Bahaya Tidur Di Pagi Hari Setelah Subuh

“Dalam kitabnya Zaadul Ma'ad, Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyyah mengatakan bahwasanya orang yang tidur di pagi hari akan ... ”

Thursday, December 8, 2016

Balada NEGERI TANPA AYAH...!

1▶Jika memiliki anak sudah ngaku-ngaku jadi AYAH, maka sama anehnya dengan orang yang punya bola ngaku-ngaku jadi pemain bola.

2▶AYAH itu gelar untuk lelaki yang mau dan pandai mengasuh anak bukan sekedar `membuat` anak.

3▶Jika AYAH mau terlibat mengasuh anak bersama ibu, maka separuh permasalahan negeri ini teratasi.

4▶AYAH yang tugasnya cuma ngasih uang, menyamakan dirinya dengan mesinATM. Didatangi saat anak butuh saja.

5▶Akibat hilangnya fungsi tarbiyah dari AYAH, maka banyak AYAH yang tidak tahu kapan anak lelakinya pertama kali mimpi basah.

6▶Sementara anak dituntut sholat shubuh padahal ia dalam keadaan junub. Sholatnya tidak sah. Dimana tanggung jawab AYAH?

7▶Jika ada anak durhaka, tentu ada juga AYAH durhaka. Ini istilah dari Umar bin Khattab.

8▶AYAH durhaka bukan yang bisa dikutuk jadi batu oleh anaknya. Tetapi AYAH yang menuntut anaknya shalih dan shalihah namun tak memberikan hak anak di masa kecilnya.

9▶AYAH ingin dido’akan masuk surga oleh anaknya, tapi tak pernah berdo’a untuk anaknya.

10▶AYAH ingin dimuliakan oleh anaknya tapi tak mau memuliakan anaknya.

11▶Negeri ini hampir kehilangan AYAH. Semua pengajar anak di usia dini diisi oleh kaum ibu. Pantaslah negeri kita dicap fatherless country.

12▶Padahal keberanian, kemandirian dan ketegasan harus diajarkan di usia dini. Dimana AYAH sang pengajar utama?

13▶Dunia AYAH saat ini hanyalah Kotak. Yakni koran, televisi dan komputer. AYAH malu untuk mengasuh anak apalagi jika masih bayi.

14▶Banyak anak yang sudah merasa yatim sebelum waktunya sebab AYAH dirasakan tak hadir dalam kehidupannya.

15▶Semangat qur’an mengenai pengasuhan justru mengedepankan AYAH sebagai tokoh. Kita kenal Lukman, Ibrahim, Ya`qub, Imran. Mereka adalah contoh AYAH yang peduli.

16▶Ibnul Qoyyim dalam kitab tuhfatul maudud berkata, “Jika terjadi kerusakan pada anak penyebab utamanyaadalah AYAH”.

17▶Ingatlah! Seorang anak bernasab kepada AYAH-nya bukan ibu. Nasab yang merujuk pada anak menunjukkan kepada siapa Allah memintapertanggungjawaban kelak.

18▶RasuluLLAH yang mulia sejak kecil ditinggal mati oleh AYAH-nya. Tapi nilai-nilai ke-AYAH-an tak pernah hilang didapat dari sosok kakek dan pamannya.

19▶Nabi Ibrahim adalah AYAH yang super sibuk. Jarang pulang. Tapi dia tetapbisa mengasuh anak meski dari jauh. Terbukti 2 anaknya menjadi Nabi.

20▶Generasi sahabat menjadi generasi gemilang karena AYAH amat terlibat dalam mengasuh anak bersama ibu. Mereka digelari umat terbaik.

21▶Di dalam quran ternyata terdapat 17 dialog pengasuhan. 14 diantaranya yaitu antara AYAH dan anak. Ternyata AYAH lebih banyak disebut.

22▶Mari ajak AYAH untuk terlibat dalam pengasuhan baik di rumah, sekolah dan masjid.

23▶Harus ada sosok AYAH yang mau jadi guru TK dan TPA. Agar anak kita belajar kisah Umar yang tegas secara benar dan tepat. Bukan ibu yang berkisahtapi AYAH!

24▶AYAH pengasuh harus hadir di masjid. Agar anak merasa tentram berlama-lama di dalamnya. Bukan was-was atau merasa terancam dengan hardikan.

25▶Jadikan anak terhormat di masjid. Agar ia menjadi generasi masjid.Dan AYAH yang membantunya merasa nyaman di masjid.

26▶Ibu memang madrasah pertama seorang anak. Dan AYAH yang menjadi kepala sekolahnya.

27▶AYAH kepala sekolah bertugas menentukan visi pengasuhan bagi anak sekaligus mengevaluasinya. Selain juga membuat nyaman suasana sekolah yakni ibunya.

28▶Jika AYAH hanya mengurusi TV rusak, keran hilang, genteng bocor di dalam rumah, ini bukan AYAH `kepala sekolah` tapi AYAH `penjaga sekolah`.

29▶Ibarat burung yang punya dua sayap. Anak membutuhkan kedua-duanyauntuk terbang tinggi ke angkasa. Kedua sayap itu adalah AYAH dan ibunya.

30▶Ibu mengasah kepekaan rasa, AYAH memberi makna terhadap logika. Kedua-duanya dibutuhkan oleh anak.

31▶Jika ibu tak ada, anak jadi kering cinta. Jika AYAH tak ada, anak takpunya kecerdasan logika.

33▶AYAH mengajarkan anak menjadi pemimpin yang tegas. Ibu membimbingnya menjadi pemimpin yang peduli.

Tolong sebarkan pada ayah dan calon ayah. Semoga bermanfaat ...
loading...

Wednesday, December 7, 2016

Nanas, Antiobiotik Terbaik Dari Alam

Rasanya mani-manis asam dan disukai banyak orang, biasa disantap sebagai buah segar atau diolah jadi panganan. Di beberapa daerah, nanas biasa dimasak sebagai sayur gulai asam.

Buah nanas mudah ditemukan dipasaran, bahkan tersedia sepanjang tahun ini  Harganya yang sangat terjangkau, sekaligus menjadi pilihan buah terbaik terutama bagi masyarakat yang tinggal diwilayah tropis.

Tapi tahukah anda, selain sebagai panganan, ternayta nanas juga berfungsi sebagai antibiotik. Para ilmuwan menemukan fakta bahwa di dalam buah nanas terdapat enzim yang bisa melawan bakteri bandel yang cukup kebal terhadap obat. Bakteri seperti itu diperkirakan bisa membunuh 10 juta orang pada 2050.

Para ilmuwan di Australia tersebut menemukan, enzim yang terdapat dalam nanas bisa mengatasi diare pada babi. Penemuan itu sangat penting mengingat manusia dan babi memiliki fisiologi dan anatomi serupa.

Para dokter berharap enzim tersebut bisa menjadi senjata tambahan dalam hal memerangi bakteri dalam tubuh manusia. Rob Pike, ahli biokimia di Universitas Melbourne, Australia, menyatakan bahwa enzim yang digunakan untuk mengobati babi itu kemungkinan juga bisa digunakan oleh manusia.

Tak seperti antibiotik yang menyasar bakteri, tiga jenis enzim yang terkandung dalam nanas beraktivitas dalam usus babi membuat bakteri tersebut sulit menempel pada sel-sel usus dan menghentikan diare yang sedang terjadi. "Saya percaya penemuan ini akan menjadi cara baru untuk mengobati diare," kata Profesor Pike kepada Daily Mail.

Enzim yang disebut bromelain itu pertama kali ditemukan pada era 1930-an. Namun kualitas antibiotik enzim itu baru diketahui 30 tahun lalu. Menurut Pike, penemuan itu juga menjadi momentum untuk mengembangkan antibiotik alternatif karena makin banyak orang yang tidak percaya lagi kepada kemanjuran antibiotik sehingga perlu dicari penggantinya.

Manfaat buan Nanas untuk Kesehatan

Nah, tidak sampai di situ, ternyata buah nanas juga kaya manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut beragam khasiat dan manfaat buah nanas bagi kesehatan:
  • Mengandung tinggi Vitamin dan mineral Tinggi 
  • Mengandung vitamin A dan manfaat beta-karoten, bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula, mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. 
  • Sarat dengan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan, penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh, menghancurkan radikal bebas, melawan pilek, flu dan virus, menjaga gusi sehat, dan melindungi terhadap penyakit periodontal dan kanker mulut. 
  • Mendukung sintesis kolagen, dan menjaga kesehatan pembuluh darah. 
  • Mengandung Vitamin B1 (Thiamin) untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, memperkuat otot, dan meningkatkan fungsi sistem saraf yang tepat. 
  • Mengandung Fosfor yang bermanfaat mempromosikan tulang dan gigi yang kuat, menghentikan perkembangan osteoporosis. 
  • Merngandung Kalium untuk mengatur tekanan darah dan mendukung fungsi ginjal. 
  • Mangan, yaitu mineral penting tidak bisa dibuat oleh tubuh juga ditemukan dalam buah nanas . Mangan mendukung perkembangan dan fungsi tulang, mempercepat penyembuhan luka, mendukung kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menstabilkan gula darah untuk mencegah diabetes dan gangguan metabolisme.
Meski begitu, bagi para ibu hamil agar berhati-hati dan tidak dianjurkan mengkonsumsi buah ini dalam porsi banyak. Buah nanas mengandung bromelian, yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang tidak boleh dimakan Ibu Hamil
loading...

[Kisah Inspiratif]: Kebeningan Hati dan Kaca Yang Buram

Sepasang suami istri muda menempati rumah di sebuah komplek perumahan.

Suatu pagi sambil sarapan, si istri menatap keluar melalui jendela kaca dan melihat tetangganya sedang menjemur baju.

Lalu si Istri berkata kepada suaminya :

"Lihat Pa... Cuciannya kelihatan kurang bersih ya, Sepertinya dia tidak tahu cara mencuci pakaian dengan benar, Mungkin dia perlu sabun cuci yang lebih bagus."

Suaminya menoleh, tetapi hanya diam dan tidak memberi komentar apapun.

Sejak hari itu setiap tetangganya menjemur baju, selalu saja si istri memberikan komentar yang sama tentang kurang bersihnya si tetangga mencuci bajunya.

Seminggu berlalu... dipagi yang sama si istri heran melihat pakaian-pakaian yang dijemur tetangganya terlihat bersih cemerlang.

Lalu si istri berkata kepada suaminya :

"Lihat Pa... sepertinya dia telah belajar bagaimana cara mencuci dengan benar, pagi ini baju cuciannya telah bersih, mungkin dia melihat hasil cucianku yang bersih".

Lalu si suami berkata :

"Ma.. Papa bangun lebih pagi hari ini untuk membersihkan jendela kaca kita".

si isteri terkejut dan sangat malu mendengar jawaban suaminya,
dia malu telah mencerca tetangganya selama ini tidak bersih mencuci baju padahal kaca jendelanya yang kotor.

dan begitulah kehidupan...

Apa yang kita lihat pada saat menilai orang lain tergantung kepada kejernihan pikiran kita.
Lewat jendela mana kita memandangnya, jika kaca jendela yang kita pakai kotor sudah pasti apa yang kita lihat didepan akan kotor juga.

Jika HATI kita bersih, maka bersih pula PIKIRAN kita.
Jika PIKIRAN kita bersih, maka bersih pula PERKATAAN kita.
Jika PERKATAAN kita bersih, maka bersih pula PERBUATAN kita.

Hati, pikiran, perkataan dan perbuatan kita mencerminkan hidup kita.
Itulah sebabnya orang tua kita selalu berpesan : "jaga hati, pikiran, perkataan dan perbuatan"

Yaahh... Selayaknya kita menjaga itu, sebab seburuk apapun baju yang kita  pakai tidak akan melukai orang lain, tapi lidah dan sudut pandang  yang kotor dapat melukai bahkan menghancurkan orang lain.

Lalu... Apakah kaca jendela kita sudah bersih hari ini ?

Semoga illustrasi ini bermanfaat untuk kita semua...
loading...

Perbedaan Antara Karomah Para Wali dan Kahanah Perdukukan

Terkadang, antara karomah dan kahanan terlihat sama dalam pandangan manusia, keduanya sama-sama berupa peristiwa yang menakjubkan di luar kebiasaan yang ada.

Karomah berasal dari karunia Allah Swt bagi hamba yang dicintai-Nya, sedangkan kahanah berasal dari setan.

Nah, bagaimana cara membedakannya? Syaikh As Sa'di berkata:

وشرط كونها كرامة أن يكون من جرت على يده هذه الكرامة مستقيمًا على الإيمان ومتابعة الشريعة ، فإن كان خلاف ذلك فالجاري على يده من الخوارق يكون من الأحوال الشيطانية

"Syarat dikatakan karomah adalah ia terjadi pada orang yang lurus imannya dan mengikuti syariat. Jika tidak demikian maka keajaiban yang terjadi padanya adalah dari setan" (Tanbihat Al Lathifah, 107).

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin juga menjelaskan:

والكرامة موجودة من قبل الرسول ومن بعد الرسول إلى يوم القيامة ، تكون على يد ولي صالح ، إذا عرفنا أن هذا الرجل الذي جاءت هذه الكرامة على يده هو رجل مستقيم قائم بحق الله وحق العباد عرفنا أنها كرامة . وينظر في الرجل فإذا جاءت هذه الكرامة من كاهن – يعني : من رجل غير مستقيم - عرفنا أنها من الشياطين ، والشياطين تعين بني آدم لأغراضها أحياناً

"Karomah sudah ada sebelum diutusnya Rasulullah dan tetap ada sepeninggal beliau hingga hari kiamat. Karomah terjadi pada seorang wali yang shalih. Jika orang yang terjadi karomah pada dirinya kita ketahui ia adalah orang yang lurus agamanya, menjalankan hak-hak Allah, dan menjalankan hak-hak hamba, maka kita ketahui itu adalah karomah.

Dan kita lihat seksama pada orang tersebut, jika karomah tersebut terjadi pada seorang dukun, yaitu orang yang tidak lurus agamanya, maka kita ketahui ia adalah dari setan. Setan terkadang membantu manusia untuk melancarkan tujuan-tujuan setan" (Liqa Baabil Maftuh, 8/84).
loading...

Tuesday, December 6, 2016

Download Kalender 2017 Gambar Aksi Bela Islam III 212 PDF dan JPG Lengkap Dengan Hari Libur

Bagi yang berminat, silakan download kalender tahun 2017 dengan gambar aksi bela Islam III 212, lengkap dengan tanggal merah hari libur nasional.

Kalender tersedia dalam format gambar JPG maupun PDF.



Download Kalender Aksi Bela Islam III 212 Format PDF
loading...

Harta, Cobaan Terberat Bagi Umat Islam...

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ فِتْنَةً وَفِتْنَةُ أُمَّتِى الْمَالُ

Sesungguhnya bagi setiap umat ada cobaan, dan cobaan bagi umatku adalah harta.” [HR. At-Tirmidzi dari Ka’ab bin ‘Iyadh radhiyallahu ’anhu, Ash-Shahihah: 592]

Beberapa_Pelajaran:

1) Hadits yang mulia ini memperingatkan agar berhati-hati dari berbagai kenikmatan dan kemewahan dunia yang dapat melalaikan manusia dari mengingat Allah ta’ala dan membuat lupa kenikmatan yang hakiki di akhirat kelak.

➡ Al-Imam Al-Mubarakfuri rahimahullah berkata,

أَيْ اللَّهْوُ بِهِ لِأَنَّهُ يُشْغِلُ الْبَالَ عَنْ الْقِيَامِ بِالطَّاعَةِ وَيُنْسِي الْآخِرَةَ

Makna cobaan dunia adalah bersenang-senang dengan kenikmatan dunia, karena ia dapat menyibukkan diri dari melakukan ketaatan dan membuat lupa akhirat.” [Tuhfatul Ahwadzi, 6/121]

✅2) Mengapa harta adalah cobaan yang berat dan perlu diperingatkan?

➡ Al-‘Allamah Ali Al-Qoori rahimahullah berkata,

لِأَنَّهُ جَامِعٌ لِحُصُولِ الْمَنَالِ وَمَانِعٌ عَنْ كَمَالِ الْمَآلِ

“Karena harta sanggup mengumpulkan segala keinginan dunia, namun bisa jadi penghalang untuk meraih kenikmatan yang sempurna di akhirat.” [Al-Mirqoh, 8/3252]

3) Dalam hadits yang mulia ini juga terkandung perintah hidup zuhud, lebih mementingkan akhirat dan menjadikan nikmat harta yang Allah anugerahkan untuk beribadah kepada-Nya, bukan malah bermaksiat kepada-Nya.

➡ Asy-Syaikh Ibnul ‘Utsaimin rahimahullah berkata,

والحاصل أن الإنسان ينبغي له أن يكون زهداً في الدنيا، راغباً في الآخرة، وأن الله إذا رزقه مالاً فليجعله عوناً على طاعة الله، وليجعل الدنيا في يده لا في قلبه، حتى يربح بالدنيا والآخرة

“Walhasil, sepatutnya manusia hidup zuhud di dunia dan lebih mementingkan akhirat. Apabila Allah memberi rezeki harta kepadanya maka hendaklah ia jadikan sebagai sarana untuk taat kepada Allah, dan hendaklah ia jadikan dunia di tangannya bukan di hatinya, agar ia meraih kesuksesan di dunia dan akhirat.” [Syarhu Riyadhis Shaalihin, 3/376]

✅4) Nikmat kekayaan harta pada hakikatnya, hanyalah yang kita gunakan untuk taat kepada Allah ta’ala dan bersedekah di jalan-Nya, karena hanya itulah yang akan bermanfaat di masa depan yang hakiki, yaitu di kehidupan akhirat. Adapun harta yang digunakan untuk bermaksiat kepada Allah ta’ala, berbuat sia-sia dan berlaku boros, hanya akan menjadi bencana bagi pemiliknya.

➡ Asy-Syaikh Ibnul ‘Utsaimin rahimahullah berkata,

فالإنسان ما لَه إلا هذه الأشياء، إما أن يأكل طعاماً وشراباً، وإما أن يلبس من أنواع اللباس، وإما أن يتصدق، والباقي له هو ما يتصدق به، أما ما يأكله ويلبسه؛ فإن كان يستعين به على طاعة الله؛ كان خيراً له، وإن كان يستعين به على معصية الله وعلى الأشر والبطر؛ كان محنة عليه والعياذ بالله والله الموفق

Manusia tidaklah mendapatkan bagian dari hartanya kecuali tiga perkara ini:

☑ Pertama: Apakah yang ia makan dan minum,

☑ Kedua: Ataukah yang ia kenakan dari berbagai macam jenis pakaian,

☑ Ketiga: Ataukah yang ia sedekahkan.

Dan yang akan terus menemaninya hanyalah harta yang ia sedekahkan. Adapun yang ia makan dan kenakan; apabila ia gunakan sebagai sarana untuk taat kepada Allah, maka harta itu adalah kebaikan baginya, namun apabila ia gunakan sebagai sarana untuk bermaksiat kepada Allah serta untuk berbangga-bangga dan menyombongkan diri, maka harta itu adalah bencana atasnya. Hanya kepada Allah kita mohon perlindungan, dan hanya Allah yang memberikan taufiq.” [Syarhu Riyadhis Shaalihin, 3/376]
loading...