Saturday, August 22, 2015

4 Macam Tingkatan Rezeki Yang Diberikan Allah Swt Kepada Hamba-Nya

Berdasarkan tadabbur ayat-ayat al-Qur'an, para ulama menyimpulkan bahwa ada 4 cara Allah memberi rezeki kepada setiap makhluk-Nya, yaitu sebagai berikut:

Rezeki Tingkat Pertama.
Yaitu, rezeki yang djamin oleh Allah. Dalam hal ini, Allah Swt memberikan rezki kepada seluruh makhluk yang Dia ciptakan. Bahkan, orang kafir sekalipun tetap Ia beri.

Allah Swt berfirman:

"Tidak ada suatu mahlukpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rezekinya:.  (QS Huud [11]: 6).

Allah memberikan kesehatan, makan, minum untuk seluruh makhluk hidup di dunia ini, tak pandang apakah makhluknya itu ingkar atau kufur sekalipun kepada-Nya. Ini adalah rezeki dasar yang terendah. Karena itu, jangan kita heran melihat orang kafir juga mendapatkan harta melimpah, jabatan lain sebagainya.

Rezeki Tingkat Kedua.
Rezki berdasarkan usaha. Dalam al-Qur'an Allah Swt berfirman:

"Tidaklah manusia mendapat apa2, kecuali apa yang telah diusahakannya". (QS An-Najm [53]: 39).

Allah akan memberikan rezeki sesuai dgn apa yang kita kerjakan. Jika kita bekerja 3 jam, maka kita dapat hasil yang 3 jam.  Jika bekerja lebih lama, lebih berilmu, lebih sungguh2, maka kita akan mendapat lebih banyak, apakah orang muslim atau bukan.

Rezeki Tingkat Ketiga.
Rezeki Allah kepada mereka yang disayangi-Nya. Mereka dikasihi Allah karena mereka bersyukur. Allah Set berfirman:

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu". (QS Ibrahim [14]: 7).

Inilah rezeki yang disayang Allah. Orang-orang yang pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih sayang Allah dan mendapat rezeki yang lebih banyak.

Itulah janji Allah, hanya orang yang pandai bersyukurlah yang dapat hidup bahagia dan sejahtera dipercayai menerima jenis rezeki yang ini.

Rezeki Tingkat Keempat.
Inilah tingkatan rezeki yang paling tinggi, yang hanya untuk orang-orang yang kepada mereka yang istimewa, yaitu mereka yang beriman dan bertaqwa.

Allah Swt berfirman:

"Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yg tiada di-sangka2nya.  Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.  Sesungguhnya Allah melaksanakan semua urusan (yang dikehendaki-Nya). Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu". (QS Ath-Thalaq [65]: 2-3).

Rezeki yang ke-4 ini adalah rezeki yang istimewa, tidak semua orang bisa meraihnya. Orang istimewa ini (muttaqun) adalah orang yang benar2 dicintai & dipercaya oleh Allah untuk memakmurkan atau mengatur kekayaan Allah di bumi ini.

Lantas, di tingkat berapakah posisi kita dalam masalah rizqi ini,cuma Allah dan diri kita yang tahu.

Selamat menjemput rezeki. Semoga Allah meneguhkan kekuatan dan iman kita untuk bisa istiqomah berupaya menjadi orang bertaqwa,  yang Allah percayai menerima segala rezekiNya untuk kemaslahatan seluas-luas masyarakat disekitar kita. Aamiin.
loading...

1 comment:

  1. Terima kasih atas informasi tentang tingkatan rezekinya...

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih