Tuesday, November 15, 2016

Rasulullah Saw Bilang, Orang Seperti Inilah Yang Akan Diharamkan Jasadnya Dari Api Neraka.... Kamu Mau...?

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud ra, Rasulullah Saw bersabda:

ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ،ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮُﻛُﻢْ ﺑِﻤَﻦْ ﺗُﺤَﺮَّﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻫَﻴِّﻦٍ، ﻟَﻴِّﻦٍ، ﻗَﺮِﻳﺐٍ، ﺳَﻬْﻞٍ .

Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam berkata, "Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram (tersentuh api) neraka?. Para sahabat berkata,  "Iya, wahai Rasulallah!". Beliau menjawab, "(Haram tersentuh api neraka) orang yang Hayyin, Layyin, Qorib, Sahl" <HR. At Tirmidzi dan Ibnu Hiban.>

Saudaraku......

Ternyata, salah satu hal yang bisa menjadikan seorang mukmin itu terbebas dari api neraka adalah ketika ia memiliki 4 kriteria akhlak di atas///

Dan memang seperti inilah seharusnya akhlak kita.....

1. Hayyin

Teduh jiwanya....

Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan dzahir maupun batin. Tidak labil gampang marah, grusah-grusuh dalam segala hal, penuh pertimbangan. Tidak gampangan memaki, melaknat dan ngamuk tersulut berita yang sampai padanya.

2. Layyin

Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk saudaranya sesama muslim

Orang yang lembut dan kalem, baik dalam bertutur-kata atau berbuat. Tidak kasar, main cantik sesuai aturan, tidak semaunya sendiri, segalanya tertata rapi. Tidak galak yang suka memarahi orang yang berbeda berbeda pendapat dgnya. Identik tidak suka melakukan pemaksaan pendapat.


3. Qorib

Mudah untuk diajak berteman.

Bahasa jawanya 'gati', akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan orang bagi yang mengajak bicara. Tidak acuh tak acuh, cuek-bebek, gampang berpaling. Biasanya murah senyum jika bertemu dan wajahnya berseri-seri dan enak dipandang.

4. Sahl

Orang yang gampangan (maksudnya suka memudahkan orang lain), tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain lari dan menghindar.

*Keempat kata memiliki makna yang mirip, sama dan saling melengkapi dalam bingkai Akhlakul karimah.*

Semoga Kita termasuk semua golongan tsb diatas..Insya Allah aamiin..

Marilah kita  berdoa kepada Allah Swt:

اللهم احسنت خلقي فأحسن خلقي

"YA ALLAH SEBAGAIMANA ENGKAU TELAH MENCIPTAKANKU DG BAIK MAKA PERBAIKILAH AKHLAKKU " <HR. Imam Ahmad> 
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih