Wednesday, January 30, 2019

Qana'ah Pangkal Kebahagiaan

Diriwayatkan dari Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

قد أفلح من أسلم ورزق كفافا وقنعه الله بما آتاهُ

Artinya:
Sungguh beruntung orang yang berislam, ia diberi rizqi secukupnya, dan Allah menganugerahkannya sifat qana’ah dengan apa yang diberikan kepadanya.” (HR. Muslim 2423)

Para Ulama menjelaskan qana'ah adalah merasa puas dan ridha dengan rizqi yang Allah berikan. Semakin kokoh keimanan seseorang kepada Allah maka ia akan semakin qana'ah.

Sifat qana'ah dapat mendatangkan keberuntungan karena akan menjauhkan seseorang dari meminta-minta, kehinaan dan perilaku yang dapat mengurangi wibawa. Qana'ah juga akan menyelamatkan seseorang dari fitnah dunia, kesombongan dan sikap melampaui batas. Ia tidak latah mengikuti apa yang orang punya. Orang yang qana'ah juga akan bekerja cerdas bukan bekerja keras sehingga tidak mudah mengorbankan prinsip-prinsip agama.

Begitu istimewanya sifat qana'ah ini sampai para Ulama berkata orang yang qana'ah adalah orang yang paling kaya. Pasalnya tak sedikit orang yang lahiriyahnya kaya secara materi, akan tetapi miskin secara batin. Inilah yang dimaksud oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

"Kekayaan itu sejatinya bukan karena banyaknya harta, akan tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kaya hati." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Maka orang yang qana'ah sekalipun kelihatannya sederhana ia adalah orang yang paling kaya.
وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

[Ust. Amirah]
loading...

2 comments:

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih