Penderita Maag Kronis? Coba Sembuhkan Dengan Konsumsi 5 buah-buahan ini...

Penderita maag atau gastritis sebaiknya mengonsumsi buah dan sayuran segar dalam jumlah banyak. Jenis buah yang dipilih dengan tingkat keasaman yang rendah;

Friday, January 20, 2017

Hati-hati !!! Ini Yang Harus Kamu Lakukan Jika Freon AC Bocor....

Pernah mengalami AC di rumah rusak? Lalu ketika dipanggil tukang benerin AC, si tukang bilang kalau Freon-nya kurang! Habis itu, kamu ditawari supaya Freon diisi ulang...

Nah, untuk diketahui, Freon termasuk teknologi bandel yang tak perlu di isi ulang dan tidak akan pernah habis selama tidak ada kebocoran. Apalagi jika AC yang anda beli adalah AC baru dan belum lama umurnya dan dari merk terkenal (you know lah)

Maka kecil kemungkinan terjadi kebocoran dimaksud. Jadi, ketika Tukang AC mengatakan freon anda kurang itu cuma akal akalan aja untuk mencari nyari tambahan (lumayan 75 ribu). AC zaman sekarang itu bandel-bandel, sangat awet, cuma perlu di cuci aja tiap 6 bulan sekali (50 ribu).

Justru kalau AC anda divonis kurang freon, padahal AC anda dari merk terkenal, belum lama umurnya, baru beli; itu sama aja menuduh AC anda gampang rusak. Kalau usia AC nya udah jadul banget, beli di zaman 70-an boleh lah ngomong freon kurang. Tapi kalo AC jaman sekarang kecil kemungkinan bocor freon.

Kesimpulannya, jika tukang AC ngomong freon anda kurang, abaikan saja. Kecuali anda yakin usia AC anda sudah sangat tua dan memang curiga freon nya bocor, maka AC nya harus di copot dan dibawa ke gudang mereka untuk di las atau ditambal, bukannya isi ulang freon.
Jadi, Freon bocor solusinya ditambal, bukan isi ulang freon nya!
Nah, barangkali tips di bawah ini juga beguna bagi anda:

Banyak pemilik AC kurang mengetahui prosedur perawatan AC, banyak yang bertanya:  berapa lama sekali AC harus diservice? Berapa lama sekali AC harus ditambah freon?

Dari banyaknya pertanyaan tersebut diajukan oleh pengguna AC, maka perlu kiranya membocorkan rahasia yang dipendam teknisi puluhan tahun dan yang di sembunyikan dari para pengguna AC. Rahasia dan trik-trik yang dipendam dan disembunyikan para teknisi selama puluhan tahun dari konsumen adalah:
1. AC tidak perlu ditambah freon walaupun sudah dipakai 4-5th selama tidak terjadi kebocoran pada pipa AC. (trik yang dipakai teknisi akan pura2 menambah freon AC anda) 
2. AC tidak dingin belum tentu freonnya kurang bisa jadi AC sudah kotor, tp banyak konsumen berpikir kalau AC kurang dingin harus ditambah freon. 
3. Indoor AC bocor/netes air bukan berarti AC kurang freon tetapi disebabkan AC kotor/ada saluran pembuangan yang mampet. 
4. Posisi remot salah akan menyebabkan AC tidak dingin, dimana posisi remat yang benar harus dalam posisi cool atau lambang *. 
5. menakuti-nakuti konsumen dengan menceritakan hal-hal yang negatif, bila alat ini tidak diganti bisa menyebabkan kerusakan lebih parah pada AC dll. 
6. selektiflah didalam memilih teknisi AC, pililah tempat usahanya yang anda ketahui dan yang jujur. (belum tentu teknisi yang anda pakai sekarang telah jujur).
Tip merawat AC agar tidak cepat rusak dan menghemat biaya perawatan AC adalah:

  1. Service AC secara ruti 3 bulan sekali, jangan ac sudah tidak dingin baru di service. (mencegah lebih baik dari pada mengobati).
  2. AC harus dinyalakan paling tidak 1/2 jam dalam seminggu, walaupun ac jarang digunakan.
  3. Suhu pada remot AC disetel sesuai dengan suhu yang diinginkan.
  4. bila pada pipa AC ada bunga es dan AC tidak dingin, Ac segera dimatikan karna ada kebocoran pada pipa AC. (supaya tidak menyebabkan compresor rusak).
  5. Telpon telnisi AC bila AC anda bermasalah.
  6. Penipuan timbul bukan niat dari pelakunya tapi karna kurangnya informasi :D
loading...

Ketika Jibril Menceritakan Tentang Gambaran Neraka Jahannam

Yazid Ar raqqasyi dari Anas bin Malik ra. berkata: Jibril datang kepada Rasulullah pada waktu yang ia tidak biasa datang dalam keadaan berubah mukanya, maka ditanya oleh Rasululah Saw:

"Mengapa aku melihat Engkau berubah muka (wajah)?"

Jawabnya: "Ya Muhammad, aku datang kepadamu di saat Allah menyuruh supaya dikobarkan penyalaan api neraka, maka tidak layak bagi orang yang mengetahui bahwa neraka Jahannam itu benar, siksa kubur itu benar, dan siksa Allah itu terbesar untuk bersuka-suka sebelum ia merasa aman daripadanya".

Lalu Rasullulah Saw bersabda:

"Ya Jibril, jelaskan padaku sifat Jahannam".

Jawabnya:
"Ya. Ketika Allah menjadikan Jahannam, maka dinyalakan selama 1000 tahun sehingga merah, kemudian dilanjutkan 1000 tahun sehingga putih, kemudian 1000 tahun sehingga hitam, lalu menjadi hitam gelap, tidak pernah padam nyala dan baranya.
Demi Allah, andaikan terbuka sebesar lubang jarum niscaya akan dapat membakar semua penduduk dunia karena panasnya.
Demi Allah, andaikan satu baju ahli neraka itu digantung di antara langit dan bumi niscaya akan mati penduduk bumi karena panas dan basinya.
Demi Allah, andaikan satu pergelangan dari rantai yang disebut dalam Al-Quran itu diletakkan di atas bukit, niscaya akan cair sampai ke bawah bumi yg ke-7.
Demi Allah, andaikan seorang di ujung barat tersiksa, niscaya akan terbakar orang-orang yang di ujung timur karena sangat panasnya.
Jahannam itu sangat dalam, perhiasannya besi dan minumannya air panas bercampur nanah, dan pakaiannya adalah potongan-potongan api.
Api neraka itu ada 7 pintu, jarak antar pintu sejauh 70 tahun, dan tiap pintu panasnya 70 kali dari pintu yang lain".
Rasulullah Saw meminta Jibril untuk menjelaskan satu per satu mengenai pintu-pintu neraka tersebut.

Dan Jibril AS pun menjelaskannya :

♨Pintu pertama dinamakan Hawiyah (arti harfiahnya: jurang), yang diperuntukkan bagi kaum munafik dan kafir (selain Islam).

♨Pintu ke-2 dinamakan Jahim, yang diperuntukkan bagi kaum musyrikin;

♨Pintu ke-3 dinamakan Saqar, yang diperuntukkan bagi kaum shobiin atau penyembah api;

♨Pintu ke-4 dinamakan Ladha, diperuntukkan bagi iblis dan para pengikutnya;

♨Pintu ke-5 dinamakan Huthomah (artinya: menghancurkan hingga berkeping-keping), diperuntukkan bagi kaum Yahudi;

♨Pintu ke-6 dinamakan Sa'ir (arti harfiahnya: api yang menyala-nyala), diperuntukkan bagi kaum kafir.

Lalu Rasulullah SAW  bertanya: "Bagaimana dengan pintu ke 7?"

Sejenak malaikat Jibril seperti ragu untuk menyampaikan siapa yang akan menghuni pintu ketujuh.

Akan tetapi Rasulullah Saw mendesaknya sehingga akhirnya Malaikat Jibril mengatakan :

"Pintu ke-7 diperuntukkan bagi umatmu yang berdosa besar dan meninggal sebelum mereka mengucapkan kata taubat".

Mendengar penjelasan yang mengagetkan itu, Rasulullah Saw pun langsung pingsan, Jibril lalu meletakkan kepala Rasulullah Saw di pangkuannya sehingga sadar kembali dan sesudah sadar beliau bersabda:

"Ya Jibril, sungguh besar kerisauan dan sangat sedihku, apakah ada seorang dari umat ku yang akan masuk ke dalam neraka?"

Jawabnya: "Ya, yaitu orang yg berdosa besar dari umatmu."

Nabi Muhammad lalu menangis, Jibrail pun ikut menangis.

Kemudian nabi saw langsung masuk ke dalam rumahnya dan tidak keluar kecuali untuk sembahyang.

Setelah kejadian itu, beliau tidak berbicara dengan siapapun selama beberapa hari, dan ketika sholat Beliau pun menangis dengan tangisan yang sangat memilukan.

Karena tangisannya ini, semua sahabat ikut menangis, kemudian mereka bertanya:

“Mengapa beliau begitu berduka?”

Namun beliau tidak menjawab.

Sayyidah Fathimah az-Zahra melihat beliau karena tangisan yang tiada henti.

Wajah Nabi menjadi pucat dan pipinya menjadi cekung.

Sebagaimana yang diceritakan oleh Kasyfi, bahwa bumi tempat beliau duduk telah basah dengan air mata.

Sayyidah Fathimah RA berkata kepada Baginda Nabi SAW, "semoga hidupku menjadi tebusanmu, mengapa Ayahanda menangis?”

Nabi saw menjawab:

“Ya Fathimah, mengapa aku tidak boleh menangis?

Karena sesungguhnya Jibril telah menyampaikan kepadaku sebuah ayat yang menggambarkan kondisi neraka.

Neraka itu mempunyai 7 pintu, dan pintu-pintunya mempunyai 70.000 celah api. Pada setiap celah ada 70.000 peti mati dari api, dan setiap peti berisi 70.000 jenis azab".

Setelah mendengar ucapan tersebut, para sahabat Nabi menangis dan meratap, "Derita perjalanan alam akhirat sangat jauh, sedangkan perbekalan sangat sedikit".

Semoga bisa bermanfaat untuk mengetuk hati kita paling dalam, agar kita sama-sama mempersiapkan diri sedini mungkin dlm menghadapi edisi hidup lanjutan setelah mati nanti....

Sehingga kita dapat  dijauhkan dan diselamatkan serta diberikan belas kasihan Allah SWT...

Aamiin Yaa Allah...3x
Aamin Yaa Robbal 'Alamiin...
loading...

Sahabat... Tolong Bawa Aku Ke Surga...

Sebuah tulisan menggugah yang banyak tersebar di WhatsApp:

Ketika mengunjungi seorang teman yang sedang kritis sakitnya, dia menggenggam erat tanganku, lalu menarik ke mukanya, dan membisikkan sesuatu...

Dalam airmata berlinang dan ucapan yang terbata-bata dia berkata,

"Bila kamu tidak melihat aku di surga, tolong tanya kepada Allah di mana aku, tolonglah aku ketika itu..."

Dia langsung terisak menangis, lalu aku memeluknya dan meletakkan mukaku di bahunya. Aku pun berbisik,

"Insyaa Allah, insyaa Allah, aku juga mohon kepadamu jika kamu juga tidak melihatku di surga..."

Kami pun menangis bersama, entah berapa lama...

Ketika saya meninggalkan Rumah Sakit, saya terkenang akan pesan beliau...

Sebenarnya pesan itu pernah disampaikan oleh seorang ulama besar, Ibnu Jauzi, yang berkata pada sahabatnya sambil menangis:

"Jika kamu tidak menemui aku di surga bersama kamu, maka tolonglah tanya kepada Allah tentang aku: 'Wahai Rabb kami, si fulan sewaktu di dunia selalu mengingatkan kami tentang Engkau, maka masukkanlah dia bersama kami di surga."

Ibnu Jauzi berpesan begitu bersandar pada sebuah hadits:
Apabila penghuni surga telah masuk ke dalam surga lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat mereka yang selalu bersama mereka dahulu di dunia, maka mereka pun bertanya kepada Allah: 'Ya Rabb! kami tidak melihat sahabat-sahabat kami yang sewaktu di dunia shalat bersama kami, puasa bersama kami dan berjuang bersama kami...'"Maka Allah berfirman, "Pergilah ke neraka, lalu keluarkanlah sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman, walau hanya sebesar zarrah."(Ibnu Mubarak dalam kitab Az Zuhd)

Wahai sahabat-sahabatku...

Di dalam bersahabat, pilih lah mereka yang bisa membantu kita, bukan hanya ikatan di dunia, tetapi juga hingga akhirat.

Carilah sahabat² yang senantiasa berbuat amal sholeh, yang shalat berjamaah, berpuasa dan sentiasa berpesan agar meningkatkan keimanan, serta berjuang untuk menegakkan agama Islam.

Carilah teman yang mengajak ke majelis ilmu, mengajak berbuat kebaikan, bersama untuk kerja kebajikan, serta selalu berpesan dengan kebenaran.

Teman yang dicari karena urusan niaga, pekerjaan, atau teman nonton bola, teman memancing, teman bershopping, teman FB untuk bercerita hal politik, teman whatsapp untuk menceritakan hal dunia, akan berpisah pada garis kematian dan masing² hanya akan membawa diri sendiri.
Tetapi teman yang bertakwa, akan mencari kita untuk bersama ke surga...
Simaklah diri, apakah ada teman yang seperti ini dalam kehidupan kita, atau mungkin yang ada lebih buruk dari kita...

Ayo... berubah sekarang, kurangi waktu dengan teman yang hanya condong pada dunia, carilah teman yang membawa kita bersama ke surga, karena kita tidak bisa mengharapkan pahala ibadah kita saja untuk masuk surganya Allah.

Perbanyak lah ikhtiar, semoga satu darinya akan tersangkut, dan membawa kita ke pintu surga...

Al-Hasan Al-Bashri berkata:

"Perbanyak lah sahabat-sahabat mukminmu, karena mereka memiliki syafa'at pada hari kiamat.”

Pejamkan mata, berfikir lah...
Siapa kiranya di antara sahabat-sahabat kita yang akan mencari dan mengajak kita ber-sama² ke surga??

Jika tidak, mulai lah hari ini mencari teman ke surga sebagai suatu misi pribadi.

Baarakallahu fiikum.

***
loading...

Thursday, January 19, 2017

Test Of Minang Language As A Foreign Language (TOMAFL)

Kini ko sagalo harago naiak... bensin naiak, bareh naiak, gulo naiak, uang kuliah naiak...

Ciek harago diri yang turun kini nyo!! Yo ndak, sanak? Caliaklah, urang kini ndak ado malu lai manjua harago diri demi pitih.. keceknyo, kalau luruih-luruih bana zaman kini ko bisa ndak makan!

Naah... dari pado paniang kapalo mamikiakan harago naiak, rancak kito bagarah sabanta. 

Tau ndak sanak? Zaman kini ko awak harus menguasai bahasa Asing.. zaman serba sertifikat.. .contohnyo: kalau niio melamar karajo kini harus punyo sertifikat TOEFL... jan-jan bisuak kalau nio melamar anak gadih pun harus punyo sertifikat TMJ (tando masih bujang)... hehehe...

dek bitu, baa kalau kito buek pulo : 
Test of Minang Language As A Foreign Language atau disingkek : TOMAFL

Supayo tahu kito, yo lai sabana urang awak sanak ko...? Haaa.... Kok iyo santiang, co jawek soal ko yo!!


1. Jatuah tasanduang aka batang kayu katiko bajalan?
Tatilungkuik
Takalipek
Tatilantang
Tapalantiang

2. Jatuah dek kaki masuak ka selo2 lantai nan tabuek dari bambu katiko bajalan di rumah pangguang?
Tapuruak
Takapik
Tajilangkang
Tajilapak

3. katiko bajalan, indak maliek ado janjang dimuko mato, hilang kasaimbangan 2-3 langkah sudah tu tajatuah?
Talangkang
Tasanduang
Tatungkuik
Tajurambab

4. Tukang bareh sadang maangkuik bareh, ado lubang ketek di ujuang karuang, mako jatuah bareh dari karuang disabuik?
Jatuah badarai
Boco aluih
Taserak
Marano

5. Katiko manyubarang anak sungai nan dihubuangkan jo duo batang bambu, tibo-tibo di tangah-tangah hilang kasaimbangan, tajatuah ka kali. Apo namonyo kok lai tau?
Taambin
Ta aram
One Mandeee
Tagalincia

6. Kiper manahan bola jatuah, ditahan jo tangan sudah tu takilia disabuik?
Tapalikuak
Talendo
Tagurabeh
Sakik bana

7. Anak ketek jalan di tapi kolam, nampak dek nyo ado antu lalu, dek takajuik jatuahnyo ka kolam, disabuik?
Kanai sapo
Dilarikan urang bunian
Ditampa setan
Dikajuik an antu bulawu

8. Katiko mamanjek batang kayu, jatuah, tapi masih sempat mamacik rantiang2 sblm jatuah ke tanah, disabuik?
Tahampeh
Tagurabai
Tasialia
Tagalincia

9. Di saku ado kalereang. Ruponyo saku tu bolong, kalereang jatuah ciek ciek sampai abih, jatuahnyo kelereang disabuik?
Manggalindiang
Mangalicok
Cigin nyo
Maluncua

10. Kalau wak paniang manjawek, disabuik?
Paniang den
Ndak abeh di den
Sakik utan den
Baputa-puta palo den


Tulis jawaban sanak di Komentar!
loading...

Mengenal Gejala Penyakit Wasir / Ambeien, Serta Bebera Cara Pengobatannya Secara Herbal dan Alami

stadium penyakit wasir
Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh manusia adalah wasir, atau dalam bahasa lain dikenal juga dengan nama Ambeien. Kata 'wasir' sendiri berasal dari Bahasa Arab yang juga bermakna penyakit wasir.

Umumnya, penyakit yang sangat mengganggu ini banyak menimpa orang yang menghabiskan banyak waktu lama untuk  duduk di depan meja seperti pegawai kantoran. Tentunya ambeien atau wasir akan menurunkan kinerja kita, sangat menyebelkan bukan?.

Dalam dunia  medis, ambeien adalah pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah di anus atau bibir anus.

Ambeien sendiri dikelompokkan dalam dua macam yaitu wasir internal dan eksternal. Karena beda jenisnya, gejala yang ditimbulkan juga berbeda. Pada wambeien intrnal, biasanya menderita tidak akan merasakan nyeri dan hal ini terjadi bersamaan dengan pendarahan rektum. Sebaliknya, rasa nyeri akan dirasakan oleh penderita ambeien eksternal. Pada penderita ambeien eksternal juga akan mengalami pembengkakan pada daerah anus.


Penyebab, Gejala Dan Tanda Tanda Sakit Wasir Atau Ambeien
Penyebab ambeien sebenarnya belum diketahui secara pasti oleh paramedis, tetapi berkembang isu di masyarakat bahwa ambeien disebabkan oleh beberapa hal, misalnya :

  • * Ada Penekanan aliran darah vena
  • * Bisa Juga Karena Faktor Keturunan
  • * Kurang Aktifitas dan berolahraga
  • * Memiliki Riwayat sembelit/konstipasi saat BAB
  • * Mengalam Sakit Diare Berkepanjangan
  • * Pekerjaanya Sering duduk seharian
  • * Perubahan hormon esterogen pada wanita hamil
  • * Pola makan yang Tidak Teratur ( pedas dan bersantan, minum alkohol dan soda )
  • * Sering Mengangkat Beban Berat
Beberapa Saran Untuk Penderita Wasir
Berikut ada beberap upaya dan terapi yang dapat dilakukan untuk mengobati wasir secara alamiah, di antaranya : 
  • Ambillah obat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Anda dapat mengambil tablet oral, krim oles atau supositoria anus. Pemberian gel lidah buaya (aloe vera) pada area dubur juga dapat membantu mengurangi peradangan. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan obat alami berbasis daun ungu (graptophyllum pictum) untuk melawan wasir. Daun ungu adalah tanaman yang berasal dari New Guinea dan Polinesia. Saponin, alkaloid, glikosida dan zat lain yang terkandung pada daun ungu dapat menghambat peradangan wasir dan membantu proses pencernaan yang membuat tinja lunak. Efek anti-inflamasi saponin cukup kuat untuk mengatasi wasir yang parah sekalipun. 
  • Bersihkan area dubur dengan baik setiap selesai buang air besar. Anda tidak perlu menggunakan sabun karena dapat meningkatkan iritasi. Untuk mengeringkan daerah sekitar wasir, Anda bisa menggunakan tisu lembut yang biasa digunakan untuk bayi. 
  • Kurangi rasa nyeri dengan duduk dalam air hangat (sitz bath) tiga atau empat kali sehari selama 10 sampai 15 menit. Anda juga dapat menerapkan kantung es atau kompres dingin pada daerah dubur selama sekitar sepuluh menit, tiga atau empat kali sehari untuk mengurangi pembengkakan pembuluh darah. Cegah atau kurangi sembelit. 
  • wasir eksternal
  • Pilihlah makanan tinggi serat (sayuran, buah-buahan dan biji-bijian) dan perbanyak minum. Hindari teh dan kopi untuk sementara. 
Beberapa Ramuan Herbal Untuk Mengobati Wasir
Selain pengobatan melalui metode medis modern, beberapa cara dan ramuan tradisiional telah dikenal oleh leluhur kita untuk mengobati penyakit wasir. di antaranya adalah:
  • Jeruk Nipis
Akar jeruk nipis 15-20 gram dan daun ungu segar 10-15 gram.  Cara pembuatan dan pemakaian mengobati wasir secara alami. Kedua bahan dicuci bersih, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Kemudian minum ½ gelas perhari. 
  • Daun Pegagan
Sediakan 50 gram pegagan segar berikut akarnya. Cuci bersih, rebus dalam 2 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari sampai sembuh 
  • Bayam
Ambil daun dan batang bayam duri segar secukupnya. Cuci bersih dan rebus sampai mendidih, kemudian angkat sayuran dari tempat perebusan. Uap yang keluar digunakan untuk menguapi wasir, sedangkan air rebusan yang masih hangat digunakan untuk merendam wasir. Ambil 20 gram daun duduk segar, cuci bersih, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari. 
  • Buah Makasar
Buah makasar biasa disebut juga amber merica, yaitu sejenis  adalah perdu tegak menahun yang tumbuh meliar di hutan. Tumbuhan ini pahit, dan biasa digunakan untuk obat, terutama untuk mencegah disentri, diare, dan malaria

Caranya: Ambil 7 butir buah makasar. Giling sampai halus, lalu masukkan ke dalam kapsul. Minum sekaligus.

Tapi perlu diwaspadai agar tidak menggunakan tanaman ini dalam jumlah banyak, sebab tanaman ini mengandung racun yang menyebabkan efek samping berbahaya terhadap tubuh, seperti sesak nafas, pusing, mencret dan lain sebagainya.
  • Daun Sosor Bebek
Ambil 25 gram daun sosor bebek segar. Cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas hingga bersisa separuhnya. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari sampai wasir sembuh. 
  • Kangkung
Ambil kangkung secukupnya, cuci bersih dan bubuhi dengan garam secukupnya. Lumatkan sampai halus. Bubuhkan campuran tersebut pada bagian yang sakit. 
  • Lidah Buaya
Aloe Vera atau lidah buaya dapat digunakan untuk  mengobati wasir dengan cara kapas dicelupkan ke dalam jus lidah buaya untuk membersihkan daerah anus. Cara ini dapat membantu menghentikan pendarahan dan infeksi.
  • Madu
Caranya dengan mengoleskan madu tersebut kemudian ditutup dengan perban untuk menghilangkan nyeri pada luka. Kira-kira 30 menit, nyeri pada luka akan hilang dan anda boleh membuka perban kemudian basuhlah dengan madu hangat.
  • Tape Singkong
Tape Singkong dapat anda konsumsi secara rutin 3x sehari, pilihlah tape yang sudah lembek karena tape singkong mengandung ragi, konon dapat menyehatkan pencernaan dan saluran pembuangan.
  • Pisang Ambon
Pisang Ambon, dengan cara diblender dengan tambahan satu gelas susu murni dan diminum rutin 3 x sehari selama satu minggu.
  • Daun Iler
Ambil 25 gram daun iler yang segar. Cuci sampai bersih lalu rebus dalam 2 gelas air mendidih, kira-kira selama 15 menit. Tambahkan 5 gram gula merah dan aduk rata. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus.

Hindari Pantangan Penyakit Wasir
Satu lagi yang perlu anda ingat, bagi anda yang sedang menderita wasir atau gejalanya, sedapat mungkin agar tidak mengkonsumsi Makanan Makanan yang dapat membuat gejala wasir anda semakin para, di antaranya  buah Salak, Santan dan olahanya, cabe pedas, makanan Asam, berlemak, minuman soda dan beralkohol.

Semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Yang Maha Kuasa. Amin
loading...

Wednesday, January 18, 2017

Kisah Penebang Kayu Bersama Burung Emas dan Burung Perak...

Ada seorang penebang kayu, setiap hari ke gunung mencari kayu bakar, hari demi hari berlalu, hidup dalam kesederhanaan.

Pada suatu hari, ketika penebang kayu naik ke gunung seperti biasa, ia melihat seekor burung perak yang terluka. Sekujur badan burung perak dibaluti dengan bulu berwarna perak yang gemerlap, dengan gembira sang penebang kayu berkata :

“Wah!Seumur hidup belum pernah saya melihat burung yang begitu indah!” Lalu, burung itu pun dibawa pulang olehnya, dan dengan telaten mengobati luka si burung perak.

Selama proses penyembuhan, burung perak selalu berkicau setiap hari untuk penebang kayu, sang penebang pun hidup dalam sukacita setiap hari.

Suatu hari, tetangga melihat burung perak penebang kayu, lalu memberitahu penebang kayu kalau ia pernah melihat burung emas. Burung emas jauh lebih indah ribuan kali daripada burung perak, selain itu juga kicauannya lebih merdu daripada burung perak. Mendengar itu, penebang kayu tampak merenung, ternyata ada burung emas ya!?

Sejak itu, pikiran penebang kayu hanya terpaku pada burung emas, tidak lagi mendengar kicauan burung perak yang jernih melengking, dan hari-hari yang dilewati pun semakin tidak bahagia. Suatu hari, si penebang kayu duduk di teras, memandangi mentari senja, sambil membayangkan seperti apakah indahnya burung emas itu ?

Saat itu, burung perak mulai sembuh dari lukanya, dan berencana hendak pergi. Burung perak terbang rendah menghampiri penebang kayu, lalu berkicau menyanyikan lagu terakhir untuk penebang kayu.

Usai mendengar kicauan burung perak, penebang kayu berkata dengan nada kecewa :

“Meskipun suaramu bagus, tapi tidak bisa dibandingkan dengan burung emas ; Mekipun bulu kamu indah, tapi tak seindah burung emas.”

Seusai bernyanyi, burung perak pamit sambil berputar tiga lingkaran di sisi penebang kayu, terbang menuju ke arah mentari senja.

Penebang kayu memandangi burung perak yang terbang menjauh, tiba-tiba ia melihat burung perak itu berubah menjadi burung emas yang indah di bawah temarat cahaya mentari senja!Ternyata burung emas yang dilihat tetangganya itu adalah burung perak di bawah pancaran sinar mentari senja! Burung emas yang diimpikannya itu ada di sana, tapi burung emas itu telah terbang jauh, jauh, semakin jauh, dan tidak akan pernah kembali lagi.

Orang-orang dekat Anda yang selalu memberikan perhatian untuk Anda itu mungkin adalah isteri, suami, teman, bawahan Anda dan sebagainya. Mungkin karena sudah lama selalu bersama, Anda telah melupakan kehadirannya, bahkan sudah menjadi biasa, atau bahkan seperti sang penebang kayu, ingin mencari seekor burung emas yang lebih bagus daripada burung perak.

Namun, ketika burung perak terbang menjauh, baru Anda sadari ternyata burung emas itu adalah burung perak yang setiap hari selalu berada di sisi anda.

Syukuri semua yang sudah Anda miliki, mudah-mudahan Anda tidak akan mengalami nasib seperti penebang kayu yang akhirnya menjadi penyesalan sepanjang hidupnya. 
loading...

Tuesday, January 17, 2017

Tips Menguatkan Hafalan... Amalkan Ilmu Yang Sudah Didapat...

Hafalan bagi penuntut ilmu sangat dibutuhkan. Ilmu di dalam hati tentu lebih baik dari ilmu dalam kitab.

Dengan hafalan Al Qur'an atau hadits, seorang penuntut ilmu dapat mengambil faedah di mana pun ia berada tanpa mesti memikul banyak kitab.

Di antara cara yang paling bagus untuk menguatkan hafalan adalah dengan mengamalkan ilmu yang telah dihafal.

 Sufyan Ats Tsauri berkata,
"Ilmu semakin kuat di benak jika diamalkan. Jika tidak, ilmu itu lambat laun akan hilang".

 Asy Sya'bi dan Waqi' berkata,
"Kami dimudahkan menghafalkan hadits dengan mengamalkannya".

Sebagian Ulama salaf mengatakan,
"Barangsiapa mengamalkan 1/10 dari ilmu yang ia ketahui, Allah akan mengajarkan apa yang ia tidak tahu".

Waqi' berkata,
"Jika engkau ingin mengamalkan hadits, maka amalkanlah".

Kenapa para Ulama menganjurkan seperti itu?

Karena mengamalkan ilmu lebih mengokohkan hafalan.

Lebih dari itu, mengamalkan ilmu akan semakin mendapat taufik oleh Allah pada ilmu lainnya, juga mengamalkannya semakin menolongnya membedakan antara yang benar dan yang keliru.

Allah Ta'ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا
"Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan (membedakan antara yang hak dan batil)". (QS. Al Anfal: 29)

وَالَّذِينَ اهْتَدَوْا زَادَهُمْ هُدًى وَآَتَاهُمْ تَقْوَاهُمْ
"Dan orang-orang yang mau menerima petunjuk, Allah menambah petunjuk kepada mereka dan memberikan balasan ketaqwaannya". (QS. Muhammad: 17)

Semoga Allah memudahkan kita dalam menuntut ilmu, amal dan dakwah.

Wallahu waliyyut taufiq.

Sumber:
Nasho-ihu Manhajiyyah lii Tholabi 'Ilmis Sunnah An Nabawiyah, karya Syaikh Syarif Hatim bin 'Arif Al 'Auni, hal. 75-76.
loading...

'Discount' Dalam Beramal

Jika jiwamu dalam kondisi berat melakukan ketaatan dan amal shaleh, maka berikanlah ia discount.

Jika ia sedang berat melakukan shalat malam, minimal niatnya tetap terpasang menjelang tidur. Maka engkau tidur dalam niat kebaikan. "Sesungguhnya setiap amal tergantung dengan niat...." (HR Bukhari Muslim dari Umar bin Khattab)

Jika ia belenggu tanganmu tuk bersedekah, minimal ia menahannya dari berbuat zhalim kepada orang lain. "Seorang muslim itu adalah yang orang lain selamat dari tangan dan lidahnya...." (HR Ahmad dari Abu Hurairah dishahihkan Albany)

Jika engkau tidak menyibukkan lidahmu berdzikir, minimal tahanlah ia dari ghibah. "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata baik, atau diam...." (HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

Jika engkau tak menjadi matahari yang bersinar terang, menerangi banyak orang untuk kebaikan, minimal engkau menjadi bulan purnama, tetap bercahaya karena dapat cahaya dan petunjuk dari orang lain. "Jadilah engkau orang 'alim, atau orang yang belajar, atau orang mendengarkannya, atau orang yang mencintainya. Janganlah engkau menjadi orang yang kelima, niscaya engkau akan celaka..." (HR Baihaqi, Al Bazzar dan Ath Tabrani)

Jika engkau tak mampu menjadi Abu Ubaidah yang kuat menumpas kemusyrikan dan kekafiran walaupun kepada ayahnya sendiri, minimal jangan menjadi ayahnya Abu Ubaidah yang mati dalam keadaan syirik dan kafir kepada Allah.

Jika engkau tak sanggup menjadi Mush’ab bin Umair yang istiqamah di jalan Allah sampai mati syahid, minimal jangan menjadi saudara kandungnya, yang hidup dalam kekafiran.

Jika engkau tak mampu menjadi orang sekaliber Abu Bakar dan Umar yang hidup mendampingi Rasulullah dan wafat juga mendampingi Rasulullah, minimal engkau sekelas seorang wanita tukang sapu Masjid Nabawi. Walaupun hanya tukang sapu masjid, tapi saat dia wafat dan Rasulullah saw tidak mengetahuinya, namun setelah itu Rasulullah saw mendatangi kuburannya dan melakukan shalat ghaib untuknya.

"Setiap amal shaleh ada puncaknya. Dan setiap puncak ada turunnya. Maka barang siapa yang menurunnya ke arah amalan sunnahku, sungguh dia beruntung. Dan barang siapa yang menurunnya ke arah selain itu sungguh dia telah celaka". (Hadits Shahih riwayat Ibnu Hibban dari Abdullah bin Amr).

Wallahu A'lam.
Disadur dari tulisan Ustads Irsyad

loading...

Monday, January 16, 2017

Download MP3 / Video Lagu IMAN [Ahmad Dhani] + Lirik HQ Audio

Lagu Iman gubahan Ahmad Dhani diakui banyak orang sangat menggugah dan penuh makna. Pilihan kata-kata dari lagu “IMAN” dinilai oleh publik sangat jauh berbeda dengan lagu-lagu beliau yang selama ini identik dengan lagu bertema Cinta.

Yang membuat semakin menarik adalah video klik lagu “IMAN” ini berlatar Aksi Bela Islam 212, Pasukan Muhammad Al Fatih saat menakhlukan Konstantinopel, Resolusi Jihad NU dan perlawanan rakyat Palestina .

Dikutip dari Tarbiyah[net], tidak sedikit netizen muslim yang mengaku salut dengan perubahan tersebut. Nah, bagi yang ingin mendownload lagu IMAN, silahkan didownaload pada link yang tersedia di bawah.



Berikut lirik Lagu IMAN ciptaan Ahmad Dani:


IMAN

Bila kebatilan merajalela
Bila kebenaran sulit ditegakkan
Kita hanya melihat
Dan terus membiarkan
Pasti sampai saatnya
Balasan akan tiba

Dan kitalah khalifah
Khalifah kebangkitan
Dan harus punya nyali
Menjunjung kebenaran
Hukum tumpul ke atas
Hanya tajam ke bawah
Bismillahi tawakkal
Sampai saatnya mati

Tak ada satu kekuatan selain kekuatan dari Allah
Dan tak ada daya upaya selain pertolongan Allah

Kita harus berani
Berani karena benar
Dan harus punya nyali
Nyali untuk mati
Matinya orang-orang yang selalu berjalan
Di atas jalan Allah
Kekal selamanya

Tak ada satu kekuatan selain kekuatan dari Allah
Dan tak ada daya upaya selain pertolongan Allah

Firaun dan Raja Namrud akhirnya pun mampus
Goliat sang raksasa akhirnya pun binasa
Tanamkan dalam jiwa
Allah bersama kita
Dan ucapkanlah takbir… Allahu akbar

Tak ada satu kekuatan selain kekuatan dari Allah
Dan tak ada daya upaya selain pertolongan Allah


loading...

Kata-kata Serapan Dalam Bahasa Indonesia Yang Diambil Dari Bahasa Arab

Tak dipungkiri, bahwa bahasa Indonesia atau Melayu sangat terpengaruh oleh Bahasa Arab. Menurut penelitian, kosakata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab sangat banyak. Jumlahnya diperkirakan mencapai 2000 - 3000 kata. Segaian kata-kata Arab ini masih utuh, dalam artian sama antara pengucapan lafal dan maknanya, dan ada sebagian lagi yang berubah.
.
Dan jika ingin diklasifikasikan dari segi perubahannya, maka bisa kita bagi menjadi 3 :

  •  Lafal dan sesuai dengan aslinya. artinya tetap.
  •  Lafal dan arti berubah dari lafal dan arti semula.
  •  Lafalnya benar, artinya berubah.
Dan berikut ini contoh-contoh dari sebagian kata-kata serapan yang berasal dari bahasa Arab :
A
Abadi ( ﺃﺑﺪﻱ )
Adat ( ﻋﺎﺩﺓ )
Adil ( ﻋﺎﺩﻝ )
Ahad ( ﺃﺣﺪ )
Ahli ( ﺃﻫﻞ )
Aib ( ﻋﻴﺐ )
Ajal ( ﺃﺟﻞ )
Akal ( ﻋﻘﻞ )
Akhir ( أخر )
Akhlak ( أخلاق )
Akrab ( ﺃﻗﺮﺏ )
Alamat ( علامة )
Amanah ( ﺃﻣﺎﻧﺔ )
Alam ( ﻋﺎﻟﻢ )
Alat ( ﺁﻟﺔ )
Asal ( ﺃﺻﻞ )
Asli ( ﺃﺻﻠﻲ )
Awal ( ﺃﻭﻝ )
B
Bab ( ﺑﺎﺏ )
Badan ( ﺑﺪﻥ )
Bahas ( ﺑﺢﺙ )
Batin ( ﺑﺎﻁﻥ )
Batal ( ﺑﻄﻞ )
Bait ( ﺑﻴﺖ )
Bakhil ( ﺑﺦﻳﻞ )
Bala ( ﺑﻼﺀ )

D
Dahsyat ( ﺩﻫﺸﺔ )
Dakwah ( ﺩﻋﻮﺓ )
Dai ( ﺩﺍﻋﻲ )
Doa ( ﺩﻋﺎﺀ )
Daerah ( ﺩﺍﺋﺮﺓ )
Dewan ( ﺩﻳﻮﺍﻥ )
Daftar ( ﺩﻓﺘﺮ )
Dalil ( ﺩﻟﻴﻞ )
Daur ( ﺩﻭﺭ )
Derajat ( ﺩﺭﺟﺔ )
Dunia ( ﺩﻥﻳﺎ )
Dzikir ( ﺫﻛﺮ )
E

Ehwal ( إحوال )
F
Faidah ( ﻓﺎﺋﺪﺓ )
Fakir ( ﻓﻘﻴﺮ )
Fana ( ﻓﻨﺎﺀ )
Fikir ( ﻓﻜﺮ )
Fitnah ( ﻑﺗﻨﻨﺔ )
Fithrah ( ﻓﻄﺮﺓ )
G
Ghaib ( ﻏﺎﺋﺐ )
Gamis ( ﻗﻢﻳﺺ )
H
Hadiah ( ﻩﺩﻳﺔ )
Hal ( ﺣﺎﻝ )
Hadir ( ﺣﺎﺿﺮ )
Hasad ( ﺣﺴﺪ )
Haid ( ﺣﻴﺾ )
Hajat ( ﺣﺎﺟﺔ )
Hamil ( ﺣﺎﻣﻞ )
Haram ( ﺡﺭﺍﻡ )
Hasil ( ﺣﺎﺻﻞ )
Hewan ( ﺣﻴﻮﺍﻥ )
Hidayah ( ﻫﺪﺍﻳﺔ )
Hijrah ( ﻫﺠﺮﺓ )
Hukum ( ﺣﻜﻢ )
Hakim ( ﺣﺎﻛﻢ )
Hak ( ﺣﻖ )
Hakikat ( ﺣﻘﻴﻘﺔ )
Hayat ( ﺣﻴﺎﺓ )
Hibah ( ﻫﺒﺔ )
Hikayat ( ﺣﻜﺎﻳﺔ )
Hikmah ( ﺣﻜﻤﺔ )
Hormat ( ﺣﺮﻣﺔ )
Hina ( ﻫﻴﻦ )
Huruf ( ﺣﺮﻭﻑ )
I
Ilmu ( ﻋﻠﻢ )
Ilmiah ( ﻋﻠﻤﻴﺔ )
Iman ( ﺇﻳﻤﺎﻥ )
Insan ( ﺇﻧﺴﺎﻥ )
Istilah ( ﺍﺻﻄﻼﺡ )
Istirahat ( ﺍﺳﺘﺮﺍﺣﺔ )
Isyarat ( ﺇﺷﺎﺭﺓ )
J
Jadwal ( ﺟﺪﻭﻝ )
Jamaah ( ﺟﻤﺎﻋﺔ )
Jasad ( ﺟﺴﺪ )
Jawab ( ﺟﻮﺍﺏ )
Jenis ( ﺟﻨﺲ )
Jilid ( ﺟﻠﺪ )
Jumat ( ﺟﻤﻌﺔ )
K
Kabar ( ﺧﺒﺮ )
Kalam ( ﻛﻼﻡ )
Kalimat ( ﻛﻠﻤﺔ )
Kalbu ( ﻗﻠﺐ )
Kamis ( ﺧﻤﻴﺲ )
Kamus ( ﻗﺎﻣﻮﺱ )
Karib ( ﻗﺮﻳﺐ )
Kertas ( ﻗﺮﻃﺎﺱ )
Kias ( ﻗﻴﺎﺱ )
Kisah ( ﻗﺼﺔ )
Kitab ( ﻛﺘﺎﺏ )
Kuliah ( ﻛﻠﻴﺔ )
Kuburan ( ﻗﺒﺮ )
Kursi ( ﻛﺮﺳﻲ )
L
Lisan ( ﻟﺴﺎﻥ )
Laik ( لائق )
M
Madrasah ( ﻣﺪﺭﺳﺔ )
Majalah ( ﻣﺠﻠﺔ )
Majlis ( ﻣﺠﻠﺲ )
Makalah ( ﻣﻘﺎﻟﺔ )
Makhluk ( ﻣﺨﻠﻮﻕ )
Maklum ( ﻣﻌﻠﻮﻡ )
Makna ( ﻣﻌﻨﻰ )
Makruf ( ﻣﻌﺮﻭﻑ )
Maksud ( ﻣﻘﺼﻮﺩ )
Malaikat ( ﻣﻼﺋﻜﺔ )
Markaz ( ﻣﺮﻛﺰ )
Masalah ( ﻣﺴﺄﻟﺔ )
Masjid ( ﻣﺴﺠﺪ )
Mati ( ﻣﻴﺖ )
Misal ( ﻣﺜﺎﻝ )
Miskin ( ﻣﺴﻜﻴﻦ )
Mungkin ( ﻣﻤﻜﻦ )
Munkar ( ﻣﻨﻜﺮ )
Mustahil ( ﻣﺴﺘﺤﻴﻞ )
Musibah ( ﻣﺼﻴﺒﺔ )
Mushalla ( ﻣﺼﻠﻰ )
Musyawarah ( ﻣﺸﺎﻭﺭﺓ )
N
Nabi ( ﻧﺒﻲ )
Nasib ( ﻥﺻﻴﺐ )
Najis ( ﻧﺞﺱ )
Nikmat ( ﻧﻊﻣﺔ )
Nafas ( ﻧﻔﺲ )
Nasab ( ﻧﺴﺐ )
Nafkah ( ﻧﻔﻘﺔ )
Nikah ( ﻧﻜﺎﺡ )
Noktah ( ﻧﻘﻄﺔ )
O
P
Paham ( ﻓﻬﻢ )
Pasal ( ﻑﺻﻞ )
Pikir ( ﻓﻜﺮ )
Q
R
Rahmat ( ﺭﺣﻤﺔ )
Rahim ( ﺭﺡﻡ )
Rasul ( ﺭﺳﻮﻝ )
Rejeki ( ﺭﺯﻕ )
Riwayat ( ﺭﻭﺍﻳﺔ )
Rabu ( ﺃﺭﺑﻌﺎﺀ )
Rakyat ( ﺭﻋﻴﺔ )
Risalah ( ﺭﺳﺎﻟﺔ )
Ruh ( ﺭﻭﺡ )
Rujuk ( ﺭﺟﻮﻉ )
S
Saat ( ﺳﺎﻋﺔ )
Sabar ( ﺹﺑﺮ )
Sabtu ( ﺳﺒﺖ )
Sabun ( ﺻﺎﺑﻮﻥ )
Sah ( ﺻﺢ )
Safar ( ﺳﻔﺮ )
Sahabat ( ﺻﺤﺎﺑﺔ )
Salam ( ﺱﻻﻡ )
Salju ( ﺛﻠﺞ )
Sehat ( ﺹﺣﺔ )
Sajak ( ﺳﺞﻉ )
Sedekah ( ﺻﺪﻗﺔ )
Sekarat ( ﺳﻜﺮﺍﺕ )
Serikat ( ﺷﺮﺍﻛﺔ )
Sebab ( ﺱﺑﺐ )
Silaturrahmi ( ﺻﻠﺔ ﺍﻟﺮﺣﻢ )
Sihir ( ﺳﺤﺮ )
Sujud ( ﺳﺞﻭﺩ )
Surat ( ﺳﻮﺭﺓ )
Syirik ( ﺷﺮﻙ )
Syukur ( ﺷﻜﺮ )
Selamat ( ﺳﻼﻣﺔ )
Senin ( ﺍﺛﻨﻴﻦ )
Selasa ( ﺛﻼﺛﺎﺀ )
Setan ( ﺷﻴﻄﻠﻦ )
Siasat ( ﺳﻴﺎﺳﺔ )
Sifat ( ﺻﻔﺔ )
Silsilah ( ﺳﻠﺴﻠﺔ )
Shalat ( ﺻﻼﺓ )
Soal ( ﺳﺆﺍﻝ )
Sohib ( ﺻﺎﺣﺐ )
Sulthan ( ﺳﻠﻄﺎﻥ )
Sunnah ( ﺳﻨﺔ )
Syarat ( ﺷﺮﻁ )
Syair ( ﺷﺎﻋﺮ )
T
Taat ( ﻃﺎﻋﺔ )
Tabiat ( ﻃﺒﻴﻌﺔ )
Tauhid ( ﺗﻮﺣﻴﺪ )
Tabib ( ﻁﺑﻴﺐ )
Takhayul ( ﺗﺨﻴﻞ )
Takabbur( ﺗﻜﺒﺮ )
Takdir ( ﺗﻘﺪﻳﺮ )
Tawakkal( ﺗﻮﻛﻞ )
Tawadhu( ﺗﻮﺍﺿﻊ )
Tamak ( ﻁﻣﻊ )
Tamat ( ﺗﻢﺕ )
Taubat ( ﺗﻮﺑﺔ )
Telaah ( ﻡﻃﺎﻟﻌﺔ )
Tertib ( ﺗﺮﺗﻴﺐ )
Tafsir ( ﺗﻔﺴﻴﺮ )
U
Umat ( ﺃﻣﺔ )
Umum ( ﻋﻤﻮﻡ )
Umur ( ﻋﻤﺮ )
Unsur ( ﻋﻨﺼﺮ )
Ustadz ( ﺃﺳﺘﺎﺫ )
V
W
Wasit ( ﻭﺍﺳﻂ )was ( ﻭﺳﻮﺍﺱ )
Wajah ( ﻭﺟﻪ )
Wajib ( ﻭﺍﺟﺐ )
Wakil ( ﻭﻙﻳﻞ )
Waktu ( ﻭﻗﺖ )
Wali ( ﻭﺍﻟﻰ )
Warisan ( ﻭﺭﺍﺛﺔ )
Wilayah ( ﻭﻻﻳﺔ )
Wujud ( ﻭﺟﻮﺩ )

Y
Yakin ( ﻳﻖﻳﻦ )
Yakni ( ﻳﻌﻨﻲ )
Yatim ( ﻳﺖﻳﻢ )
Z
Zalim ( ﻇﺎﻟﻢ )
Zakat ( ﺯﻛﺎﺓ )
Zaman ( ﺯﻣﺎﻥ )
Ziarah ( ﺯﻳﺎﺭﺓ )
Zuhud ( ﺯﻩﺩ )
.
Demikian contoh kata-kata serapan dari bahasa Arab. Semoga bisa menambah wawasan kita. Aamiin..
loading...

Friday, January 13, 2017

Wahai Rasulullah... Mengapa Engkau Menangis...?

Pada suatu hari Rasulullah saw ditemui oleh malaikat Jibril. Rasul bertanya “Ada apa wahai Jibril?”.

Jibril menjawab,

“Wahai Muhammad, sesungguhnya hari ini Allah swt sedang mengobarkan nyala api Neraka dan seluruh malaikat amat ketakutan, mereka tidak tahu harus bagaimana,

Untung aku ingat bahwa engkau adalah sumber cinta dan sayang Allah swt kepala alam semesta. Dengan alasan itu aku kesini, bertabaruk dengan cinta Allah kepada dirimu".

Rasulullah saw terdiam beberapa saat. Kemudian bertanya lagi,

“Wahai Jibril, ceritakan padaku bagaimanakah neraka itu sesungguhnya”.

Jibril menjawab

“Wahai Muhammad, Neraka itu bagaikan lubang-lubang yang terdiri dari 7 tingkat. Jarak antara satu lubang dengan yang lain ialah perjalanan 70 tahun. Lubang yang palingbawah adalah yang paling panas".

Nabi saw meneruskan pertanyaannya, "Lalu siapakah penghuni lubang-lubang neraka itu wahai Jibril?”.

Jibril menjawab,

“Lubang yang paling bawah diciptakan untuk orang orang munafik, lubang berikutnya untuk penyembah berhala, lalu untuk penyembah bintang dan matahari".

Jibril terus menerangkan penghuni tingkatan neraka hingga lubang yang ke 5 tempatnya umat Yahudi dan yang ke 6 dihuni oleh umat Nasrani.Setelah menjelaskan penghuni 6 tingkatan Neraka,Jibril diam cukup lama.

Rasulullah saw penasaran dan bertanya kembali, “Wahai Jibril, siapakah penghuni neraka yang ke 7?”

Jibril berkata, “Umatmu wahai Muhammad, mereka itu para pelaku dosa besar di kalangan umatmu yang dimana sampai mereka mati belum sempat bertaubat".

Mendengar jawaban Jibril, Rasulullah saw langsung jatuh pingsan. Jibril merangkulnya dan meletakkan tubuh baginda di atas pangkuannya.

Tak berapa lama Rasulullah saw sadar dan langsung menangis bersimbah air mata, dengan terisak-isak Rasulullah saw mempertegas pertanyaannya,

“Wahai Jibril, apakah benar ada diantara umatku yang masuk neraka?”.

Jibril mejawab

“Benar wahai Muhammad, pelaku dosa besar di antara umatmu yang belum bertaubat".

Setelah itu Rasulullah saw langsung menghadap kiblat dan sujud kepada Allah saw dalam isak tangisnya.

Sesekali dengan suara pelan beliau membisikkan kata-kata "Ummati ya Rabb, ummati, ummati, ummati.

Beliau saw tidak mengangkat kepalanya dalam keadaan seperti itu selamat 3 hari 3 malam kecuali setiap Bilal bin Rabah mengumandangkan adzan, barulah beliau bangkit untuk menjadi imam dan setelah itu kembali sujud lagi.

Pada hari ke 3, Abu Bakar ra menyadari hal ini, beliau mengetuk pintu Rasulullah saw dan mengucapkan salam 3 kali, namun tidak terdengar jawaban.

Abu Bakar ra sedih dan berseru di depan pintu Nabi saw, “ Apakah ada jalan untuk masuk kerumah Rasulullah”. Tetap tidak ada jawaban.

Lalu beliau menangis dan melangkah pulang
Di jalan beliau bertemu sahabat Umar ra, “Mengapa engkau menangis wahai Abu Bakar?”.

Abu Bakar ra menceritakan keadaan Rasulullah saw. Maka Umar ra pun melangkah menuju rumah Nabi saw dan terjadilah hal yang sama. Umar pun pulang dan menangis.

Di jalan beliau bertemu Salman Al Farisi ra. Dengan terisak-isak Umar ra bercerita kepada Salman ra hingga membuat dia amat sedih, namun dia tidak berani mengulangi hal yang sama.

Salman melangkah menuju rumah Fatimah ra dan menceritakan hal itu.

Setengah berlari Fatimah ra menuju rumah Ayahnya saw dan mengetuk pintu sambil mengucapkan salam.

Mendengar suara lembut putri tercinta, sejuklah dada Nabi saw. Rasullah saw bangkit dari sujud dan membuka pintu.

Alangkah terkejutnya Fatimah ra melihat beliau yang amat kurus dan pucat.

Fatimah memeluk beliau saw lalu menangis.

“Wahai ayahanda, apa yang terjadi? mengapa engkau amat sedih seperti ini?”.

Rasulullah saw kembali menangis dan berkata dengan suara lirih,

“Wahai Fatimah, belahan jiwaku, bagaimana mungkin aku tidak sedih sedangkan Jibril mengatakan akan ada kelak umatku yang akan masuk neraka".

Begitu besarnya Cinta Nabi Muhammad SAW kepada kita, umatnya.
Apakah cinta beliau akan terbalaskan...
Atau hanya akan menjadi cinta bertepuk sebelah tangan ?

Kami sangat mencintai mu ya Rasullullah 

Sumber: Whats App... 
Harap koreksi jika kisah benar benar atau tidak! 
loading...

Thursday, January 12, 2017

Apa Makna Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup?

Awal tahun 2017 ini, istilah 'ideologi tertutup' menjadi salah satu frasa yang sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Ya, istilah ini menjadi perbincangan hangat di dunia virtual.

Dalam dunia ilmiah, definisi ideologi adalah sebagai berikut:
Ideologi merupakan gabungan dua kata, yaitu idea dan logos. Idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, dan cita-cita; sedangkan logos berarti ilmu atau pengetahuan. Jadi, ideologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang ide-ide atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar (Kodhi dan Soejadi, 1988 : 49)
Pengertian lain dari ideologi ini juga juga dimaknai berbeda-beda oleh beberapa orang, di antaranya adalah:

  • Menurut Karl Marx, definisi ideologi adalah pandangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepentingan golongan atau kelas sosial tertentu dalam bidang politik atau sosial ekonomi.
  • Lanur menyatakan bahwa ideologi bisa dimasukkan dalam kategori pengetahuan yang subjektif.
  • Carl J. Friederich mendefinisikan ideologi sebagai suatu sistem pemikiran yang dikaitkan dengan tindakan.
  • C.C Rodee menyatakan bahwa ideologi adalah sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi politik dan pelakunya.

Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup adalah suatu klasifikasi dari ideologi itu sendiri. Pada setiap ideologi tersebut pempunyai sesuatu yang membuat ideologi tersebut dapat bertahan hingga sekarang, hal tersebut itu disebut dengan daya tahan serta dimensi ideologi, dengan adanya hal itu maka ideologi dapat menyesuaikan diri dari perkembangan zaman. Ideologi itu juga memiliki Hakekat serta Fungsi ideologi yang mempunyai berbagai macam nilai.

Ideologi Terbuka
Pengertian Ideologi terbuka adalah ideologi yang tidak dimutlakkan. Ideologi terbuka merupakan ideologi yang dapat berinteraksi dari perkembangan zaman dan dinamika yang sifatnya internal.

Dari beberapa sumber di blog, disebutkan baha ciri-ciri Ideologi Terbuka adalah sebagai berikut:

  • Cita-cita hidup dalam masyarakat
  • Merupakan hasil dari musyawarah dan konsensus rakyatnya
  • Nilai-nilai dan cita-cita yang berasal dari diri masyarakat
  • Ideologi terbuka bersifat dinamis dan reformis

Ideologi Tertutup
Pengertian Ideologi tertutup adalah ideologi yang bersifat mutlak. Ideologi tertutup merupakan suatu kebenaran dari ideologi tertutup tidak dipermasalahkan dalam nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral yang lain. Ideologi tertutup memiliki sifat yang dogmatis dan apriori.

Arti dogmatis adalah mempercayai terhadap suatu keadaan tanpa daya yang valid, sedangkan arti apriori adalah berprasangka terlebih dahulu terhadap suatu keadaan. Dengan kata lain bahwa Ideologi tertutup merupakan ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi setiap masyarakat.

Ciri-ciri Ideologi Tertutup
  • Bukan cita-cita yang hidup dalam diri masyarakat
  • Tidak bersifat nilai atau cita-cita
  • Kepercayaan dan kesetiaan yang sifatnya kaku
  • Terdiri dari tuntutan konkret dan operasional secara mutlak
Nah, kamu masuk yang mana? Penganut ideologi terbuka atau penganut ideologi tertutup?
loading...

Wednesday, January 11, 2017

[Download/Simak] MP3 Murattal Al-Qur'an Syaikh Yahya Al-Arakani Full HQ High Quality Audio

Biografi Syaikh Yahya Al-Arakani

Syaikh Yahya Al-Arakani merupakan seorang qari keturunan Rohingya, Myanmar atau Birma.

Saat ini, beliau adalah Imam sekaligus khatib di Masjid Khadijah Baghalaf di  daerah Nasim, Jeddah, Saudi Arabia.

Diakui, dari Myanmar banyak lahir ulama dan qari bersuara emas seperti Abdul Majid al-Arakani yang populer hingga ke Kuwait dan Dubai.

Bagi anda yang ingin mendownload bacaan Murattal MP3 Syaikh Yahya Al-Arakani, silahkan download di link yang tersedia di bawah ini.

Catatan: untuk mendownload, klik kanan pada tautan lalu pilih opsi "save link as" atau "simpan tautan sebagai". Jika hanya ingin mendengar, silahkan klik langsung pada link. Terima kasih


Surah Fathir
Surah al-Ahqaf
Surah Muhammad
Surah al-Fath
Surah al-Waqi’ah
Surah Ah-Hadid
Al-Kahfi


loading...

Uitemate: Teknik Mengapung di Laut Atau Sungai Dalam Yang Berguna Dalam Keadaan Darurat

Bagi Anda yang tidak bisa berenang, atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air yang dalam pasti selalui dihantui kekhawatiran. Jatuh ke dalam sungai atau laut tanpa memiliki kemampuan berenang akan menjadi mimpi buruk. Banyak kasus orang yang harus kehilangan nyawa karena tenggelam akibat tidak mampu berenang atau kelelahan.

Tapi tahukah Anda, data korban tenggelam yang tewas atau hilang di Jepang memiliki statistik yang agak aneh terkait usia korban. Menurut survei, sebanyak 803 orang tewas atau hilang tenggelam pada 2013. Lebih dari 47% berusia lebih dari 65 tahun, sementara sisanya kebanyakan berkisar antara usia lulus SMA hingga 65 tahun. Sedangkan anak-anak di bawah usia sekolah dasar hanya berjumlah 44 orang.

Profesor Hidetoshi Saito dari Universitas Teknologi Nagaoka meyakini rendahnya korban tenggelam usia anak disebabkan karena banyak anak SD yang telah mengikuti pelatihan “Bertahan Hidup dengan cara Mengapung dan Menunggu” atau dalam bahasa Jepang “Uitemate”.

Konsep Uitemate sangat sederhana namun efektif. Banyak korban tenggelam jatuh kedalam air ketika berpakaian lengkap, dan karenanya penting bagi kita untuk mengetahui cara agar tetap bisa mengambang di permukaan dengan kondisi tersebut.

Pada 2008, di Kobe lima orang tenggelam di sungai Toga ketika hujan badai, seorang anak SD dapat diselamatkan karena ia bertahan hidup dengan cara memeluk tas ranselnya. Para ahli mengatakan, seseorang dapat dengan mudah mengapung di permukaan air seperti layaknya binatang berang-berang, dengan hanya memegang sesuatu seperti botol plastik kosong.

Peristiwa menakjubkan lainnya terjadi saat Jepang dihantam Tsunami pada 11 Maret 2011, murid-murid SD di Prefektur Miyagi selamat dari tenggelam karena menggunakan teknik Uitemate. Saat gempa terjadi, mereka dievakuasi ke gedung olahraga, namun tak lama kemudian mereka terjebak air tsunami yang masuk kedalam gedung dan air makin lama makin meninggi.

Ketika bencana berlalu, para rewalan dibuat takjub saat masuk ke dalam gedung tersebut, tak ada satu pun murid yang tewas tenggelam. Seorang guru mengatakan mereka selamat karena menggunakan teknik Uitemate untuk mengapung. Kebetulan teknik ini telah dipelajari pada saat pelajaran renang. Teknik ini memang telah diajarkan di seluruh Sekolah Dasar di Jepang. Profesor Hidetoshi Saito adalah orang yang mencetuskan ide ini. Ia mendapatkan ilham ketika melihat daun yang mengapung di air.

Saat seseorang jatuh ke dalam air, reaksi spontan adalah berusaha untuk berenang walaupun ternyata ia tidak pandai berenang. Dengan spontan korban juga akan melambai-lambaikan tangannya sambil berteriak minta tolong, tangan yang mengarah ke atas pada saat orang tercebur atau berada di dalam air sebenarnya malah akan membuat korban menjadi semakin mudah tenggelam. Menurut Prof. Saito, tindakan ini salah. Tindakan yang harus dilakukan adalah berusaha agar tetap mengapung dengan memakai teknik Uitemate dan tunggulah hingga bantuan datang.

Saat ini teknik Uitemate gencar dikampanyekan ke seluruh Dunia, terutama wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Dalam satu setengah tahun, 40 instruktur telah dilatih dan 10.000 orang di Sri Lanka telah mendapatkan pelatihan Uitemate.

Berikut Teknik Uitemate yang dapat kita praktikkan dikutip dari duniaberbicara.com:

  • Untuk belajar teknik ini, berikut tips-tips yang bisa untuk Anda lakukan.
  • Tenang dan santai, apabila Anda telah terjun ke dalam air, hal yang pertama perlu untuk dilakukan adalah bersikap tenang. Jangan panik, panik hanya akan membuat anda semakin tenggelam.
  • Rentangkan tangan dan kaki, usahakan setenang mungkin untuk tidur terlentang di air sambil merentangkan tangan dan kaki. Kurangi gerakan-gerakan yang bisa membahayakan diri Anda.
  • Pandangan menatap ke atas, untuk melancarkan sistem pernafasan Anda, hal yang dilakukan pada teknik satu ini adalah wajah dan pandangan mata menatap ke atas kemudian bernafas seperti biasa.
  • Teknik jika memakai sepatu, biarkan sepatu Anda terpasang, berat sepatu tersebut akan bisa membantu mengapung.
  • Botol kosong, jika ada botol kosong di dekat Anda gunakan botol kosong tersebut untuk didekap pada atas dada Anda, hal ini akan semakin membantu proses mengapung.
Mulai sekarang Kita bersama Anak-anak kita bisa belajar menguasai teknik Uitemate ini.

Sumber: ajw.asahi.com,japantimes.co.jp
loading...

Tuesday, January 10, 2017

[Kisah]: Ibu Tiri Yang Mulia...

Alkisah, ini terjadi di Arab Saudi. Ada seorang bapak merasakan dekatnya ajal,  dia memanggil anak anaknya untuk menyampaikan wasiat.

Dia berkata kepada anaknya yang paling besar :

"Aku telah menikah sirri dan istri itu di luar negeri yaitu di Philipina dan ini alamatnya di propinsi Islam ( mungkin Moro- pen).  Tolong menjadi perhatianmu wahai anakku... jangan lupakan bagian warisan dia....dst"

Tak lama kemudian, meninggallah sang bapak,  lalu anak-anak nya menghadap hakim untuk pembagian harta warisan.  Sang anak sulung sangat memperhatikan wasiat bapaknya dan ia pun memberitahu sang hakim tentang wasiat itu,  lalu hakim menghentikan sementara pembagian harta warisan sampai dihadirkan istri sirri itu di depan hakim bersama mereka.

Anak sulung itu akhirnya pergi ke Philipina dan setelah mencari alamat itu, ia menemukan rumah ibu tirinya;  sebuah rumah yang sangat sederhana,  bahkan di bawah rata-rata rumah penduduk. Dia mengetuk pintu dan keluarlah seorang wanita berhijab,  lalu anak sulung itu memperkenalkan diri.

Sang ibu tiri pun berkata :

"Aku adalah istri bapakmu dan telah sampai kepadaku berita kematian suamiku,  semoga Allah merahmati nya! ".

Anak sulung itu berkata :

"Ibu diminta hadir dihadapan hakim di Riyadh..."

Wanita itu pun menyanggupi, maka disiapkanlah suatu perjalanan ke Riyadh,  berangkatlah mereka dan sesampainya di sana mereka langsung menghadap hakim dan wanita tersebut  pun mendapatkan warisan kira-kira sebesar SR. 800.000, - (kira-kira Rp. 2,5 Miliar).  Lalu ia minta kepada anak tirinya untuk mengantarkannya ke Makkah untuk melaksanakan Umroh. Setelah umroh ia pun kembali ke Philipina via Jeddah.

4 tahun kemudian, si anak sulung merasa rindu dengan ibu tirinya yang ada di Philipina itu,  lalu ia pun melakukan perjalan ke sana. Ketika dia sampai dia tidak melihat perubahan apa pun pada rumah ibu tirinya itu,  persis seperti apa yang ia lihat 4 tahun yang lalu.

Sang anak pun bertanya tentang harta warisan yang telah diterima ibu tirinya tersebut, Wanita itu berkata:

"Ayo ikut aku!  lalu mereka pergi ke pusat kota,  lalu mereka berdiri di depan sebuah gedung Islamic Centre yang menyelenggarakan Tahfizh Al-Qur'an,  pendidikan dan urusan anak yatim.  Lalu wanita tersebut berkata :

"Angkatlah kepalamu,  dan baca nama Islamic Centre! ". Ternyata Islamic Centre itu di beri nama dengan nama bapak anak itu!

Wanita tersebut lalu mengatakan :"Aku beri nama Islamic Centre itu dengan nama bapakmu,  aku waqafkan semuanya sebagai sedeqah jariyah untuk bapakmu!.

Menangislah anak itu dan merasa sangat hina disebabkan kemuliaa ibu tirinya itu dan kebaikannya kepada bapaknya.

Ia pun kembali ke Riyadh,  setibanya di sana ia kumpulkan saudara saudaranya malam hari ketibaannya;  seketika itu juga,  sebelum berakhir malam itu mereka telah berhasil mengumpulkan kan uang sebesar 5 juta Riyal untuk melakukan proyek kebaikan untuk bapak mereka.

Inilah seorang wanita sholehah yang telah mengajarkan mereka kebaikan dan cinta akhirat melebihi kecintaan terhadap dunia.

Dikutip dari cerita seorang Ustadz.
loading...

[Muhasabah] : Kapan Hari Kiamat...?

Dalam sebuah hadits disebutkan:

عن أنس بن مالك قال : سأل رجل رسول الله: متى الساعة يا رسول الله قال: ما أعددت لها قال: ما أعددت لها من كثير صلاة ولا صوم ولا صدقة ولكني أحب الله ورسوله.. قال: أنت مع مَنْ أحببت

Artinya:
Diriwayatkan dari Anas bin Malik, dia berkata: Seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah: "Kapan hari kiamat wahai Rasulullah?". Rasulullah menjawab: "Apa yang telah engkau persiapkan untuknya?". Lelaki itu menjawab: "Aku tidak siapkan untuk itu banyak shalat, puasa dan sedekah. Akan tetapi aku mencintai Allah dan RasulNya". Rasulullah berkata: "Engkau bersama orang yang engkau cintai". (HR Bukhari dan Muslim)

Hadits ini memberikan banyak pelajaran berharga, khususnya bagi kita yang hidup di akhir zaman saat ini. Diantaranya:

Pelajaran pertama, Lelaki ini bertanya kepada Rasulullah tentang kapan hari kiamat. Dan Rasulullah tidak memarahinya. Ini menunjukkan bahwa kita boleh bertanya kapan hari kiamat.

Lelaki ini tidak sendirian dari yang pernah bertanya ttg hari kiamat. Dalam hadits shahih yang lain, Rasulullah juga pernah ditanya oleh seorang lelaki asing yang berbaju putih bersih tentang hari kiamat. Lelaki asing tadi adalah malaikat Jibril yang datang dalam bentuk manusia. Dan ketika itu Rasulullah mengabarkan tanda-tanda hari kiamat.

Dalam Al quran juga terdapat beberapa ayat yang menunjukkan bahwa ada orang-orang bertanya kepada Rasulullah tentang hari kiamat. (Al-A'raf: 187 dan An nazi'at: 42)

Pelajaran kedua, hari kiamat tersebut pasti ada dan datang. Itu tersirat dibalik jawaban Rasulullah. Beliau memastikan adanya dengan menjawab: "Apa yang engkau siapkan untuk itu?". Berarti kiamat itu memang pasti, tapi apa yang engkau siapkan untuk itu.

Pelajaran Ketiga, Rasulullah tidak tahu dan tidak memberi tahu kapan hari kiamat. Dalam hadits-hadits yang lain,  Rasulullah hanya memberi tahu tanda-tandanya. Baik tanda-tanda kecil maupun tanda-tanda besar.

Begitu juga dari ayat-ayat Al Quran, sangat jelas dan tegas bahwa tidak ada yang tahu kapannya kecuali Allah:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

"Mereka (yahudi) bertanya kepadamu wahai Muhammad ttg kapan hari kiamat. Katakanlah, yang mengetahui saat datangnya hari kiamat hanyalah Tuhanku. Dan tidak ada yang mengetahui waktunya kecuali Dia..." (terjemahan QS Al A'raf: 187).

Dalam ayat lain Allah juga sudah tegaskan: "Sungguh telah merugi orang yang mendustai pertemuan dengan Allah. Sehingga saat datang kiamat kepada mereka secara tiba-tiba, mereka berkata,

قَالُوا يَاحَسْرَتَنَا عَلَى مَا فَرَّطْنَا فِيهَا

"Alangkah celakanya kami, karena kami lalai dari amal shalih di dunia...". (Terjemahan QS Al An'am: 31)

Karena itu, tidaklah tepat bila kita menyibukkan diri menghitung dan memastikan kapan hari kiamat. Sebab, Rasulullah sendiri juga tidak tahu.

Pelajaran Keempat, Rasulullah balik bertanya, "Apa yang telah kamu siapkan untuk itu?". Maka yang sangat penting dan mendesak adalah apa persiapan kita untuk menghadapi hari kiamat tersebut, berupa amal shaleh yang maksimal lagi istimewa.

Hari kiamat merupakan salah satu masa depan yang pasti disamping masa depan yang lain, seperti kematian, akhirat, hisab, sorga dan neraka. Semua itu adalah pasti.

Untuk masa depan yang belum pasti saja, kita sudah banyak sekali persiapan. Sekolah dari SD sampai SLTA. Lalu kuliah S1 dan S2 bahkan S3. Kursus ini dan itu. Dengan segala biaya dan konsekwensinya. Semua demi masa depan yang belum pasti.

Maka seharusnya untuk masa depan yang pasti seperti kematian dan kiamat, kita juga mesti punya persiapan yang minimal sama.

Pelajaran Kelima, lelaki tadi tidak terlalu istimewa dalam kuantitas shalat, puasa dan sedekah. Tapi dia sangat istimewa dalam kualitas iman dan keikhlasan. Dia sangat mencintai Allah dan RasulNya. Hatinya ikhlas kepada Allah, jiwanya tulus dalam mengikuti Rasulullah.

Tantangan kita terberat hari ini adalah keikhlasan dan ketulusan. Dunia yang semakin terbuka, kemajuan teknologi dan informasi, semua itu membuat keikhlasan kita sering teruji dan terfitnah. Akibatnya ria dan pamrih seringkali membingkai kerja dan amal shaleh kita.

Pelajaran keenam, dengan keistimewan kualitas iman dan keikhlasan, seseorang bisa meraih puncak kemuliaan. Rasulullah menegaskan, "Engkau akan bersama dengan yang engkau cintai dan idolakan..."

Kita mesti berhati-hati dari mengidolakan orang-orang yang banyak berbuat dosa dan maksiat. Apalagi orang yang kafir dan menantang Allah. Sebab, Rasul mengajarkan: "Seseorang akan bersama orang yang diidolakannya..."

Wallahu A'lam bishshowab...
[Dikutip dari tulisan Ust. Irsyad]
loading...

Monday, January 9, 2017

Tips Mudah Agar Anak-anak Mau Sholat Dengan Kesadaran Sendiri... Tanpa Perlu Marah-marah... Tanpa Tegang Urat Syaraf...

"Bagaimana Membuat Anak-anak Anda Sholat dengan Kesadaran Mereka Sendiri Tanpa Berdebat dan Tanpa Perlu Diingatkan .. ?

Anak-anak anda tidak mau sholat .. ? atau mereka sampai membuat anda capek saat mengingatkan
untuk sholat .. ?

Mari kita lihat bagaimana kita bisa merubah ini semua ~ biidznillah

""Seorang sahabat berkisah : "Aku akan menceritakan satu kisah yang terjadi padaku "

""Saat itu, anak perempuanku duduk di kelas 5 SD, sholat baginya adalah hal yg sangat berat ..sampai-sampai suatu hari aku berkata kepadanya :

"Bangun .. !! Sholat .. !!", dan aku mengawasinya ..

"Aku melihatnya mengambil sajadah, kemudian melemparkannya ke lantai .. Kemudian ia mendatangiku ..

Aku bertanya kepadanya : "Apakah kamu sudah sholat .. ?"

Ia menjawab : "Sudah"

Kemudian aku Mencubitnya. Aku tahu aku salah. Tetapi kondisinya memang benar-benar sulit ..

Aku menangis ..

Aku benar-benar marah padanya, aku rendahkan dia dan aku menakut-nakutinya akan siksa Allah .. Tapi .. ternyata semua kata-kataku itu tidak ada manfaatnya ..

Suatu hari, seorang sahabatku bercerita suatu kisah

"Suatu ketika ia berkunjung kerumah seorang kerabat dekatnya, ketika datang waktu sholat, semua anak2nya langsung bersegera melaksanakan sholat tanpa diperintah

Ia berkata :

Aku berkata padanya "Bagaimana anak-anakmu bisa sholat dengan kesadaran mereka tanpa berdebat dan tanpa perlu diingatkan .. ?

"Ia menjawab :

Demi Allah, aku hanya ingin mengatakan padamu bahwa sejak jauh sebelum aku menikah aku selalu memanjatkan DO'A ini .. dan sampai saat ini pun aku masih tetap berdo'a dengan DO'A tersebut.

Setelah aku mendengarkan nasehatnya, aku selalu tanpa henti berdoa dengan do'a ini .. Dalam sujudku .. Saat sebelum salam .. Ketika witir .. Dan disetiap waktu-waktu mustajab ..

Demi Allah wahai saudara-saudaraku .. Anakku saat ini telah duduk dibangku SMA .. Sejak aku memulai berdoa dengan doa itu, anakku lah yang rajin membangunkan kami dan mengingatkan
kami untuk sholat .. Dan adik-adiknya,

Alhamdulillah .. mereka semua selalu menjaga sholatnya, Sampai-sampai .. saat ibuku berkunjung dan menginap dirumah kami, ia tercengang  melihat anak perempuanku bangun pagi, kemudian membangunkan kami satu persatu untuk sholat

❇Aku tahu anda semua penasaran ingin mengetahui doa apakah itu?

Yaaa .. doa ini ada di QS.Ibrahim : 40

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ 

Rabbij'alni muqimas salati wamin zurriyati rabbana wataqobbal du'a

"Wahai Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yg tetap melaksanakan sholat .. Ya Robb kami , perkenankanlah doaku" (QS. Ibrahim : 40 )

Yaa .. Doa .. Doa .. dan Doa ..

Sebagaimana anda semua tahu bahwa doa adalah senjata seorang mukmin

"Kirimkan tulisan ini agar lebih banyak orang yang mengambil manfaat ..

"Semoga Allah merahmati orang yang bersedia men-share (tulisan ini), kemudian menjadikannya pemberat bagi timbangan kebaikannya"

☑Baca selalu doa ini untuk anak-anakmu, biidznillah mereka akan selalu berada dalam penjagaan dan perlindungan Allah Ta'ala .. Aamiin Allaahumma Aamiin

loading...

Friday, January 6, 2017

Menangkal dan Melawan Sihir Dengan Surah Mu'awwidzatain dan Ayat-Ayat Serta Zikir Yang Ma'tsur

Dalam kitabnya yang berjudul Lubab Al-Nuqul fi Asbabin Nuzul, Imam al-Hafizh As-Suyuthi menukil riwayat sebagai berikut:

أخرج البيهقي في دلائل النبوة من طريق الكلبي عن أبي صالح عن ابن عباس قال مرض رسول الله صلى الله عليه وسلم مرضا شديد فأتاه ملكان فقعد أحدهما عند رأسه والآخر عند رجليه فقال الذي عند رجليه للذي عند رأسه ما ترى قال طب قال وما طب قال سحر قال ومن سحره قال لبيد بن الأعصم اليهودي قال أين هو قال في بئر آل فلان تحت صخرة في كرية فأتوا الركية فانزحوا محمد ماءها وارفعوا الصخرة ثم خذوا الكرية وأحرقوها فلما أصبح رسول الله صلى الله عليه وسلم بعث عمار بن ياسر في نفر فأتوا الركية فإذا ماؤها مثل ماء الحناء فنزحوا الماء ثم رفعوا الصخرة وأخرجوا الكرية وأحرقوها فإذا فيها وتر فيه أحدى عشرة عقدة وأنزلت عليه هاتان السورتان فجعل كلما قرأ آية انحلت عقدة قل أعوذ برب الفلق وقل أعوذ برب [الناس: 1] الناس لأصله شاهد في الصحيح بدون نزول السورتين وله شاهد بنزولهما

Riwayat di atas kira-kira bermakna, Bahwa suatu ketika Rasulullah SAW pernah sakit agak parah. Maka datanglah dua malaikat kepadanya hendak mendiagnosa penyakit apa gerangan yang menimpa Sang Nabi. Satu malaikat duduk di dekat kakinya dan yang satu duduk di sebelah kepalanya.

Malaikat yang berada di dekat kaki Rasul berkata kepada malaikat yang berada di sebelah kepala Rasulullah

“Apa yang engkau lihat?” Tanya sang malaikat kepada rekannya.

“Rasulullah terkena gendam” jawab Malaikat di sisih kepala Rasul.

“Apa gendam itu ?” tanya malaikat di bagian kaki rasul.

“Gendam itu sihir” jawabnya.

“Lantas, siapakah yang membuat sihir kepada rasulallah ?” Malaikat di bagian kepala Rasul bertanya lagi.

“Labid bin al-A’sham al-Yahudi, sihirnya berupa gulungan yang disimpan di sumur keluarga fulan di bawah batu besar. Suruhlah seseorang datang kesana untuk mengambil gulungan di bawah sumur itu lalu bakarlah ! ” terang Malaikat di bagian kaki Rasul.

Pada pagi harinya, Rasulullah Muhammad SAW mengutus Ammar bin Yasir dan kawan-kawannya untuk pergi ke sumur itu. Sesampainya di sana mereka kaget melihat air sumur yang berwarna merah seperti pacar. Setelah berusaha keras mencari di dalam sumur, akhirnya ditemukanlah gulungan yang dimaksud.

Lalu dibakarlah gulungan itu sesuai petunjuk malaikat, maka terihatlah sebuah tali dengan sebelas simpulnya yang tidak bisa dibuka dengan tenaga. Maka Rasulullah SAW menerima wahyu kedua surat Mu’awwidzatain yaitu Qul A’uzu Birabbil Falaq dan Qul A’uzu Birabbin Nas.

Anehnya setiap Rasulullah SAW membaca dua surat itu, maka terbukalah satu simpul tali itu dan demikian seterusnya hingga sebelas kali. Kisah ini diriwayatkan juga oleh Imam al-Baihaqi dalam kitab Dalail al-Nubuwwah.

* * *

Demikianlah fadhilah dua surat terakhir dari Al-Qur’an. Hal ini juga menunjukkan kemukjizatan Al-Qur’an yang apabila dibaca dan diniati dengan benar akan melahirkan keistimewaannya. Bukankah Al-Qur’an adalah ‘Al-Muta’abbad Bitilawatihi’ sesuatu yang bila dibaca merupakan ibadah.

Demikian pula yang dianjurkan oleh sebagian ulama untuk terus membaca Qul a’Azu Birabbil Falaq dan Qul A’uzu Birabbin Nas dalam berbagai kesempatan terutama dalam menghadapi waktu jolorante (jawa-red) menghadapi malam yang gelap dan siang yang terang.

***

Secara etimologis, sihir artinya sesuatu yang tersembunyi dan sangat halus penyebabnya. Sedangkan menurut istilah syariat, Abu Muhammad Al Maqdisi menjelaskan, sihir adalah azimat-azimat, mantra-mantra atau pun buhul-buhul yang bisa memberi pengaruh terhadap hati sekaligus jasad, bisa menyebabkan seseorang menjadi sakit, terbunuh, atau pun memisahkan seorang suami dari istrinya.

Jadi sihir benar-benar ada, memiliki pengaruh dan hakikat yang bisa mencelakakan seseorang dengan taqdir Allah yang bersifat kauni . Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهِ وَمَاهُم بِضَآرِّينَ بِهِ مِنْ أَحَدٍ إِلاَّ بِإِذْنِ اللَّهِ


Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang bisa mereka gunakan untuk menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka (ahli sihir) itu tidak dapat memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorang pun kecuali dengan izin Allah” [Al Baqarah : 102].

Demikian juga firman Allah yang memerintahkan kita berlindung dari kejahatan sihir :

وَ مِنْ شَر ِّ النَّفَّاثاَتِ فْي العُقَدِ
Dan (aku berlindung kepada Allah) dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembuskan pada buhul-buhul”. [Al Falaq : 4].

Seandainya sihir tidak memiliki pengaruh buruk, tentu Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan memerintahkan kita agar berlindung darinya.

Sihir sebagai salah satu perbuatan kufur yang diharamkan oleh Allah, dijelaskan di dalam surat Al-Baqarah ayat 102 tentang kisah dua Malaikat:

"Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syetan-syetan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan:”Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir’. Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorang pun kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarkan ayat (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di Akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui.”(Al-Baqarah:102)

Ayat yang mulia ini juga menunjukkan bahwa orang-orang yang mempelajari ilmu sihir, sesungguhnya mereka mempelajari hal-hal yang hanya mendatangkan mudharat bagi diri mereka sendiri, dan tidak pula mendatangkan sesuatu kebaikan di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ini merupakan ancaman berat yang menunjukkan betapa besar kerugian yang diderita oleh mereka di dunia ini dan di Akhirat nanti. Mereka sesungguhnya telah memperjualbelikan diri mereka dengan harga yang sangat murah, itulah sebabnya Allah berfirman :

Dan alangkah buruknya perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir itu, seandainya mereka mengetahui.”

Beberapa Tata Cara Menangkal Dan Menanggulangi Sihir
Allah telah mensyari’atkan kepada hamba-hambaNya supaya mereka menjauhkan diri dari kejahatan sihir sebelum terjadi pada diri mereka. Allah juga menjelaskan tentang bagaimana cara pengobatan sihir bila telah terjadi. Ini merupakan rahmat dan kasih sayang Allah, kebaikan dan kesempurnaan nikmatNya kepada mereka.

Berikut ini beberapa penjelasan tentang usaha menjaga diri dari bahaya sihir sebelum terjadi, begitu pula usaha dan cara pengobatannya bila terkena sihir, yakni cara-cara yang dibolehkan menurut hukum syara’:

Pertama: Tindakan preventif, yakni usaha menjauhkan diri dari bahaya sihir sebelum terjadi. Cara yang paling penting dan bermanfaat ialah penjagaan dengan melakukan dzikir yang disyari’atkan, membaca do’a dan ta’awwudz sesuai dengan tuntunan Rasulullah ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, di antaranya seperti di bawah ini:

A. Membaca ayat Kursi setiap selesai shalat lima waktu, sesudah membaca wirid yang disyari’atkan setelah salam, atau dibaca ketika akan tidur. Karena ayat Kursi termasuk ayat yang paling besar nilainya di dalam Al-Qur’an. Rasulullah ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam salah satu hadits shahihnya :

“Barangsiapa membaca ayat Kursi pada malam hari, Allah senantiasa menjaganya dan syetan tidak mendekatinya sampai Shubuh.”

Ayat Kursi terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 255 yang bunyinya :

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ (255) لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لَا انْفِصَامَ لَهَا وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
Allah tidak ada Tuhan selain Dia, Yang hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhlukNya), tidak mengantuk dan tidak tidur, kepunyaanNya apa yang ada di langit dan apa yang di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

B. Membaca surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, dan surat An-Naas pada setiap selesai shalat lima waktu, dan membaca ketiga surat tersebut sebanyak tiga kali pada pagi hari sesudah shalat Shubuh, dan menjelang malam sesudah shalat Maghrib, sesuai dengan hadits riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi dan An-Nasa’i.

C. Membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah yaitu ayat 285-286 pada permulaan malam, sebagaimana sabda Rasulullah :

Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka cukuplah baginya.”

Adapun bacaan ayat tersebut adalah sebagai berikut:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ
Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat, kitab-kitab dan rasul-rasulNya. (Mereka mengatakan), ‘Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang (dengan yang lain) dari rasul-rasulNya’. (Mereka berdo’a): ‘Ampunilah kami, ya Tuhan kami, dan kepada Engkaulah tempat kembali.”

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya, ia mendapat pahala (dari kewajiban) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo’a), ‘Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya, beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir.”

D. Banyak berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna.
Hendaklah dibaca pada malam hari dan siang hari ketika berada di suatu tempat, ketika masuk ke dalam suatu bangunan, ketika berada di tengah padang pasir, di udara atau di laut. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Barangsiapa singgah di suatu tempat dan dia mengucapkan: 
A’uudzu bi kalimaatillahi attaammaati min syarri maa khalaq’ (aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk ciptaanNya), maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakannya sampai ia pergi dari tempat itu.”

E. Membaca do’a di bawah ini masing-masing tiga kali pada pagi hari dan menjelang malam :

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
Dengan nama Allah, yang bersama namaNya, tidak ada sesuatu pun yang membahayakan, baik di bumi maupun di langit dan Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

Bacaan-bacaan dzikir dan ta’awwudz ini merupakan sebab-sebab yang besar untuk memperoleh keselamatan dan untuk menjauhkan diri dari kejahatan sihir atau kejahatan lainnya. Yaitu bagi mereka yang selalu mengamalkannya secara benar disertai keyakinan yang penuh kepada Allah, bertumpu dan pasrah kepadaNya dengan lapang dada dan hati yang khusyu’.

Kedua: Bacaan-bacaan seperti ini juga merupakan senjata ampuh untuk menghilangkan sihir yang sedang menimpa seseorang, dibaca dengan hati yang khusyu’, tunduk dan merendahkan diri, seraya memohon kepada Allah agar dihilangkan bahaya dan malapetaka yang dihadapi. Do’a-do’a berdasarkan riwayat yang kuat dari Rasulullah untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh sihir dan lain sebagainya adalah sebagai berikut:

1. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam me-ruqyah (mengobati dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an atau do’a-do’a) sahabat-sahabatnya dengan bacaan :

اللَّهُمَّ ربَّ النَّاسِ  أَذْهِب الْبَأسَ  واشْفِ  أَنْتَ الشَّافي لا شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ  شِفاءً لا يُغَادِرُ سقَماً
Artinya
“Ya Allah, Tuhan segenap manusia….! Hilangkanlah sakit dan sembuhkanlah, Engkau Maha Penyembuh, tidak ada penyembuhan melainkan penyembuhan dariMu, penyembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” (HR. Al-Bukhari).

2. Do’a yang dibaca Jibril , ketika meruqyah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

بِسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ  مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عيْنِ حَاسِدٍ  اللَّهُ يشْفِيك  بِسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ
Dengan nama Allah, aku meruqyahmu dari segala yang menyakitkanmu, dan dari kejahatan setiap diri atau dari pandangan mata yang penuh kedengkian, semoga Allah menyembuhkanmu, dengan nama Allah aku meruqyahmu.” Bacaan ini hendaknya diulang tiga kali.

3. Pengobatan sihir cara lainnya, terutama bagi laki-laki yang tidak dapat berjimak dengan istrinya karena terkena sihir. Yaitu, ambillah tujuh lembar daun bidara yang masih hijau, ditumbuk atau digerus dengan batu atau alat tumbuk lainnya, sesudah itu dimasukkan ke dalam bejana secukupnya untuk mandi; bacakan ayat Kursi pada bejana tersebut; bacakan pula surat Al-Kafirun, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, dan ayat-ayat sihir dalam surat Al-A’raf ayat 117-119, surat Yunus ayat 79-82 dan surat Thaha ayat 65-69.

Surat Al-A’raf ayat 117-119 yang bunyinya:

وَأَوْحَيْنَا إِلَى مُوسَى أَنْ أَلْقِ عَصَاكَ فَإِذَا هِيَ تَلْقَفُ مَا يَأْفِكُونَ (117) فَوَقَعَ الْحَقُّ وَبَطَلَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (118) فَغُلِبُوا هُنَالِكَ وَانْقَلَبُوا صَاغِرِينَ
Dan Kami wahyukan kepada Musa: ‘Lemparkanlah tongkatmu!’ Maka sekonyong-konyong tongkat itu menelan apa yang mereka sulapkan. Karena itu, nyatalah yang benar dan batallah yang selalu mereka kerjakan. Maka mereka orang-orang yang hina.”

Surat Yunus ayat 79-82:

وَقَالَ فِرْعَوْنُ ائْتُونِي بِكُلِّ سَاحِرٍ عَلِيمٍ (79) فَلَمَّا جَاءَ السَّحَرَةُ قَالَ لَهُمْ مُوسَى أَلْقُوا مَا أَنْتُمْ مُلْقُونَ (80) فَلَمَّا أَلْقَوْا قَالَ مُوسَى مَا جِئْتُمْ بِهِ السِّحْرُ إِنَّ اللَّهَ سَيُبْطِلُهُ إِنَّ اللَّهَ لَا يُصْلِحُ عَمَلَ الْمُفْسِدِينَ (81) وَيُحِقُّ اللَّهُ الْحَقَّ بِكَلِمَاتِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُجْرِمُونَ

Fir’aun berkata (kepada pemuka kaumnya): ‘Datangkanlah kepadaku semua ahli sihir yang pandai’. Maka tatkala ahli-ahli sihir itu datang, Musa berkata kepada mereka: ‘Lemparkanlah apa yang hendak kamu lemparkan’. Maka setelah mereka lemparkan, Musa berkata: ‘Apa yang kamu lakukan itu, itulah sihir, sesungguhnya Allah akan menampakkan ketidakbenaran mereka. Sesungguhnya Allah tidak akan membiarkan terus berlangsung pekerjaan orang-orang yang membuat kerusakan. Dan Allah akan mengokohkan yang benar dengan ketetapanNya, walaupun orang-orang yang berbuat dosa tidak menyukai(nya).

Surat Thaha ayat 65-69 yang bunyinya :

قَالُوا يَامُوسَى إِمَّا أَنْ تُلْقِيَ وَإِمَّا أَنْ نَكُونَ أَوَّلَ مَنْ أَلْقَى (65) قَالَ بَلْ أَلْقُوا فَإِذَا حِبَالُهُمْ وَعِصِيُّهُمْ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ مِنْ سِحْرِهِمْ أَنَّهَا تَسْعَى (66) فَأَوْجَسَ فِي نَفْسِهِ خِيفَةً مُوسَى (67) قُلْنَا لَا تَخَفْ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعْلَى (68) وَأَلْقِ مَا فِي يَمِينِكَ تَلْقَفْ مَا صَنَعُوا إِنَّمَا صَنَعُوا كَيْدُ سَاحِرٍ وَلَا يُفْلِحُ السَّاحِرُ حَيْثُ أَتَى

Mereka bertanya,’Hai Musa (pilihlah), apakah kamu yang melemparkan (dahulu) atau kamilah yang mula-mula melemparkan?’ Musa menjawab,’Silahkan kamu sekalian melemparkan’. Maka tiba-tiba tali-tali dan tongkat-tongkat mereka, terbayang oleh Musa seakan-akan ia merayap cepat lantaran sihir mereka. Maka Musa merasa takut dalam hatinya. Kami berfirman: ‘Janganlah kamu takut, sesungguhnya kamulah yang paling unggul (menang). Dan lemparkanlah apa yang ada di tangan kananmu, niscaya ia akan menelan apa yang mereka perbuat, sesungguhnya apa yang mereka perbuat itu adalah tipu daya tukang sihir (belaka). Dan tidak akan menang tukang sihir itu dari mana saja ia datang.”

Setelah selesai membaca ayat-ayat tersebut di atas hendaklah diminum sedikit airnya dan sisanya dipakai untuk mandi.)

Dengan cara ini mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta’ala menghilangkan penyakit yang sedang dideritanya.

4. Cara pengobatan lainnya, sebagai cara yang paling bermanfaat ialah berupaya mengerahkan tenaga dan daya untuk mengetahui di mana tempat sihir terjadi, di atas gunung atau di tempat manapun ia berada, dan bila sudah diketahui tempatnya, diambil dan dimusnahkan sehingga lenyaplah sihir tersebut.

Inilah beberapa penjelasan tentang perkara-perkara yang dapat menjaga diri dari sihir dan usaha pengobatan atau cara penyembuhannya, dan hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.
Adapun pengobatan dengan cara-cara yang dilakukan oleh tukang-tukang sihir, yaitu dengan mendekatkan diri kepada jin disertai dengan penyembelihan hewan, atau cara-cara mendekatkan diri lainnya, maka semua ini tidak dibenarkan karena termasuk perbuatan syirik paling besar yang wajib dihindari.

Demikian pula pengobatan dengan cara bertanya kepada dukun,’arraaf (tukang ramal) dan menggunakan petunjuk sesuai dengan apa yang mereka katakan. Semua ini tidak dibenarkan dalam Islam, karena dukun-dukun tersebut tidak beriman kepada Allah; mereka adalah pendusta dan pembohong yang mengaku mengetahui hal-hal ghaib, dan kemudian menipu manusia.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memperingatkan orang-orang yang mendatangi mereka, menanyakan dan membenarkan apa yang mereka katakan, sebagaimana telah dijelaskan hukum-hukumnya di awal tulisan ini.

Kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala kita memohon, agar seluruh kaum muslimin dilimpahkan kesejahteraan dan keselamatan dari segala kejahatan, dan semoga Allah melindungi mereka, agama mereka, dan menganugerahkan kepada mereka pemahaman dan agamaNya, serta memelihara mereka dari segala sesuatu yang menyalahi syari’atNya.
loading...