Tuesday, April 24, 2018

Tips Merawat Kacamata Supaya Awet dan Mata Tetap Sehat

Buat pembaca yang berkacamata, kali ini kita akan berbagi beberapa tips bagaimana caranya merawat kacamata yang benar, supaya kacamata tetap awet.

Ohya, banyak orang yang punya kacamata mengeluhkan kacamata mereka cepat rusak, miring, tidak seimbang, karatan, lensa kabur dan sebagainya. Hal ini tentu saja menggangu penglihatan.

Lalu bagaimana cara merawat kacamata? Berikut tipsnya:

1. Gunakan kedua tangan ketika memasang dan membuka kacamata
Kalau Anda terbiasa memakai atau melepas kacamata dengan satu tangan, ada baiknya hentikan kebiasaan ini. Karena jika Anda melakukan hal tersebut, bentuk tangkai kacamata akan berubah, sehingga bisa mengganggu kenyamanan Anda dalam memakainya. Risikonya? Anda harus menyetel ulang.

Pastikan juga Anda tidak melakukan penyetelan ulang sendiri, karena akan berisiko tinggi merusak kacamata Anda.

2. Bersihkan secara rutin
Pastikan membersihkan kacamata secara rutin setiap kali Anda memakainya. Jangan gunakan tisu yang bisa merusak lensa. Gunakanlah kain khusus untuk kacamata, yaitu microfiber.

Jangan lupa juga gunakan pembersih khusus lensa kacamata. Jika tidak ada, bersihkan kacamata Anda dengan sabun dan dibilas dengan air yang mengalir.

Hindari membersihkan lensa kacamata dalam keadaan kering, agar tidak menggores lensa dan jangan menekannya terlalu keras.

Pembersihan kacamata secara rutin bisa menghindari penumpukan kotoran berupa minyak atau keringat di sekitar lensa kacamata. Minyak atau keringat tersebut ternyata mampu merusak lapisan lensa dan menimbulkan korosi di frame kacamata yang terbuat dari metal.
Jika Anda punya waktu, bersihkan kacamata di optik tepercaya, setidaknya seminggu sekali.

3. Hindari meletakkan di atas kepala
Gaya sih boleh, tapi ingat, kebiasaan ini bisa merusak kacamata. Anda termasuk wanita yang sering melakukan ini? Well, mulai sekarang hindari juga kebiasaan ini.

Meletakkan kacamata di atas kepala seperti mengenakan bando malah akan membuat banyak gesekan pada lensa kacamata. Kebiasaan tersebut juga sama buruknya jika Anda memilih menyangkutkan gagang kacamata di saku kemeja, karena hal itu bisa merusak lensa kacamata.

Pastikan untuk melindungi kacamata dari semprotan minyak wangi, hairspray dan bahan kimia lain.

4. Simpan kacamata dengan rapi
Ketika Anda tidak menggunakan kacamata, pastikan jangan menaruhnya di sembarang tempat. Simpan kacamata dengan rapi di kotak kacamata yang disediakan oleh optik. Selain bisa menghindarkan kacamata dari debu dan kotoran, menyimpan kacamata di dalam kotak khusus bisa melindungi lensa kacamata dari goresan.

5. Jauhkan kacamata dari suhu panas
Cara merawat kacamata minus selanjutnya adalah menempatkan kacamata disuhu ruangan. Jangan sekali kali menyimpan kacamata baik didapur maupun tempat panas lainnya karena lensa bisa mudah retak.

6. Lakukan kontrol ke optik
Selanjutnya, lakukan kontrol secara rutin minimal 2-3 bulan sekali ke optik untuk mengetahui masalah yang ada pada kacamata kamu sekaligus melakukan servis. Kamu juga harus mengetahui cara menggunakan kacamata yang benar itu bagaimana supaya kacamata tidak mudah bengkok ataupun patah langsung melalui penjaga optiknya.

Hubungi dokter spesialis mata jika pengelihatan berubah meskipun sudah menggunakan kacamata
Tips tambahan seputar cara merawat kacamata minus adalah segera mendatangi dokter mata khusus supaya kamu tahu apa penyebab keadaan mata kamu berubah. Karena seiring pertambahan waktu minus bisa bertambah ataupun mungkin bisa berkurang sehingga kamu harus mengganti lensa kacamata secara berkala.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih