Thursday, June 9, 2016

Rahasia di Balik Tahu Bulat Digoreng Dadakan, Limaratusan, Gurih..gurih...

loading...

Kalimatnya begitu sederhana, kata-kata yang biasa kita dengar sehari-hari.: "Tahu, bulat, digoreng, dadakan, limaratausan, gurih..gurih....". Irama dan intonasinya cukup unik sehingga mudah dikenal dan melekat di benak masyarakat.

Jika ada bunyi seperti itu, dari dalam mobil model pick-up, itu berarti jualan tahu bulat, tidak yang lain. 

Tapi banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa tahu bulat harus digoreng dadakan? Apakah biar hangat dan nikmat? Atau ada misteri yang lain...? Hmmm... bulan puasa gini ngomingin tahu, jadi laper,..

Nah, untuk meyibak rahasia ini, baru-baru ini, seorang pengguna media sosial Facebook membagikan analisis tahu bulat dalam dalam ciapan panjang di Twitter. Ia coba menjelaskan secara ilmiah, kenapa tahu bulat harus digoreng dadakan? Analisis itu ternyata sangat rumit dan jauh dari kata sederhana.

Berikut penjelasan ilmiahnya sebagaimana dikutip dari forum Citizen6.Liputan6 (http://citizen6.liputan6.com/read/2498673/lucu-penjelasan-ilmiah-kenapa-tahu-bulat-harus-digoreng-dadakan):

"Nah, memang urusan tahu bulet digoreng dadakan itu urusannya sama termodinamika. Diagram fase air, suhu, dan tekanan. Pada proses penggorengan, tahu bulat dicelup ke minyak dengan suhu 150-160 C. Pada suhu ini, air pada tahu akan berubah fase dengan cepat. Akibat ekspansi ke segala arah, ukuran tahu bulat bertambah searah diameter dan permukaannya merata menjadi bulat sempurna. Reaksi maillard di permukaan tahu bulat membuat warnanya jadi coklat, dan membentuk struktur crust yang secara fisik cukup kokoh. Tapi karena struktur crust ini berpori, maka tekanan uap dari dalam tahu bisa keluar. Akibatnya tekanan akan berkurang setelah tahu diangkat. Maka, tahu bulat harus digoreng dalam jangka waktu sedekat mungkin dengan saat penyerahan produk ke konsumen. Hence 'digoreng dadakan".

Entah bercanda atau gimana, kontan saja penjelasan ilmiah itu justru menuai reaksi dari para netizen. Alih-alih menjelaskan supaya terang, malah membuat bingung banyak orang.

Dan yang tak kalah herannya, tidak sedikit netizen yang meminta penjelasan, mengapa harganya limaratusan?

Ada yang tahu?

Btw, jangan ragu2 membeli tahu bulat ini, insya Allah kandungan vintamin dan proteinnya sangat tinggi... Oke...!
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih