Monday, September 15, 2014

15 Jenis Tanaman Hias Yang Dapat Membersihkan Udara di Rumah (Dalam Ruangan)

Tanaman hias umumnya ditanam di luar ruangan. Namun ternyata ada juga tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan. Bukan sekedar sebagai penghias ruangan belaka, beberapa tumbuhan dalam ruangan ini ternyata mampu membersihkan udara, menyerap polutan dan gas-gas berbahaya.

Adalah National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) yang telah melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan. Hasilnya, beberapa tanaman hias dalam ruangan ternyata mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara. Sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya.

Inilah daftar ke-15 tanaman hias yang mempu menjadi pembersih udara di dalam ruangan.

1. Lidah Mertua
Meski namanya cukup menggelikan, tapi tanaman ini sangat bermanfaat. Lidah mertua atau snake plant merupakan tanaman penyerap racun dengan bentuk khas dan mudah dikenali. Berbagai jenis racun yang mampu diserap oleh Sansevieria antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin. Bahkan hanya dengan 5 helai daun sansevieria dewasa mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan.


2. Lidah Buaya.
Namanya masih lidah-lidahan juga, dan masih mengerikan. Nama latin tumbuhan ini adalah Aloe vera, yang di Indonesia dikenal sebagai lidah buaya. Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan ini ternyata mempunyai kemampuan sebagai penyerap polutan. Aloe vera mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.


3. Spider Plant (Chlorophytum comosum)
Spider plant adalah tumbuhan dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum. Tanaman hias yang berasal dari Afrika dan kini tersebar ke segala penjuru dunia ini mempunyai tinggi mencapai 60 cm. Sebagai tanaman hias, tumbuhan ini dapat ditanam dalam pot dalam ruangan. Sebagai pembersih udara tumbuhan ini mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, bahan kimia pada industri kulit, karet dan pencetakan.


4. Gerber daisy (Gerbera jamesonii)
Tanaman Gerber daisy di Indonesia lebih dikenal sebagai Herbras. Tumbuhan asal Afrika Selatan ini mempunyai bunga warna warni dan kerap dijadikan bunga potong bersama mawar, anyelir, seruni, dan tulip. Dapat tumbuh baik di dalam pot dan di dalam ruangan. Tanaman ini efektif menghilangkan trichloroethylene, Cocok diletakkan di kamar mandi, ruang mencuci atau kamar tidur.


5. Sirih gading (Epipremnum aureum)
Sirih gading (disebut juga golden pothos atau devil’s ivy) adalah tanaman berbunga dari keluarga Araceae. Tanaman ini berasal dari Australia, Malenesia (termasuk Indonesia), Indochina, Jepang, China, dan India. Sehingga bisa dikatakan ini merupakan tumbuhan asli Indonesia. Meskipun tanaman empifit dan semi-merambat namun baik dalam menjadi pembersih udara dalam ruangan dan menyerap racun formaldehida dan berbagai polutan lainnya.


6. Dragon Tree (Dracaena marginata)
Dragon tree atau Red-edged dracaena adalah tumbuhan dari famili Asparagaceae. Tanaman asal Madagaskar dan Mauritius ini termasuk tumbuhan semak. Di dalam ruangan tanaman ini ampuh dalam menyerap xylene, trichloroethylene dan formaldehida, yang ada di udara akibat lak, pernis dan bensin.


7. Bunga Krisan (Chrysanthemum morifolium)
Bunga krisan atau seruni adalah bunga warna-warni. Dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai Florist’s daisy atau Hardy garden mum. Di dalam pot mampu tumbu hingga 90 cm. Selain wangi, tanaman ini mampu menghilangkan benzena (dari lem, cat, plastik dan deterjen), formaldehida, dan bahan kimia lainnya dari udara.


8. Beringin (Ficus benjamina)
Beringin disebut juga pohon ara kerap dijadikan tumbuhan pot, tanaman hias dalam ruangan, dan bonsai. Pohon ini oleh sebagian masyarakat kerap dianggap pohon angker dan dikeramatkan. Di balik mitos tersebut NASA mengungkap bahwa tanaman ini mampu membersihkan udara di dalam ruangan terutama menyerap polutan terkait karpet dan furnitur seperti formaldehida, benzena dan trichloroethylene.


9.Rhododendron (Rhododendron simsii)
Rhododendron atau bunga Azalea (Rhododendron simsii) merupakan tanaman semak yang ampuh dalam menyerap polutan formaldehida dari sumber seperti plywood atau insulasi busa. Indonesia pun memiliki beberapa spesies asli Rhododendron (Baca : Bunga Rhododendron Asli Indonesia) namun perlu dikaji apakah mempunyai kemampuan yang sama dalam menyerap polutan.


10. English ivy (Hedera helix)
English ivy dikenal juga sebagai European ivy adalah tanaman hias dari famili Araliaceae yang asli Eropa dan Asia Barat. NASA mendapati tanaman ini mampu membersihkan udara dalam ruangan dari partikel pengotor udara. Juga mampu menyaring formaldehida yang ditemukan dalam beberapa produk pembersih rumah tangga.


11. Warneck dracaena (Dracaena deremensis)
Warneck dracaena merupakan tanaman semak yang mampu tumbuh tinggi (15 meter) namun banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias dalam pot. Di dalam ruangan mampu menhilangkan polutan yang diakibatkan oleh pernis dan minyak.


12. Evergreen Cina (Aglaonema crispum)
Tanaman evergreen cina, di Indonesia lebih dikenal sebagai Aglaonema atau Sri Rejeki, selain mudah dirawat mempunyai kemampuan yang baik dalam membersihkan udara dalam ruangan dari berbagai polutan dan racun. Polutan yang mampu dibersihkan diantaranya adalah benzena dan formaldehida.


13. Palem bambu (Chamaedorea seifrizii)
Palem bambu, bamboo palm, atau red palm merupakan salah satu tanaman palem. Tanaman ini dapat dibudidayakan dalam pot bahkan di dalam ruangan sekalipun. mempunyai kemampuan yang sangat tinggi dalam menyerap polutan benzena dan trichloroethylene serta gas beracun formaldehida yang melekat pada furnitur.


14. Heart leaf philodendron (Philodendron oxycardium)
Genus Philodendron adalah tanaman tropis termasuk dijumpai di Indonesia. Salah satu spesiesnya, Philodendron oxycardium, mempunyai kemampuan dalam membersihkan udara dari polutan. Meskipun daunnya beracun, namun kemampuannya dalam menyerap hampir semua jenis polutan di udara tidak diragukan lagi.


15. Peace Lily (Spathiphyllum)
Peace Lily atau Spathiphyllum adalah sebuah genus dengan puluhan spesies. Tanaman ini dikenal juga sebagai Peace Lily. Sangat baik dalam menghilangkan berbagai racun dan polutan di dalam ruangan seperti formaldehid, benzena, trichloroethylene, toluena, dan xilena.

loading...

3 comments:

  1. Pohon Lidah Mertua kaya gimana sih

    ReplyDelete
  2. Wah info yang menarik nih, harusnya memang tanaman hias pembersih udara yang seperti ini yang bagusnya di tanam di rumah, selain dapat nilai estetikanya juga ada nilai kesehatannya

    ReplyDelete
  3. خدمات تخصصی تعمیر و سرویس لپ تاپ در تهران

    دسته تعمیر لپ تاپ

    ReplyDelete

Artikel ini belum lengkap tanpa komentar anda!
Silahkan berkomentar yang santun dan cerdas, tidak menghina, tidak memaki dan tidak menyebar kebencian. Terima kasih