selimpah-limpahnya, dan ia sama sekali tidak akan menghitung-hitungnya."
(HR. Muslim dan Ahmad).

Imam Mahdi, sebenarnya adalah sebuah nama gelar sebagaimana halnya dengan gelar Khalifah, amirul mukminin dan sebagainya.

Imam Mahdi dapat di artikan secara bebas bermakna:
"pemimpin yang telah di beri petunjuk".

Dalam bahasa Arab, kata imam berarti pemimpin, sedangkan Mahdi berarti orang yang diberi petunjuk.

Dalam hadits, nama sebenarnya adalah Muhammad (seperti nama Nabi Muhammad)  dan nama ayahnya pun sama seperti nama ayahnya Muhammad Rasulullah Shallalahu 'alahi wassalam yaitu Abdullah. Jadi nama aslinya adalah Muhammad bin Abdullah.

Nabi Muhammad Shallalahu 'alahi wassalam bersabda artinya:

"Andaikan dunia tinggal sehari sungguh Allah akan panjangkan hari tersebut sehingga di utus padanya seorang lelaki dari ahli baitku, namanya serupa dengan namaku dan nama ayahnya serupa dengan nama ayahku (Muhammad bin Abdullah).

Ia akan penuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kezhaliman dan penganiayaan." (HR. Abu Dawud)

Menurut penjelasan Rasulullah  Shallalahu 'alahi wassalam yang beliau terima melalui wahyu, bahwa Imam Mahdi berasal dari umat Nabi Muhammad, memiliki kening lebar, berhidung panjang dan mancung, dan umur kekhalifahannya berumur tujuh tahun, dan ia masih keturunan dari anak cucu Nabi Muhammad Shallalahu 'alahi wassalam.

Nabi Muhammad Shallalahu 'alahi wassalam bersabda, artinya:

"Al-Mahdi berasal dari umatku, berkening lebar, berhidung panjang dan mancung. Ia akan memenuhi bumi ini dengan keadilan dan kemakmuran, sebagaimana ia (bumi ini) sebelum itu dipenuhi oleh kezhaliman dan kesemena-menaan, dan ia (umur kekhalifahan) berumur tujuh tahun." (HR. Abu Dawud dan Al-Hakim)

Dalam riwayat lain disebutkan, "Sungguh, bumi ini akan dipenuhi dengan kezaliman dan kesemena-menaan, dan apabila kezhaliman serta kesemena-menaan itu telah penuh, maka Allah akan mengutus seorang laki-laki yang berasal dari umatku, namanya seperti namaku, dan nama bapaknya seperti nama bapakku (Muhammad bin Abdullah).

Maka ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran, sebagaimana ia (bumi) telah dipenuhi sebelum itu oleh kezhaliman dan kesemena-menaan.

Di waktu itu langit tidak akan menahan setetes pun dari tetesan airnya, dan bumi pun tidak akan menahan sedikit pun dari tanaman-tanamannya. Maka ia akan hidup bersama kamu selama tujuh tahun, atau delapan tahun, atau sembilan tahun." (HR. Thabrani)

Kemunculan Imam Mahdi bukan karena kemauan Imam Mahdi sendiri, melainkan karena takdir Allah yang pasti berlaku. Bahkan ia sendiri tidak menyadari bahwa dirinya adalah Imam Mahdi, melainkan setelah Allah SWT. mengislahkan dalam satu malam, seperti yang dikatakan dalam sebuah Hadits berikut :

"Al-Mahdi berasal dari umatku, yang akan di ishlahkan oleh Allah dalam satu malam." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Kemunculan Imam Mahdi, akan didahului oleh tanda-tanda sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadits shahih.

1). Imam Mahdi akan muncul ketika banyak perselisihan antar manusia dan banyaknya gempa.

Nabi Muhammad Shallalahu 'alahi wassalam bersabda, artinya :

"Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang di utus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar manusia dan gempa-gempa.
Ia akan penuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya (bumi ini) dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman."
(HR. Ahmad)

2). Baitullah akan diserang oleh suatu pasukan, tetapi bagian tengah pasukan tersebut akan di telan bumi.

Nabi Muhammad Shallalahu 'alahi wassalam bersabda artinya :

"Sungguh, Baitullah ini akan diserang oleh suatu pasukan, sehingga apabila pasukan tersebut telah sampai pada sebuah padang pasir, maka bagian tengah pasukan itu ditelan bumi.  Maka berteriaklah pasukan bagian depan kepada pasukan bagian belakang, dimana kemudian semua mereka ditenggelamkan bumi dan tidak ada yang tersisa, kecuali seseorang yang selamat, yang akan mengabarkan tentang kejadian yang menimpa mereka. "(HR. Muslim, Ahmad, Nasai dan Ibnu Majah)

3). Seseorang akan dibaiat diantara maqam Ibrahim dengan sudut Ka'bah.

Nabi Muhammad Shallalahu 'alahi wassalam bersabda artinya :

Akan terjadi perselisihan setelah wafatnya seorang pemimpin, maka keluarlah seorang lelaki dari penduduk Madinah mencari perlindungan ke Mekkah, lalu datanglah kepada lelaki ini beberapa orang dari penduduk Makkah, lalu mereka membaiat Imam Mahdi, maka ia dibai'at di antara Rukun dengan Maqam Ibrahim (di depan Ka'bah).

Kemudian diutuslah pasukan manusia dari penduduk Syam, maka mereka dibenamkan di sebuah daerah bernama Al-Baida yang berada di antara Mekkah dan Madinah. (HR. Abu Dawud)

Bila ketiga peristiwa di atas telah terjadi, berarti umat Islam di seluruh penjuru dunia menjadi tahu bahwa Imam Mahdi diutus ke muka bumi.
Pemimpin dan Panglima umat Islam di akhir zaman telah hadir.

Dan bila ini telah menjadi jelas kita pun terikat dengan pesan Nabi Muhammad Shallalahu 'alahi wassalam sebagai berikut, artinya:

"Ketika kalian melihatnya (kehadiran Imam Mahdi), maka berbaiatlah dengannya walaupun harus merangkak-rangkak di atas salju karena sesungguhnya dia adalah Khalifatullah Al-Mahdi."
(HR.Abu Dawud)

Dalam hadits yang disebutkan di atas Imam Mahdi akan memimpin selama 7 atau 8 atau 9 tahun. Semasa kepemimpinannya, Imam Mahdi akan membawa kaum muslimin untuk memerangi kezhaliman. Hingga satu demi satu kezhaliman akan tumbang dan takluk di bawah kekuasaannya

Kemenangan demi kemenangan yang diraih Imam Mahdi dan pasukannya akan membuat Dajjal murka, sehingga membuatnya keluar dari persembunyiannya, dan berusaha membunuh Imam Mahdi serta pengikutnya.

Maka Allah akan menurunkan Nabi Isa a.s dari langit yang bertugas membunuh. Imam Mahdi dan Nabi Isa a.s. akan bersama-sama memerangi Dajjal dan pengikutnya, hingga Dajjal mati ditombak oleh Nabi Isa di Bab Lud di kompleks Masjid Al-Aqsa, Al Qudus, Jerusalem.

Demikian kisah singkat Imam Mahdi dan kemunculannya di muka bumi. Apakah Imam Mahdi akan muncul tidak lama lagi ataukah masih panjang? Hanya Allah yang Maha Tahu. Tugas kita hanyalah beriman dan bertakwa Kepada-Nya.  Dan yang jelas, kedatangan Imam Mahdi telah ditunggu-tunggu umat Islam seluruh dunia. Kehadirannya akan membuat Islam menjadi kuat dan kokoh. [Dari Berbagai sumber ]
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih