Kata Mutiara Tokoh-tokoh Dunia Tentang Keluarga

Sempatkan beberapa menit membaca postingan ini. Mudah-mudahan membuka kesadaran kita semua akan arti penting sebuah keluarga.

"The family is one of nature’s masterpieces."
"Keluarga adalah salah satu mahakarya alam."
~ George Santayana

"I don’t care how poor a man is; if he has family, he’s rich."
"Saya tidak peduli seberapa miskinnya seorang manusia , jika dia memiliki keluarga, berarti dia kaya."
~ Dan Wilcox and Thad Mumford

"Having a place to go, is a home. Having someone to love, is a family. Having both, is a blessing"
"Punya sebuah tempat untuk pergi, itu adalah sebuah rumah. Punya seseorang yang dicintai, itu adalah keluarga. Punya keduanya, itu adalah sebuah berkah."
~ Donna Hedges

"You don’t choose your family. They are God’s gift to you, as you are to them."
"Anda tidak memilih keluarga Anda. Mereka adalah karunia Tuhan untuk Anda, seperti hal nya Anda untuk Mereka."
~ Desmond Tutu

"The family is a heaven in a heartless world."
"Keluarga adalah surga di sebuah dunia yang kejam."
~ Christopher Lasch

"No one's family is normal. Normalcy is a lie invented by advertising agencies to make the rest of us feel inferior."
"Tidak ada keluarga yang normal (sempurna). Kenormalan (kesempurnaan) adalah kebohongan yang diciptakan oleh biro iklan untuk membuat kita semua merasa rendah diri."

~ Claire LaZebnik

"Is this what family is like: the feeling that everyone’s connected, that with one piece missing, the whole thing’s broken.
"Seperti inilah keluarga : perasaan yang terhubung pada masing-masing orang , jika satu bagian hilang, maka hancurlah semuanya."
~ Trenton Lee Stewart


"Family is not an important thing, it's everything !!."
"Keluarga bukanlah hal yang penting , tapi segalanya !!."
~ Michael J. Fox

Waspadalah! Suka Berpakaian Ketat Ternyata Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan... !

Tidak main-main, ini peringatan bagi para wanita yang suka berpakaian ketat! Ya, memakai pakaian ketat memang digandrungi sebagian wanita, terutama gadis-gadis muda yang senang memperlihatkan keindahan lekuk tubuh mereka.

Bagi wanita muslimah, sebaiknya anda merenungi hal ini! Selain terlarang secara agama, ternyata berpakain ketat menimbulkan bahaya kesehatan yang luar biasa!.

Ini kesimpulan medik ilmiah yang menakutkan. Berikut beberapa efek buruk berpakaian ketat bagi wanita ditinjau dari aspek kesehatan:

1. Pakaian Ketat sebabkan Penyakit Paresthesia
Dr Malvinder Parmar dari Timmins & District Hospital, Ontario, Kanada, baru-baru ini menyatakan bahwa celana ketat sepinggul berpeluang menimbulkan penyakit paresthesia.

Istilah paresthesia sendiri, menurut Kamus Kedokteran Dorland, berarti perasaan sakit atau abnormal seperti kesemutan, rasa panas seperti terbakar dan sejenisnya. Dalam tulisannya di Canadian Medical Association Journal, Parmar mengakui, setahun terakhir ini kedatangan cukup banyak pasien yang bisa dikategorikan sebagai korban paresthesia.

Dia sudah mengobati sedikitnya tiga wanita berusia 22-35 tahun yang mengeluhkan rasa panas dan gatal di sekitar paha. Gangguan saraf ringan itu terjadi lantaran mereka suka sekali memakai celana ketat sebatas pinggul, setidaknya dalam enam bulan terakhir.

Hasil penelitian Parmar menunjukkan, kelainan itu menjadi permanen selama celana ketat sepinggul melilit di tubuh. Itu sebabnya Parmar menyarankan menjauhi segala macam pakaian ketat selama terapi.

Menurut spesialis saraf RSCM Jakarta, sebagai gangguan saraf, paresthesia gampang dikenali gejalanya berupa kesemutan yang lama-kelamaan berubah menjadi mati rasa.

Kesemutan terjadi lantaran terganggunya saraf tepi, yakni saraf yang berada di luar jaringan otak di sekujur tubuh. Umumnya karena tertekan, infeksi, maupun gangguan metabolisme.

2. Ancaman Jamur
Menurut dr Kusmarinah Bramono Sp.KK, spesialis kulit dan kelamin RSCM, pada dasarnya semua jenis pakaian ketat berpotensi menimbulkan tiga macam gangguan kulit baik itu sebatas pinggul maupun di atas pinggul.

Hal itu disebabkan masalah kelembaban yang memungkinkan jamur subur berkembang biak.

Belakangan ini, pasien korban jamur yang berobat ke Klinik Kulit dan Kelamin RSCM meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sepanjang tahun 2002, sekitar 35 persen pasien terbukti kena serangan jamur. Usia mereka berkisar 15 – 45 tahun. Meski tak semuanya berhubungan dengan kebiasaan berbusana, tetapi kecenderungan meningkatnya jamur sebagai sumber penyakit kulit mesti diwaspadai.

Idealnya, di negara tropis seperti Indonesia, pakaian ketat atau terlalu tebal memang harus dihindari.

Kulit menjadi kekurangan ruang untuk “bernapas”, sementara cairan yang keluar dari tubuh cukup banyak. Akibatnya, permukaan kulit menjadi lembab.

Jika tak diimbangi busana yang tepat, jamur akan lebih mudah beranak pinak. Jenis jamur yang banyak ditemui adalah jamur panu (bercak putih, cokelat, atau kemerahan), jamur kurap dengan bintik menonjol gatal, serta jamur kandida yang basah dan gatal.

3. Bekas Hitam
Sesuai namanya, gejala gatal dan beruntusan yang menjadi trade mark sang dermatitis hanya muncul bila terjadi gesekan antara kulit dengan benda dari luar tubuh.

Benda asing yang berpotensi gesek tinggi tidak hanya benda keras, semisal: perhiasan, jam tangan, atau ikat pinggang. Busana sehari-hari, jika terlalu ketat menempel di tubuh, atau terbuat dari bahan berkontur kasar juga dapat memicu luka.

Celana ketat terutama berpengaruh pada kondisi kulit di sela-sela paha. Awalnya mungkin cuma radang ringan. Tetapi, kalau prosesnya berlangsung lama, bisa menimbulkan bercak hitam di pangkal paha. Jika si pemilik tubuh insaf dan menjauhkan diri dari busana ketat, warna hitam tadi mungkin saja berkurang atau hilang sama sekali.

Proses menghilangkan noda hitam itu tak bisa dilakukan secepat membalik telapak tangan. Jenis penyakit kulit lain yang biasa menghinggapi pemakai celana ketat adalah biduran atau kaligata. Bentuknya bentol-bentol mirip bekas gigitan ulat bulu.

Tingkat keparahannya mulai bentol sebesar biji jagung hingga bibir bengkak. Biduran bisa muncul di bagian tubuh mana pun. Berdasarkan pengamatan Kusmarinah, banyak pasien tidak menyadari, biduran dapat juga disebabkan oleh tekanan serta ketatnya pakaian.

4. Kanker Ganas Melanoma
Penelitian ilmiah kontemporer telah menemukan bahwasanya perempuan berpakaian ketat atau transparan, berpotensi mengalami berbagai penyakit kanker ganas melanoma di sekujur tubuh yang terbuka.

Kanker Melanoma adalah kanker kulit yang sangat berbahaya, dan kanker ini biasanya di mulai dengan tanda hitam pada kulit, atau tahi lalat.

Tahi lalat adalah kumpulan sel pigmen abnormal (melanosit ) yang muncul pada kulit Dan penyakit ini terkadang mengenai seluruh tubuh dengan kadar yang berbeda-beda.

Gejala dari kanker ini adalah munculnya bulatan berwarna hitam agak lebar dan terkadang berupa bulatan kecil saja, pada daerah kaki atau betis, atau bisa di sekitar mata kemudian menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Penyebaran bulatan ini disertai pertumbuhan di daerah-daerah yang biasa terlihat, pertautan limpa (daerah di atas paha), menyerang darah, dan menetap di hati dan merusaknya.

Dalam beberapa kasus kanker milanoma juga menyerang tulang, bagian dalam dada dan perut. Kanker ini juga menyerang ginjal, Jika ginjal sudah rusak air kencing akan berwarna hitam. Janin juga tidak luput dari serangan kanker milanoma ini.

Orang yang menderita kanker ganas ini tidak akan hidup lama, karena belum di temukan obat yang benar benar mampu menyembuhkan kanker ganas ini.

5. Kemandulan
Ini yang paling berbahaya! Pakaian ketat dapat menyebabkan kemandulan pada wanita. Pada cuaca dingin, pakaian ketat tidak berfungsi menjaga suhu tubuh dari serangan hawa dingin. Suhu yang terlalu dingin jelas dapat membahayakan kondisi rahim (Al-Istanbuli, 2006).

Jadi, sebagai wanita sudah selayaknya kita kembali mengidahkan hukum aga,a, selalu menutup aurat sesuai syariat, bukan sekedar membalutnya lalu mempertontonkan keindahannya. 

Apakah Batu Akik Wajib Dizakatkan...?

Demam batu akik masih melanda sebagian besar masyarakat Indonesia. Meski tak seramai awal tahun 2015 lalu, namun bisnis batu mulia ini belum lesu dan masih diminati banyak pecintanya [baca lagi: cara membedakan batu akik asli dan palsu]

Soal harga, memang dikabarkan ada sedikit penurunan karena dipengaruhi daya beli masyarakat yang menurun di awal era pemerintahan yang baru ini. Namun demikian, kita akan tetap menemukan harga-harga akik yang fantastis dari ratusan ribu hingga milyaran rupiah.

Nah, beberapa waktu lalu kita pernah membahas soal batu akik dalam pandangan Islam. Kali ini, kita akan bahas tentang: apakah batu akik wajib dizakatkan? sebab banyak di antara batu akik tersebut yang harganya lebih mahal dari emas.

Pada dasarnya, para ulama berbeda pendapa tentang zakat akik. Beritut perinciannya:

Pertama, Mayoritas ulama – hanafiyah, malikiyah, dan syafi’iyah – berpendapat bahwa akik tidak wajib dizakati. Karena akik hanya batu. Sebagaimana bebatuan lainnya tidak wajib dizakati, akik juga tidak wajib dizakati. Kecuali jika akik ini diperjual-belikan. Ketika akik ini diperjual belikan, maka akik masuk zakat barang dagangan.

Dalam Ensiklopedi Fiqh dinyatakan,

ذهب جمهور الفقهاء – الحنفية والمالكية، والشافعية – إلى أنه لا زكاة في العقيق كسائر الجواهر إلا أن تكون للتجارة؛ لقول النبي صلى الله عليه وسلم: لا زكاة في حجر.

Mayoritas ulama – hanafiyah, malikiyah, dan syafiiyah – berpendapat, tidak ada zakat untuk akik, sebagaimana umumnya bebatuan lainnya. Kecuali jika diperdagangkan. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Tidak ada zakat untuk batu.” (al-Mausu’ah al-Fiqhiyah, 30/274).

Hadis yang menyatakan ‘Tidak ada zakat untuk batu’ diriwayatkan Ibnu Adi dalam al-Kamil (5/1681), dan statusnya tidak sah, karena ada perawi yang majhul (tidak dikenal).

Kedua, pendapat dalam mazhab hambali, yang mana mereka menggolongkan akik sebagai bagian dari barang tambang (Ma’adin). Sehingga wajib dizakati sebagaimana barang tambang lainnya.

Ibnu Qudamah mengatakan,

صفة المعدن الذي يتعلق به وجوب الزكاة هو كل ما خرج من الأرض مما يخلق فيها من غيرها مما له قيمة كالحديد والياقوت والزبرجد والعقيق

Ciri barang tambang yang wajib dizakati adalah semua yang keluar dari bumi, yang terbentuk dari endapan unsur lain, yang memiliki nilai. Seperti besi, yaqut (permata nilam), Aquamarine, dan akik. (al-Mughni, 2/615).

Diantara dalil yang mendukung pendapat ini adalah firman Allah,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu.” (QS. al-Baqarah: 267).

Dan kalimat, “apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu” mencakup batu akik.

Demikian pula hadis dari hadis dari Bilal al-Muzanni, beliau mengatakan,

أن رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أخذ في المعادن القَبلية الصدقة

Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengambil zakat dari hasil tambang dari berbagai kabilah.” (Dishahihkan al-Hakim, 1/404 dan disetujui ad-Dzahabi).

Jika kita mengambil pendapat mayoritas ulama, maka akik tidak wajib dizakati, kecuali jika akik ini diperjual belikan. Sementara akik untuk dimiliki pribadi, tidak wajib dizakati.

Demikian sekilas tentang hukum zakat batu akik. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Begini Bentuk Gorong-Gorong di Jepang... !!!

Apa yang kamu fikirkan ketika mendengar kata gorong-gorong? Tempat yang kotor? Bau? Banyak sampah? Ya, barangkali itu di negeri kita.

Tapi bagaimana kalau di Jepang? Gambar-gambar di bawah ini akan membuat kamu punya paradigma lain tentang yang namanya gorong-gorong.

Sebuah proyek gorong-gorong di Jepang di bangun dimulai tahun 1992 dan selesai pada awal 2009. Fasilitas ini terdiri dari lima silo penahanan beton dengan ketinggian 65 m (213 ft) dan diameter 32 m (104 ft). Silo silo ini dihubungkan oleh terowongan sepanjang 6,3 km (4 mil), yang berada pada 50 m (164 ft) di bawah permukaan tanah. Ada juga sebuah tangki air besar dengan tinggi 25,4 m (83 kaki), panjang 177 m (581 ft), dan lebar 78 m (256 ft). Ada 59 pilar besar terhubung ke sejumlah pompa 10 MW yang bisa memompa hingga 200 ton air ke Sungai Edogawa per detik.

Berikut gambar-gambarnya: