Wednesday, January 6, 2016

Penderita Maag Kronis? Sembuhkan Dengan Konsumsi 5 Buah-buahan Ini....!

Banyak orang yang meremehkan penyakit maag, dan menganggap maag sebagai gejala sakit perut biasa. Padahal, efek yang ditimbulkan olah maag cukup berbahaya dan dapat memicu terjadinya stress atau depresi.

Karena itu, penting kiranya mengonsumsi  beberapa jenis makanan berikut ini untuk mengurangi gejala sakit maag yaitu heartburn (rasa panas di dada), mual, muntah dan nyeri perut. Konsumsi makanan sehat dengan porsi yang kecil secara teratur lebih baik dibandingkan makan besar 3 kali dalam sehari. Makanan yang memicu pengeluaran asam lambung seperti makanan pedas, berlemak dan makanan yang belum matang, harus benar-benar dihindari.

Beberapa makanan sebenarnya juga bermanfaat untuk membasmi penyakit maag, misalnya saja jengkol atau jering, akan tetapi masalahnya makanan yang punya bau khas ini tidak disukai sebagian orang.

Penderita gastritis sebaiknya mengonsumsi buah dan sayuran segar dalam jumlah banyak. Jenis buah yang dipilih dengan tingkat keasaman yang rendah. Jeruk, lemon, jeruk bali dan sejenisnya, sebaiknya dihindari karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Beberapa buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu menjaga bahkan menurunkan kadar asam lambung.

1. Pisang
Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya yang lembut. Pisang mengandung kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan ph di dalam lambung. Kandungan potasium yang tinggi juga mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stress. Tapi ada beberapa kasus justru dapat memperburuk, karena tidak semua gangguan asam lambung cocok diobati oleh pisang. Jika sudah mencoba dan ternyata gagal sebaiknya segera dihentikan.

2. Semangka
Buah yang mengandung banyak air ini banyak mengandung citrulline asam amino yang membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Anomia berguna dalam menjaga tingkat asam dalam tubuh.

3. Pepaya
Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang meningkatkan sistem pencernaan.
Walaupun rasanya asam, namun buah ini sangat bersahabat dengan penderita maag. Itu karena kandungan asam asetat dan asam askorbatnya yang bisa berfungsi sebagai obat penyakit lambung.

4. Mangga
Selain mempunyai rasa yang enak dan manis, mangga juga merupakan buah sehat yang kaya akan nutrisi dan juga merupakan anti oksidan dan anti inflamasi/peradangan alami. Mengonsumsi buah mangga menjaga lapisan perut tetap dingin dan bebas dari asam.

5. Kelapa
Air kelapa terdiri dari banyak enzim bioaktif alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroxidase, dan RNA polimerase. Secara keseluruhan enzim ini membantu memperlancar sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Air kelapa merupakan obat alami yang efektif untuk mengendalikan intensitas refluks asam yang bisa memicu penyakit maag. Minum air kelapa secara rutin bisa mencegah masalah pada lambung yang memicu tarjadinya sakit maag

Oh ya, satu lagi. bagi yang ingin terhindar dari sakit maag, biasakanlah untuk berpuasa dan tidak tidur setelah makan. Oke...!
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih