Thursday, March 1, 2018

Luar Biasa! Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan dan Kehidupan.. Tapi Ingat Juga Efek Samping Bersepeda

Menurut sejarahnya, sepeda (atau disebut juga kereta angin) pertama kali diperkenalkan di Eropa sekitar akhir abad ke 19, setelah itu mulai menyebar hingga ke Amerika Serikat dan kini hampir ke seluruh dunia. Latihan ini dikenal sebagai salah satu bentuk olahraga yang murah dan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Saat ini bersepeda bisa jadi merupakan olahraga yang tengah diminati oleh masyarakat, hampir setiap hari bisa melihat orang bersepeda. Sebenarnya apa saja manfaat dan efek samping bersepeda bagi kesehatan?

Untuk itu ketahui beberapa manfat dan juga mudarat dari bersepeda bagi kesehatan, seperti dikutip dari Livestrong dan 24hrfitness.co.uk, Kamis (24/2/2011):

Manfaat sepeda:

1. Sepeda membantu membentuk tubuh dan memberikan energi. Saat bersepeda gerakan yang dilakukan turut membentuk, menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Selain itu lemak di daerah ini akan berkurang dan diganti oleh otot.

2. Turut membantu mengurangi selulit di paha, serta mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobik.

3. Sepeda membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot seluruh tubuh.

4. Bersepeda diyakini bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.

5. Sepeda bisa membantu mengurangi kadar stres, hal ini karena umumnya orang melakukan sepeda sambil santai dan menghitup udara segar.

6. Sepeda baik untuk kesehatan kardio (jantung), olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

7. Mempertahankan Daya Tahan Tubuh. Mengingat bersepeda adalah olahraga, jika Anda lakukan secara rutin jelas akan membuat sehat. Tubuh yang sehat, maka akan memuat saya tahan tubuh selalu terjaga.

8. Menyehatkan Organ Jantung . Mengayuh sepeda perlu tenaga. Detak jantung akan berirama ketika Anda mengayuhnya. Jarak dekat dan jauh, maka irama detak jantung akan berbeda. Ketika Anda bersepeda jarak jauh, maka akan membuat jantung Anda lebih sehat.

9. Mengencangkan Otot. Bersepeda akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kencang. Sebab semua bagian tubuh Anda mau tidak mau harus digerakkan. Walaupun kaki untuk mengayuh, namun tangan, punggung, dan bagian tubuh yang lain akan terpicu untuk ikut bergerak.

10. Mengatur Pernapasan
Anda tentu akan terengah-engah ketika mengayuh sepeda dalam waktu lama dan jarak berkilo-kilo meter. Namun itu akan menyehatkan pernapasan Anda. Anda akan lebih dapat tertaur dalam bernapas. Sebelum olahraga ada baiknya melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudahnya. Manfaat pemanasan dan pendinginan ini sangat penting untuk mengatur ritme saat berolahraga.

11. Memperkuat Kerangka Tubuh
Mungkin orang mengira jika bersepeda, maka posisi tubuh sedikit membungkuk. Jangan berpikir itu akan membuat tubuh menjadi bungkuk. Sebaliknya, kerangka tubuh Anda akan semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari.

12. Pilihan Diet Sehat
Memilih cara bersepeda untuk menjalankan diet, maka tubuh Anda jelas akan memperoleh manfaat kesehatan. Anda tidak perlu menyiksa tubuh untuk menghindari konsumsi makanan tertentu. Asal pola makan Anda terjaga, maka itu sudah cukup dengan Anda bersepeda.

13. Bersepeda Untuk Kesehatan
Tidak Mudah Terserang Penyakit
Dengan Anda bersepeda, maka tubuh akan sehat. Terjaganya daya tahan tubuh, maka penyakit akan susah tumbuh di tubuh Anda.

14. Mengurangi Tingkat Stress
Jika Anda terserang stress ringan, cobalah untuk bersepeda. Dijamin sstress Anda akan berkurang. Sebab ketika Anda bersepeda, maka Anda akan menyaksikan banyak pemandangan yang berbeda. Sehingga dapat melupakan dengan segera penat yang melanda Anda.

15. Menghalau Keluhan Sakit Pada Punggung
Masih muda, maka sehatkan tubuh dengan cara yang benar yaitu, bersepeda. Dijamin jika Anda sering mengeluhkan sakit pada punggung, asalkan Anda rutin bersepeda, maka keluhan itu tidak akan Anda rasakan kembali.

16. Membuat Pikiran Lebih Tenang
Dengan bersepeda, pikiran Anda akan dapat tenang. Sebab dengan mengayuh sepeda, ada irama keteraturan yang Anda lakukan. Kegiatan fisik tersebut dapat berpengaruh dalam pikiran Anda. Sehingga jika Anda merasa pikiran tidak kunjung tenang, bersepedalah.

17. Mampu Mengontrol Suplai Oksigen Tubuh
Bersepeda, maka napas Anda akan terengah-engah. Aliran oksigen akan banyak terkuras karena energi yang besar Anda gunakan. Namun dengan begitu, tubuh Anda mampu menontrol suplai dari oksigen tubuh. Tidak perlu khawatir oksigen tubuh Anda berkurang.

18. Pencegah Penyakit Kanker
Kanker tergolong sebagai penyakit yang cepat menjalar ke seluruh tubuh. Kanker juga termasuk penyakit yang berkembang dalam waktu jangka panjang. Agar Anda tidak terjangkit penyakit kanker, maka lakukan olahraga sepeda. Kemungkinan jikalau ada sel yang memicu penyakit kanker, ketika tubuh Anda selalu dalam keadaan sehat, maka sel yang awalnya akan menjadi kanker dapat dicegah pertumbuhannya.

19. Menambah Banyak Teman
Dengan sepeda, anda bisa bersosialisasi. Dengan Anda hobi bersepeda, maka Anda tentu akan tertarik mengikuti sepeda santai. Dari situ Anda akan bertemu dengan banyak orang baru. Dan siapa sangka Anda akan diajak bergabung atau tertarik untuk bergabung ke klub sepeda. Bersepeda pun dapat menambah sosialiasi di antara banyak orang yang hobi bersepeda.

20. Pencegah Penyakit Obesitas
Jika Anda tidak ingin mengidap penyakit obesitas, maka rasakan manfaat dari bersepeda. Obesitas dapat dicegah dengan Anda bersepeda.

21. Hemat Dari Segi Finansial
Tentu Anda kerap mendengar Bike To Work. Dengan Anda mau dan mengikuti anjuran tersebut, maka dapat lebih menghemat pengeluaran Anda. Secara finansial, itu akan sangat dirasakan. Jika selama dua hari Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli bensin, maka uang bensin tersebut dapat Anda tabung.

22. Menyeimbangkan Sistem Metabolisme
Jangan sampai Anda mengalami gangguan metabolisme. Sehatkan dan tetap jaga sistem metabolisme dengan rajin bersepeda.

23. Mampu Mengatasi Kemacetan
Jika Anda tinggal di ibukota, maka kemacetan setiap hari menyapa. Dengan bersepeda, maka Anda tidak lagi pusing di jalan. Karena sepeda dapat menempuh jalan-jalan sempit dengan lebih cepat. Dan jika ada orang yang melihat Anda bersepeda ke kantor, maka akan menjadi pemicu orang lain untuk mengikuti cara Anda menggunakan sepeda dalam mengatasi kemacetan.

24. Menyeimbangkan Koordinasi Tubuh
Orang yang bersepeda, maka perhatiannya harus benar-benar fokus. Tubuh harus mampu dikoordinasikan dengan baik. Dengan kebiasan bersepeda, maka koordinasi tubuh Anda akan dapat diseimbangkan.

25. Pembakar Kalori Dalam Tubuh
Bagi Anda yang khawatir tubuh penuh lemak, maka lakukan bersepeda. Dengan bersepeda, maka ada gerakan. Dari banyak energi yang Anda lakukan akan mampu melakukan pembakaran kalori. Sehingga tidak ada kelebihan lemak di dalam tubuh.

26. Banyak Pengalaman Menarik
Siapa sangka dengan Anda mau bersepeda untuk ke kantor, maka Anda akan menemukan banyak pengalaman. Bukan sekadar pengalaman namun dikatakan sebagai pengalaman yang menarik. Sebab jalanan yang ditempuh menggunakan sepeda itu terbilang bebas. Jika ingin memilih jalan yan sepi, maka akan banyak pengalaman yang Anda lihat dengan menyusuri gang kecil menuju kantor Anda.

27. Kendaraan Yang Dapat Menghemat Waktu
Bagi yang belum terbiasa bersepeda, tentu untuk menempuh jarak seratus kilometer saja terasa lambat. Namun jika sudah terbiasa dan mampu mengatur kayuhan, maka akan cepat. Ketika Anda sedang terburu-buru menuju ke sebuah tempat dan mendapati jalanan macet, maka tdak perlu khawatir jika dengan sepeda. Waktu Anda jauh akan lebih cepat dari yang diduga.

28. Mendukung Gerakan Go Green
Dengan Anda mau bersepeda, maka Anda mendukung gerakan Go Green. Anda ikut menyelamatkan bumi yang sudah semakin panas. Walaupun baru sedikit yang melakukan gerakan Go Green, namun jika Anda konsisten melakukannya, maka ada orang lain yang terinspirasi dari Anda.

29. Kendaraan Yang Ramah Lingkungan
Jika bersepeda, Anda tidak perlu mengisi bahan bakar seperti bensin. Ketika dikayuh pun tidak akan ada asap kendaraan yang keluar. Sehingga lingkungan pun akan menajdi lebih bersih. Memilih bersepeda membuat lingkungan menuai manfaat. Karena sepeda adalah kendaraan ramah lingkungan.

30. Mudah Dalam Perawatan
Sepeda jarang sekali mengalami kerusakan. Dalam hal perawatan, sepeda termasuk mudah. Asalkan Anda setiap hari mengeceknya, maka sepeda akan baik-baik saja. Selama Anda gunakan untuk bersepeda, maka sepeda akan baik-baik saja. Namun paling tidak sebulan sekali harus Anda service.

31. Alat Transportasi Yang Ekonomis
Dengan membeli sepeda, maka manfaat yang akan Anda peroleh adalah ekonomis. Anda tetap dapat pergi kemana saja dengan sepeda. Membelinya pun berada di harga yang ekonomis.

32. Mudah Untuk Digunakan
Siapapun dapat belajar menggunakan sepeda. Sebagai kendaraan roda dua yang ringan, sepeda sangat mudah untuk dipelajari. Sehingga siapapun akan dapat menggunakan sepeda kemana saja.

33. Dapat Di Tempatkan Di Mana Saja
Walaupun parkir sepeda masih sangat jarang, namun di kota besar sudah mulai terdapat parkir untuk sepeda. Jika Anda mengunjungi tempat yang tidak terdapat parkir sepeda ketika bersepeda, maka tempatkan di pinggir dinding atau tempat yang memungkinkan sepeda berada dan mudah dalam pengawaan. Begitu juga ketika parkiran sedang macet, jika Anda bersepeda menuju tempat tersebut akan tetap dapat menemukan tempat untuk parkir sepeda Anda.

34. Olahraga Yang Murah Meriah
Melakukan olahraga sepeda, maka Anda telah memilih olahraga yang murah meriah. Anda cukup menggunakan sepeda dan gratis untuk memilih rute sepeda olahraga Anda.

35. Sepanjang Usia Bebas Bersepeda
Jika usia Anda saat ini dikatakan lanjut usia namun ingin bersepeda, maka bukan masalah. Anda tidak akan dilarang untuk bersepeda. Tidak ada kata usia di dalam bersepeda.

36. Olahraga Yang Fleksibel
Manfaat lain dari bersepeda adalah bebas dilakukan kapanpun. Anda bebas memilih waktu untuk bersepeda. Sehingga dapat dikatakan bahwa bersepeda sebagai olahraga yang dilakukan dengan fleksibel.

Jadi intinya, manfaat bersepeda itu sangat besar dan sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, untuk itu rutin lah bersepeda untuk mendapatkan kesehatan yang optimal.

Tapi ingat juga, segala sesuatu itu harus seimbang. Dan bersepeda jika dilakukan berlebihan juga menimbulkan efek samping. Apa saja itu?

Efek samping sepeda

1. Sepeda tidak dianjurkan bagi orang yeng memiliki masalah dengan sendi dan juga nyeri rematik.

2. Bersepeda diketahui bisa mempengaruhi kualitas dari sperma laki-laki, berdasarkan penelitian diketahui bersepeda lebih dari 5 jam dalam satu minggu bisa membuat 31-40 persen laki-laki memiliki jumlah sperma di bawah normal.

3. Gerakan berulang yang dilakukan saat bersepeda bisa menyebabkan masalah pada lutut, hal ini terjadi jika ada peningkatan dalam intensitas, jarak yang terlalu cepat penggunaan sadel yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

4. Jika suka menggunakan sepeda gunung maka cenderung berisiko mengalami masalah atau cedera tulang punggung, karena penggunaan sepeda gunung umumnya dilakukan dengan kecepatan tinggi dan jalur yang ekstrim.

5. Ada kemungkinan mengalami kesemutan penis akibat adanya iritasi pada batang penis karena menggunakan sadel yang terlalu lama dan disertai dengan suhu panas di sekitar penis saat mengayuh sepeda. (dukutip daro detik health)

Untuk mendapatkan manfaat yang baik dari olahraga bersepeda, para pegowes sebaiknya melengkapi dirinya dengan alat pelindung seperti helm dan juga masker, serta menghindari daerah-daerah yang ramai kendaraan bermotor untuk mengurangi paparan polusi.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih