Thursday, November 15, 2018

Cara Mudah Belanja Transaksi Online di AliExpress Lewat Doku di ALFAMART

Di era globalisasi sekarang ini, kehadiran ecommerce makin dibutuhkan, dan sekaligus membuat konsumen memiliki banyak pilihan dalam berbelanja.

Selain adanya situs-situs ecommerce maupun marketplace lokal seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, MatahariMall, dan Lazada Indonesia, pilihan masyarakat akan semakin beragam dengan adanya situs Aliexpress Indonesia.

Seperti yang diketahui, Aliexpress merupakan anak perusahaan Alibaba yang menjual produk-produk dari negeri Tirai Bambu. Keunggulan produk-produk di sana adalah, harganya yang murah dan kualitasnya yang bagus.

Karena memiliki banyak kelebihan, banyak orang yang ingin tahu cara berbelanja di situs Aliexpress, akan tetapi mereka terkendala dengan metode pembayaran. Ada yang tidak punya kartu kredit, aku Paypal juga ngga ada, jadi bingung kan? (baca juga postingan sebelumnya tnetang : Cara belanja di AliExpress dengan Webmoney)

Nah, tapi tahukah bahwa anda tak perlu punya semua itu? sebab pembayaran Aliexpress bisa dilakukan melalui Alfamart atau Alfamidi yang ada di samping rumah anda?

Apabila bisa, lantas bagaimana cara membeli barang di Aliexpress dengan pembayaran via Alfamart?

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini cara berbelanja di Aliexpress dengan pembayaran melalui Alfamart:

1. Pilih barang yang anda inginkan dengan mengetik nama produk di kotak pencarian yang tersedia.

2. Jika anda membeli 1 barang saja, silahkan pilih tulisan 'Buy Now' di bagian bawah dari produk pilihan anda. Apabila anda ingin membeli lebih dari 1 barang, silahkan pilih tulisan 'Add to Cart', kemudian cari lagi barang lainnya yang ingin anda beli.

3. Setelah anda memilih barang yang akan anda beli, selanjutnya anda akan diarahkan ke laman review belanja sekaligus pengisian alamat anda. Pastikan anda mengisi alamat dengan lengkap dan teliti (jangan sampai salah tulis), karena apabila keliru sedikit saja -- produk tak akan sampai ke tangan anda.

4. Silahkan pilih jasa pengiriman yang diinginkan. Direkomendasikan agar anda memilih Free Shipping via AliExpress Standard Shipping, karena anda tak akan dikenakan biaya tambahan selain harga barang yang tertera di situs. Namun metode pengiriman ini memiliki kekurangan, yakni memakan waktu yang lumayan lama hingga sampai ke tempat tujuan (kisaran 20 - 35 hari).

5. Setelah anda memilih opsi pengiriman, selanjutnya anda akan diminta memilih metode pembayaran yang tersedia di Aliexpress. Sesuai judul artikel (cara berbelanja di Aliexpress tanpa kartu kredit), maka opsi yang dipilih bukan kartu kredit -- melainkan melalui DOKU Payment.

6. Cara memilih DOKU Payment, silahkan ceklist "Other payment methods" pada opsi "Payment Method", kemudian ceklist pada kolom "I agree to disclose my email address to this member", lalu akhiri dengan mengklik tombol "Confirm & Pay".

7. Selanjutnya, anda akan diminta memasukan ID DOKU beserta Passwordnya. Pastikan anda sudah mendaftar dan memiliki ID DOKU.


8. Kemudian pilih Minimart Klik Get Payment Code , Maka akan muncul kode pembayaran. Kode pembayaran yang muncul segera dicatat dengan benar. Sebab kode tersebut digunakan dalam proses pembayaran di Alfamart. Catatan:

- Kode pembayaran hanya memiliki masa aktif 5 hari setelah pembelian online. Jika lewat dari tenggat waktu tersebut, maka pembelian dibatalkan.

- Pembayaran di Aliexpress menggunakan metode via Alfamart ini memiliki limit 2 juta per transaksi.

Untuk diketahui, estimasi pengiriman barang dari luar negeri adalah selama sekitar 14-30 hari.

9. Berikut ini langkah-langkah pembayaran di kasir Via Alfarmart:

  • Silakan anda datangi gerai Alfarmat terdekat, atau gerai yang masih berada di bawah naungan ALFA Group seperti alfamidi dan Alfa Express.

  • Katakan ke kasir Alfamart kalau anda ingin bayar belanja lewat DOKU Wallet. Maka kasir akan menanyakan nama toko online dan meminta kode pembayaran.
  • Kasir akan menginput kode pembayaran yang anda berikan, kemudian ia akan menyebutkan nominal harga yang harus anda bayar (total belanja + biaya admin Alfamart). Silahkan bayar sesuai nominal yang diminta.
  • Simpan struk bukti pembayaran yang diberikan kasir kalau sewaktu-waktu dibutuhkan.

Itulah dia penjelasan singkat tentang cara berbelanja (membeli barang) di Aliexpress dengan pembayaran via Alfamart.

Semoga pemaparan di atas bermanfaat, khususnya bagi anda yang ingin membeli produk di Aliexpress -- namun tak memiliki kartu kredit.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih