Thursday, March 5, 2015

[Foto]: Burung Pelatuk Gendong Musang ...Captured by: Martin Le-May

Harian Inggris, The Telegrapgh tanggal 3 Maret 2015 memuat sebuah foto yang sangat luar biasa! Ya,fotografer Martin Le-May dari Essex berhasil menjepret seekor burung pelatuk yang sedang terbang menunggangi seekor musang di punggungnya!

Gambar tersebut ia ambil di sebuah taman hutan di Hornchurch Country Park, Inggris. Foto lebih lengkap ditampilkan dalam situs boredpanda.com yang memuat beberapa foto lainnya. Boredpanda menyebutkan bahwa hal tersebut serupa dengan kisah Aladin yang terbang dengan karpetnya!


Menurut Le-Mei, ia sedang berjalan di taman dengan istrinya ketika mereka mendengar, dan kemudian melihat, pertarungan antara hewan. Demikian ungkap Le-May kepada BBC. (3/3/3015).

"Saya lalu menyadari bahwa itu adalah burung pelatuk dengan mamalia di punggungnya," katanya.

Dia berpikir bahwa dirinya dan istrinya mengganggu musang. Lalu, selagi burung pelatuk di darat, musang mungkin mendekati. Ketika terbang, sang musang kemudian terbawa oleh si burung.

Apakah foto tersebut palsu atau asli? Hany Farid, peneliti forensik digital dari Darthmouth University, mengungkapkan bahwa foto itu asli.

Dia mengungkapkan bahwa butuh sebuah kebetulan yang langka sehingga foto musang dan burung bisa digabungkan menjadi satu. Fakta bahwa Le May mengunggah beberapa foto juga mendukung dugaan bahwa foto memang asli. Farid juga melihat konsistensi foto.

"Menggabungkan, maka saya tidak melihat adanya bukti bahwa foto itu palsu," ungkapnya kepada National Geographic, Selasa.

Jika foto itu nyata, lalu bagaimana bisa musang menunggang si burung? Biolog dari National Wildlife Federation di Virginia, David Mizejewski, mengungkapkan bahwa ciri dua spesies tersebut membuat fenomena itu sebenarnya wajar.

"Sementara ini terlihat mengagumkan, ini mungkin tidak begitu mengejutkan bila Anda mengenal sedikit tentang dua spesies itu," katanya.

Burung pelatuk banyak menghabiskan waktu di daratan untuk mencari semut. Dengan demikian, spesies itu rentan serangan predator, seperti musang. Musang sendiri memang biasanya memangsa hewan kecil macam kelinci, tetapi juga bisa memakan burung.

"Musang bergerak untuk melukai spinal cord dari mangsa dengan menggigit lehernya dan itulah yang kita lihat dalam foto," ujarnya.

Mizejewski mengungkapkan, alam menyimpan banyak hal mengagumkan. Manusia bisa melihat dan mengabadikannya secara langsung jika akrab dengan alam. Ia mengatakan, foto Le May sangat mengagumkan.

Berikut foto-foto karya (c) Martin Le-May tentang burung pelatuk menggendong musang:




loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih