Thursday, January 25, 2018

Beberapa Tips dan Trik Tradisional Untuk Mengusir Cicak dari Rumah

Sudah menjadi pemandangan umum, di rumah-rumah tempat tinggal kita banyak sekali cicak berkeliaran. Tak jarang, kehadiran cicak ini cukup mengganggu, apalagi ada cicak yang suka mencicipi makanan yang terhidang di meja makan.

Kadang, tak sengaja cicakc-cicak itu jatuh dan menempel di tubuh kita sehingga kita merasa geli-geleman sampai merinding!

Tampak kecil dan tidak berbahaya, tapi kehadiran cicak dalam rumah bsa juga mengganggu anak-anak kecil dan haiwan peliharaan. Ini karena jika dibiarkan, ia akan menjadi penghuni tetap dalam rumah, menjadikan perabot sebagai sarang seterusnya berkembang biak dalam rumah. Belum lagi kotorannya yang memenuhi loteng atau plavon sehingga menumbulkan debu yang kotor dan bisa menyebarkan penyakit.

Nah, bagi anda yang ingin menghalau cicak dari rumah, berikut beberapa tip tradisional yang perlu dicoba di rumah.

1. GUNAKAN KULIT TELUR

Cicak umumnya tidak suka bau telur. Oleh karena itu, letakkan kulit telur di ruang kosong seperti di tepi jendela [tingkap] atau pintu agar tidak dimasuki oleh cicak.

Jangan lupa ganti kulit telur dengan baru setiap tiga minggu sekali

2. SERBUK KOPI

Letakkan sedikit serbuk kopi dalam bekas wadah, lalu masukkan juga serbuk tembakau dan aduk.

Setelah itu, ambil pencungkil gigi atau batang mancis [korek api] dan sapukan sedikit gam di atasnya kemudian lalukan pada serbuk yang sudah digaulkan.

Letakkan di tempat yang biasa dimasuki oleh cicak dan juga belakang almari. Cicak akan mati apabila makan serbuk ini.

3. BAWANG PUTIH/MERAH

Cicak tidak suka bau bawang putih dan merah. Gantung atau letak bawang di jendela [tingkap] atau pintu. Boleh juga aduk bawang bersama sedikit air. Sembur jus ini di sekeliling rumah.

4. LADA HITAM

Dalam satu bekas, masukkan serbuk lada hitam, serbuk cabe dan air kemudian masukkan dalam botol spray.

Sembur dinding, tingkap dan pintu untuk elak cicak masuk dan merayap dalam rumah. Cicak tidak tahan dengan rasa pedas.

5. KERTAS STIKER (PLY PAPER)

Lekatkan kerta stiker pada bahagian bucu siling dan sudut dinding. Apabila cicak melaluinya, ia akan melekat pada ply paper ini. Jadi dengan mudah anda boleh membuang cicak yang lengket

6. AIR DINGIN

Sembur air dingin pada cicak, makin dingin makin bagus, karena ia akan melumpuhkan pergerakan cicak.

7. BULU AYAM

Cicak memang takut dengan burung. Gantung atau letak bulu ayam sekitar rumah. Apabila cicak melihatnya, dengan segera ia akan menjauhkan diri.

8. PERANGKAP TIKUS

Tidak terhad pada menangkap tikus, perangkap ini juga sebenarnya boleh digunakan untuk menjerat cicak juga.

9.  RACUN CICAK

Untuk ada yang tidak mau repot, gunakan pestisida khusus pembaszmi cicak yang dijual di pasaran, ada yang mereka Lizpel, Racun Cicak, dll. Bisa dibeli secara online di internet maupun di toko-toko terdekat.

Lizpel ni memang khas dibuat untuk selesaikan masalah cicak dan serangga di dalam rumah. Cukup dengan 1 semprotan, sudah ckup untuk mematikan cicak tersebut. Selain membunuh cicak, Lizpel juga bisa membunuh lipas atau kecoak, semut, laba-laba dan serangga lainnya.

Dan ingat....

AMALKAN KEBERSIHAN

Sebaiknya pastikan pinggan piring mangkuk kotor dicuci dengan segera. Jadi, tiada tersisa makanan di dapur mahpun lantai yang boleh menarik perhatian serangga mengerumuninya sekaligus menarik perhatian cicak untuk menangkap serangga-serangga ini.

Semoga anda dapat memanfaatkan petua halau cicak yang kami kongsikan di atas ini!
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih